Tips Menyalakan Notifikasi Instagram Terkait Perubahan Algoritma

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 29 Mar 2016 | 19:22

Dalam waktu dekat, aplikasi Instagram  di smartphone akan melakukan ubahan tampilan berdasarkan algoritma. Hal ini membuat Instagram akan berubah secara total dalam cara kerjanya. Bahkan bila perubahan algoritma ini terjadi, maka media sosial berbagi foto ini akan mirip dengan Facebook. Pasalnya, dengan perubahan ini membuat pengguna Instagram akan menerima kronologi secara terbalik. Kini kamu akan mendapati postingan bukan dilihat dari waktu foto itu diunggah, melainkan foto akan menampakkan diri pada tampilan utama berdasarkan minat dan hubungan dengan orang yang posting.

Turn on notification Instagram

Keputusan Instagram mengubah tampilan konten dengan algoritma ini berdasarkan survey yang dilakukan Instagram. Dari survey tersebut, setidaknya ada 70 persen pengguna Instagram yang kehilangan momen karena tidak bisa selalu memantau semua postingan yang ada. Jadi diharapkan perubahan tampilan ini membuat pengguna Instagram bisa melihat postingan favorit lebih mudah. Misal, kamu suka dengan musik. Maka nantinya Instagram akan selalu menampilkan konten-konten tentang musik. Sementara postingan lain berada di urutan terbawah.

Sayangnya, update ini menimbulkan beberapa masalah. Masalah yang paling utama tentunya pengguna Instagram kini tidak bisa melihat postingan paling terbaru. Karena pengaturan tampilan konten bukan lagi berdasarkan waktu, namun berdasarkan minat dan hubungan pengguna Instagram. Hal ini membuat kamu tidak bisa melihat postingan dari teman-temanmu dengan mudah. Pasalnya postingan dari teman-teman Instagrammu akan berada di bawah tertutupi oleh postingan sesuai algoritma. Tak heran banyak yang protes dan kurang menyukai perubahan yang akan dilakukan Instagram ini.

Baca juga Instagram Ubah Tampilan Foto Berdasarkan Algoritma, Ramai Tagar #boycottinstagram

Walaupun demikian, kamu tidak perlu khawatir tidak bisa memantau postingan teman-teman Instagram. Kamu cukup menghidupkan notifikasi Instagram. Sehingga setiap ada postingan baru dari teman atau akun lainnya tetap akan muncul dan terbaca.

Menyalakan Notifikasi Instagram

Turn on notification InstagramVia Cnet

Untuk mengaktifkan notifikasi di Instagram pun cukup mudah. Kamu cukup masuk ke Instagram, lalu buka profile page. Setelah itu, tap bagian menu yang berupa tiga titik di pojok kanan. Lalu cari bagian “turn on post notifications”, aktifkan. Setelah aktif, kamu akan mendapat pemberitahuan bila ada postingan atau foto baru yang muncul di Instagram.

Notifikasi memang cukup mengganggu bagi sebagian orang. Namun ini satu-satunya cara yang bisa dilakukan agar kamu bisa melihat postingan terbaru dari teman-teman Instagram. Jadi meskipun tampilan Instagram berubah, kamu tetap bisa melihat postingan-postingan terbaru dari teman-teman melalui notifikasi Instagram.

 
Baca juga artikel
Cara Mematikan Fitur Autoplay Video di Facebook, Twitter, Instagram dan Browser
Begini Cara Buat Foto ala #InstagramInHand
6 Aplikasi Alternatif Facebook Android Cepat dan Ringan

Artikel Lainnya

Komentar