Tips Membeli Smartphone untuk Fotografi dan Berbagai Pilihan Aksesoris

Tips Membeli Smartphone untuk Fotografi dan Berbagai Pilihan Aksesoris

Oleh Ardiansyah Hana on Senin, 04 Apr 2016 | 15:01

Peran smartphone memang tidak bisa menggantikan kamera DSLR dan mirrorless dalam hal fotografi. Namun, setidaknya smartphone dapat menggantikan fungsi dari kamera compact atau kamera pocket.

Memanfaatkan smartphone untuk kepentingan fotografi lebih baik ketimbang membawa kamera compact. Pasalnya, beberapa smartphone saat ini sudah dilengkapi kemampuan foto yang mumpuni, memungkinkan kamu dapat menciptakan gambar menarik.

Nah, beberapa tips di bawah ini dapat kamu jadikan acuan saat memilih produk smartphone yang pas untuk kegiatan fotografi. Mari kita simak!

Sensor Kamera

Sensor Kamera

Agar kamu bisa menciptakan gambar profesional melalui kamera smartphone, setidaknya perangkat yang kamu miliki memiliki sensor kamera sebesar 20 MP.

Di pasaran, saat ini beberapa vendor mengeluarkan smartphone dengan kamera 20 MP, misalnya Sony Xperia Z2, Sony Xperia Z3 Compact dan Nokia Lumia 1520.

Aperture

Aperture

Aperture atau bukaan lensa yang ada pada kamera smartphone juga sangat berpengaruh pada hasil gambar. Sebagai informasi, aperture merupakan pengendali besaran lubang di depan sensor terbuka.

Dengan demikian, semakin kecil angka f-stop, maka semakin besar lubang yang terbuka, sekaligus membuat semakin banyak volume cahayan yang akan masuk. Agar kamu bisa menciptakan gambar yang berkualitas, setidaknya smartphone yang akan kamu beli memiliki aperture sekitar f/2.0.

Di pasaran, ada beberapa smartphone yang dilengkapi dengan angka aperture yang rendah, misalnya LG G4 dan LG G5 dengan aperture f/1.8, Samsung Galaxy Note dengan aperture f/1.9 dan duo Samsung Galaxy S7 dan Edge dengan aperture f/1.7.

Baca juga Tips Optimalkan Sistem Operasi Terbaru di Ponsel Android

Sensitivitas ISO

Sensitivitas ISO

Pertimbangan lainnya adalah memahami sensitivitas ISO yang dimiliki sebuah smartphone. Sensitivitas ISO merupakan indikator untuk menunjukan jumlah cahaya yang berasal dari lensa, menentukan eksposur akhir dari tangkapan gambar.

Di pasaran, ada beberapa smartphone yang dilengkapi dengan kemampuan ISO yang tinggi, salah satunya adalah Sony Xperia Z3 yang memiliki sensitivitas ISO 12800.

Optical Image Stabilization (OIS)

Optical Image Stabilization

OIS atau Optical Image Stabilization adalah mekanisme yang dipakai di dalam kamera untuk menstabilkan gambar yang sedang ditangkap, memvariasikan jalur optik ke dalam sensor.

Memilih smartphone dengan kamera yang dilengkapi OIS, kamu dapat menangkap gambar dengan lebih mudah, dimana fitur ini dapat meredam getaran, sehingga hasil gambar menjadi lebih stabil.

Fitur ini pun kini diadopsi oleh beberapa smartphone flagship, diantaranya adalah iPhone 6 Plus, BlackBerry Passport, LG G5 dan Lenovo Vibe Z2 Pro yang dijual dengan harga paling terjangkau diantara 3 produk lainnya.

Optical Zoom

Optical Zoom

Kehadiran optical zoom pada smartphone pun perlu kamu pertimbangkan, dimana fitur ini memungkinkan kamu dapat memotret objek yang letaknya jauh, namun dengan hasil gambar yang tetap baik.

Nah, fitur satu ini memang cukup jarang diadopsi oleh smartphone. Namun, ada beberapa produk di pasaran yang sudah menyertakannya, seperti Samsung Galaxy K Zoom dengan 10 x optical zoom dan ASUS ZenFone Zoom dengan 3 x optical zoom.

Sementara itu, kamu yang memiliki smartphone dan ingin menggunakan fitur ini, kamu dapat membeli lensa tambahan, misalnya iPro Kit Lens yang diperuntukkan bagi perangkat iPhone.

Baca juga 10 Tips Browsing di Chrome Android Agar Lebih Menyenangkan

Format Gambar

Kamera profesional mampu menghasilkan gambar dengan format RAW, memungkinkan fotografer dapat mengubah parameter pemotretan sesuka hati, tanpa harus diedit otomatis oleh kamera seperti pada format gambar JPEG.

Nah, saat ini sistem operasi Android Lollipop sudah mendukung kamera untuk menghasilkan gambar dengan format DNG, yang formatnya sendiri hampir setara dengan RAW.

Sementara itu, kamu pun dapat memasang aplikasi tambahan agar smartphone kamu dapat menghasilkan gambar berformat RAW atau DNG, seperti aplikasi Manual Camera, Camera FV-5, AZ Camera dan A Better Camera.

Aksesoris Kamera Smartphone

Untuk kamu yang sudah memiliki smartphone dengan kemampuan mampuni untuk menghasilkan gambar terbaik, kamu pun sebaiknya membeli beberapa aksesoris penunjang untuk memudahkan proses pengambilan gambar.

Ini dia daftar aksesoris kamera smartphone yang harus kamu miliki:

  • Mini Tripod

Pertama adalah mini tripod yang dapat membantu kamu untuk menstabilkan smartphone sehingga dapat menangkap gambar dengan stabil. Sebaiknya, kamu memilih tripod berukuran ringkas agar memudahkan saat membawanya, seperti Gorillapod.

  • Mount Tripod

Selain tripod, kamu pun sebaiknya memiliki berbagai mount tripod untuk membuat smartphone menjadi lebih fleksibel dan lebih nyaman untuk diposisikan.

Di pasaran, ada banyak mount tripod yang tersedia, seperti merek Grip Tight, iStabilizer yang bisa mendukung berbagai macam smartphone dan RetiCAM yang dibuat dengan material aluminium.

  • Case Smartphone

Saat hunting foto atau traveling, pastikan smartphone kamu sudah dilengkapi dengan case tambahan. Penggunaan case yang selain dapat mempercantik smartphone pun dapat melindungi perangkat saat terjatuh. Lebih baik, kamu pun memiliki case waterproof.

  • Aplikasi Tambahan

Setelah mengambil gambar dengan smartphone dan hasilnya sesuai keinginan, tentu saja kamu ingin membagikannya melalui jejaring sosial. Nah, jangan lupa untuk menginstall aplikasi untuk memotret dan mengedit gambar ke dalam smartphone kamu.

 
Baca juga artikel
Tips dan Trick Jago Main Path Dalam Waktu 10 Menit
WhatsApp dan 16 Tips Menggunakannya Seperti Seorang Pro
Kumpulan Tips Mudah Untuk Smartphone dan Laptop

Artikel Lainnya

Komentar