Enam Masalah Pada Samsung Galaxy S7 & Galaxy S7 Edge dan Solusinya

Enam Masalah Pada Samsung Galaxy S7 & Galaxy S7 Edge dan Solusinya

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 15 Sep 2016 | 18:01

Samsung akhirnya melanjutkan kesuksesan seri Galaxy dengan menghadirkan varian terbaru, Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge. Kedua smartphone Android premium ini hadir dengan peningkatan kualitas desain dan kualitas mesin. Perubahan yang cukup menjanjikan juga nampak dalam pilihan prosesor Snapdragon 820, kamera 12 MP yang berkualitas dan baterai 3000 mAh yang lebih tahan lama. Produsen Korea ini juga menghadirkan memori internal 32 GB serta hingga fitur anti air dan debu. Memang terlalu dini untuk menyematkan gelar smartphone terbaik 2016 di Ponsel Samsung ini. Namun, dengan spesifikasi yang dihadirkan, ponsel Android ini memang pantas menjadi ponsel terbaik.

Bagaimanapun juga, sama seperti generasi smartphone dan tablet sebelumnya, ponsel Android premium ini sayangnya juga tidak bisa lepas dari masalah atau bug. Untungnya, Pricebook memiliki beberapa tips yang mungkin bisa jadi solusi pengguna Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge.

Kamera error

Galaxy S7

Beberapa pengguna smartphone Samsung Galaxy S7 maupun Galaxy S7 Edge sering mengalami masalah saat membuat aplikasi kamera. Beberapa pengguna melaporkan layar ponsel mereka jadi blank kala membuka aplikasi kamera bawaan dalam Galaxy S7, diikuti tulisan “Warning, Camera Failed”. Bug ini tidak hanya muncul dalam Galaxy S7, juga dilaporkan dalam S7 Edge.

Solusi

Bug ini diperkirakan disebabkan oleh fitur smart Stay. Fitur ini membuat kamera depan dalam ponsel Samsung ini tetap bekerja. Hal ini membuat sedikit masalah saat smartphone meload kamera belakang. Untuk mengatasinya, kamu bisa mematikan fitur ini dengan masuk ke settings – display.

Tidak hanya itu, Samsung juga akan segera menghadirkan update software dalam waktu dekat.

Baca juga Harga Handphone Android Samsung Terbaru

Masalah MicroSD

Galaxy S7

Untuk memuaskan kembali penggemarnya, Samsung menghadirkan kembali slot microSD pada Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge. Bagaimanapun juga, masih sering dijumpai bug dalam slot microSD. Banyak pengguna melaporkan kartu memori tidak terbaca.

Solusi

Memori tambahan memang cukup penting dalam smartphone. untuk mengatasi masalah dalam slot microSD Samsung Galaxy S7 kamu bisa mencoba menggunakan microSD dengan merk tertentu. Bila memang masih tidak terbaca, kamu tampaknya harus menunggu update software terbaru.

Tombol yang tidak responsive

Galaxy S7

Beberapa pengguna juga menemukan tombol power dan tombol valume tiba – tiba tidak bekerja maskimal. Bahkan dibeberapa kasus lain, tombol kapasitif dan tombol home juga tidak merespon dengan benar. Isu ini kabarnya juga berdampak pula dalam Galaxy S7 edge. Tentu hal ini akan menganggu pengoperasian ponsel Android terbaru ini.

Solusi

Beberapa aplikasi diduga menjadi penyebab tidak bekerjanya tombol – tombol dalam ponsel Android premium ini. Kedua smartphone samsung ini alhasil tampak seperti menggunakan safe mode dan kurang maksimal digunakan. Untuk memperbaikinya, kamu bisa mencoba hapus aplikasi – aplikasi baru yang terinstal sebelum bug ini muncul.

Kamu juga bisa mereset atau merestart smartphone Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge. Kamu bisa menekan dan menahan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik hingga ponsel restart sendiri.

Baca juga Adu Kecepatan Chipset Samsung Galaxy S7: Exynos Vs Snapdragon

Beberapa pengguna juga menemukan bug ini disebabkan karena aktifnya car mode. Solusinya, kamu bisa mematikan mode ini di settings.

Audio yang kurang maksimal

Galaxy S7

Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge hadir dengan bekal fitur anti air dan anti debu, yang artinya smartphone ini bisa menyelam hingga 1,5 meter selama 30 menit tanpa merusak dan memberikan efek negative. Sayangnya, setelah terkena air beberapa pengguna menemukan bug audio yakni suara speaker yang kurang maksimal. Beberapa pengguna lain menemukan munculnya pemberitahuan “moisture detected”.

Solusi

Untuk mengatasi bug ini, pastikan smartphone Samsung milikmu sudah kering. Kamu juga harus mengeringkan smartphone bila terkena air. Kamu bisa memasukkan smartphone ke dalam timbunan beras agar air cepat kering.

Masalah fitur auto correct dalam keyboard bawaan Samsung

Galaxy S7

Beberapa pengguna Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge melaporkan juga hadirnya bug saat mengetik sesuatu. Beberapa pengguna menemukan fitur auto correct yang terlalu cepat mengganti kata yang diketik. Hal ini tentu mengganggu pengguna saat mengetik. Apalagi, kata yang diganti jauh dari kata yang dimaksudkan.

Solusi

Untuk mengatasinya, kamu bisa mematikan fitur auto replace atau mencoba menggantikan keyboard bawaan dengan aplikasi keyboard di Play Store. Diharapkan samsung segera menghadirkan update software.

Bug Konektivitas

Galaxy S7

Beberapa pengguna samsung Galaxy S7 dan S7 Edge juga mengeluhkan masalah konektivitas yakni tidak berjalannya wifi dan Bluetooth.

Solusi

Bika koneksi wifi sering putus nyambung dalam ponsel Android premium ini, kamu bisa coba masuk ke settings – wifi – Advanced. Kamu bisa mengganti frekuensi wifi dari automatic ke 2.4 Ghz only.

Bila smartphone kamu tidak bisa konek wifi, kamu bisa cek dulu apakan fitur power saving aktif atau tidak? Pasalnya beberapa fitur power saving menyala terus. Selain itu, kamu bisa menghapus jaringan wifi yang selama ini terdeteksi. Pasalnya, beberapa smartphone selalu menyimpan data jaringan lama sehingga data jaringan baru tidak bisa masuk.

*all images credit to AndroidAuthority

Baca juga artikel
Kamera Samsung Galaxy S7 Edge Kalahkan Kamera Sony Xperia Z5
Rumor: Samsung Siapkan Galaxy S7 Mini Untuk Hadang iPhone 4 inci
Sistem di Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge Makan Memori 8GB

Artikel Lainnya

Komentar