5 Fungsi Mode Pesawat Pada Handphone Android dan iOS

5 Fungsi Mode Pesawat Pada Handphone Android dan iOS

Oleh Aris Wibowo on Senin, 04 Apr 2016 | 16:33

Ketika menggunakan smartphone baik bersistem iOS, Windows Phone hingga BlackBerry, kamu sering menemukan mode pesawat (Airplane Mode). Tentu sudah banyak yang mengetahui kegunaan mode ini. Mode penerbangan ini dihadirkan bagi pengguna smartphone yang ingin tetap memakai smartphone kala bepergian tanpa takut mengganggu sistem di pesawat terbang. Tentu dengan mode pesawat, kamu tidak perlu lagi mematikan smartphone lagi saat bepergian dengan pesawat terbang.

Dengan mengaktifkan mode pesawat, smartphone akan mematikan beberapa fitur secara otomatis. Fitur-fitur yang dimatikan ialah jaringan seluler dan data internet, WiFi, Bluetooth hingga GPS. Alhasil, smartphone hanya bisa digunakan untuk bermain game hingga multimedia saja. Namun, tahukan kamu bahwa selain berfungsi untuk mode keselamatan saat penerbangan, mode pesawat juga memiliki fungsi lain yang cukup berguna.

Berikut fungsi mode pesawat di handphone.

Menghemat baterai

Menghemat baterai

Salah satu kelemahan smartphone modern saat ini ialah baterai yang cepat habis. Bagi kamu yang disaat penting kehabisan baterai dan hanya tersisa sekian persen, maka mengaktifkan mode pesawat bisa menghemat baterai yang tersisa dalam smartphone. Dengan matinya beberapa fitur, membuat baterai handphone bisa lebih hemat.

Mempercepat pengisian baterai

Mempercepat pengisian bate

Mode pesawat juga bisa digunakan untuk membantu mempercepat waktu pengisian baterai smartphone. Jika kamu buru-buru untuk mengisi baterai smartphone yang habis, maka mode pesawat bisa digunakan. Saat mode ini aktif, maka semua fitur koneksi seperti WiFi, Bluetooth, hingga GPS dimatikan. Dengan demikian, pengisian baterai akan lebih fokus karena tidak termakan lagi fitur-fitur tersebut.

Baca juga Tips Membeli Smartphone untuk Fotografi dan Berbagai Pilihan Aksesoris

Memperkuat sinyal

Memperkuat sinyal

Bila kamu merasa jaringan data dalam smartphone kamu tidak bagus, maka kamu bisa menyalakan mode pesawat. Saat mode ini aktif, semua fitur koneksi seperti jaringan data dan wifi akan diputus atau dimatikan. Dan bila mode pesawat dimatikan, smartphone akan kembali secara otomatis mencari jaringan baru yang bisa jadi lebih kuat daripada jaringan sebelumnya.

Mempercepat sistem Android

Smartphone Android terkenal sebagai salah satu smartphone dengan sistem yang cukup komplek dan memiliki banyak aplikasi. Alhasil beberapa smartphone Android terasa lambat kala digunakan apalagi bila terhubung dengan internet. Hal ini bisa terjadi karena banyaknya lalu lintas data keluar masuk. Tentu dengan diaktifkannya mode pesawat, semua lalu lintas data internet akan dimatikan sehingga sistem Android bisa bekerja lebih cepat.

Untuk keselamatan

Mode pesawat juga berguna untuk keselamatan pengguna. Dengan mode ini, pengguna smartphone akan lebih berkonsentrasi atau berkendara.

 

Baca juga artikel
Tips Optimalkan Sistem Operasi Terbaru di Ponsel Android
10 Tips Browsing di Chrome Android Agar Lebih Menyenangkan
Tips dan Trick Jago Main Path Dalam Waktu 10 Menit

Artikel Lainnya

Komentar