5 Elemen Penting Untuk Ciptakan Foto Berkualitas dan Unik

5 Elemen Penting Untuk Ciptakan Foto Berkualitas dan Unik

Oleh Ardiansyah Hana on Senin, 04 Apr 2016 | 16:46

Untuk bisa membidik foto berkualitas, diperlukan berbagai kombinasi, memberikan banyak unsur menarik yang akan mempengaruhi hasil akhir, memungkinkan fotografer memiliki ciri khas tersendiri dalam hasil tangkapannya.

Nah, untuk kamu yang sedang belajar fotografi, kami akan memberikan tips fotografi mengenai elemen-elemen penting yang bisa menghasilkan foto berkualitas dan unik, dilansir dari Digital Photography School.

Subjek

Subjek Foto

Tips fotografi pertama adalah subjek. Di dunia fotografi, subjek merupakan unsur penting dari hasil tangkapan, terkadang membuat foto terlihat sangat indah dan menarik perhatian, meskipun diambil oleh fotografer yang memiliki pemahaman minim soal teknis fotografi.

Untuk menciptakan foto berkualitas dengan subjek unik, tentu saja fotografer harus melatih diri. Para fotografer harus siap melakukan berbagai hal dan jeli terhadap peluang yang bisa datang dimana saja.

Komposisi

Komposisi Foto

Saat memotret, pikirkan mengenai komposisi, cara menata elemen dalam gambar guna menghasilkan visual impact atau mood yang diinginkan untuk menunjukan ekspresi yang dituang ke dalam gambar.

Dengan membangun komposisi yang tepat, foto akan lebih enak dipandang, tentu saja memerlukan pengaturan letak dan perbandingan objek pendukung foto. Terkadang, komposisi pun datang dalam waktu singkat, dimana kamu harus bereaksi dengan cepat agar tidak kehilangan momen penting tersebut.

Baca juga Mengenal Thumb Wheel, Cara Mengatur White Balance dan Speed Bagi Pemula

Pencahayaan

Pencahayaan Foto

Apapun kondisi kamu saat memotret, baik di dalam ruangan atau luar ruangan, pencahayaan merupakan hal penting yang akan mempengaruhi hasil tangkapan gambar.

Disini, kamu harus mempelajari cara untuk memanfaatkan cahaya alami saat memotret subjek di luar ruangan, atau menggunakan cahaya buatan ketika di dalam sebuah ruangan.

Sebagai contoh, kamu yang menggunakan cahaya alami akan menghasilkan gambar dengan nuansa dan mood berbeda jika diambil di waktu berbeda dalam hari yang sama. Untuk itu, kamu harus mengetahui cahaya terbaik di hari pengambilan gambar agar sesuai dengan konsep foto.

Sementara saat memotret di dalam ruangan, kamu dapat mengatur cahaya atau memanipulasi cahaya seperti menggunakan flash. Jangan lupa untuk memahami juga cahaya karena akan mempengaruhi tampilan hasil tangkapan kamu.

Teknis

Teknis Foto

Tidak indah rasanya jika kamu memiliki subjek yang bagus tapi tidak bisa mengambil gambar dengan baik, sehingga menghilangkan cerita yang ingin dibangun dalam foto tersebut. Untuk itu, kamu pun harus giat mempelajari teknis dalam fotografi, misalnya belajar fokus, shutter speed dan lain sebagainya.

Baca juga Tips Merawat Baterai Kamera Digital Agar Lebih Awet

Mempelajari teknis bisa didapatkan dari mana saja, misalkan dari seringnya kamu melakukan praktek fotografi. Selain itu, mengetahui teknis dalam berfoto pun akan membuat kamu dapat meningkatkan kreativitas, misalnya memanfaatkan shutter speed untuk memberikan cerita baru dari subjek bergerak.

Orisinalitas

Orisinilitas Foto

Mempelajari fotografi secara mendalam, kamu akan terbiasa melihat berbagai macam foto hasil tangkapan fotografer. Disini, kamu sebaiknya memberikan hal unik dan memberikan perspektif berbeda, dihasilkan dari berbagai unsur seperti pencahayaan dan komposisi sehingga foto yang kamu hasilkan memiliki orisinalitas.

Nah, tips fotografi diatas dapat kamu lakukan agar bisa menghasilkan gambar yang berbeda dari fotografer lainnya. Terus semangat untuk belajar fotografi agar bisa mempelajari berbagai elemen menarik yang akan membuat foto tangkapanmu memiliki kualitas yang baik.

*All images credit to Digital Photography School

 

Baca juga artikel
9 Cara Memotret Foto Bokeh Bagus dengan Kamera Saku
Foto Bokeh dan 4 Faktor Penting Membuat Foto Bokeh Berkualitas
Komposisi Foto Masih Jelek? Pahami Dulu Aturan Mainnya

Artikel Lainnya

Komentar

Ludi 05 April 2016 - 17:50
nice info *two thumbs up*