Trik Nonton YouTube dengan Google Chrome

Oleh Ardiansyah Hana on Kamis, 24 Mar 2016 | 18:46

YouTube, layanan video streaming dari Google yang menghadirkan jutaan konten, memungkinkan kamu menonton berbagai rekaman video, musik dan podcast dengan mudah, hanya bermodalkan gadget dan akses data.

Nonton YouTube melalui browser memang memiliki keasyikan tersendiri bagi sebagian orang. Akan tetapi, kamu tidak bisa meminimalkan YouTube tanpa menghentikan pemutaran video, terlebih lagi jika menontonnya melalui aplikasi pihak ketiga.

Tips Youtube

Dilansir Android Authority, YouTubers G3ORGE membagikan sejumlah trik sehingga bisa nonton YouTube melalui latar belakang saat menggunakan browser Google Chrome. Bagaimana tips yang dibagikan G3ORGE tersebut?

Agar kamu bisa meminimalkan aplikasi dan membuat konten dari YouTube dapat tetap diputar di background, pertama kamu dapat mengaktifkan notifikasi di Google Chrome, mengaturnya melalui aplikasi umum dan memilih pengaturan default.

Tips Youtube

Jika kamu melihat ikon volume kecil yang muncul saat nonton YouTube, biarkan ikon itu hilang. Kemudian, kamu hanya tinggal melakukan navigasi ke situs YouTube mobile melalui browser Google Chrome di smartphone, pilih apapun video yang ingin kamu lihat dan jangan membukanya lewat aplikasi YouTube.

Baca juga Video HDR di YouTube Hadir Ikuti Amazon dan Netflix

Langkah selanjutnya, kamu dapat pause video yang sedang ditonton, kemudian beralih ke tab lain atau membuka aplikasi lain lebih dulu. Saat melakukan hal ini, notifikasi tombol akan tetap berada di tempat semula, kemudian kamu dapat melanjutkan nonton YouTube di background dengan menekan tombol play.

Melakukan tips diatas sangatlah mudah, dimana kamu dapat melakukan aktivitas lain, seperti game atau membaca berita, namun tidak akan melewatkan siaran YouTube yang sedang kamu nikmati. Selain itu, tips tersebut pun berlaku untuk bisa nonton YouTube dari lockscreen, lho.

Cukup disayangkan, tips dan trik yang disebutkan G3ORGE ini hanya berlaku pada beberapa perangkat saja. Android Authority melakukan percobaan bahwa tips diatas dapat dijalankan dengan baik pada perangkat smartphone seperti Huawei Mate 8, Huawei Mate S dan LG G3.

Sementara untuk perangkat Nexus hal ini tidak sukses dilakukan, misalnya pada Nexus 6P dan Nexus 5 yang dijalankan pada sistem operasi Android Marsmallow yang kemungkinan besar memiliki sistem pengaturan berbeda dibandingkan dengan ketiga perangkat yang disebutkan tadi.

Well, untuk kamu yang menggunakan perangkat selain Huawei Mate 8, Huawei Mate S dan LG G3, tidak ada salahnya untuk melakukan tips diatas agar tetap bisa nonton YouTube di background dengan nyaman dan bisa melakukan aktivitas lain. Selamat mencoba!

 
Baca juga artikel
4 Aplikasi Pengganti Youtube di iPhone dan iPad
YouTube Gaming Hadir di iOS dan Android
Cara Nyaman Nonton YouTube Tanpa Habiskan Kuota

Artikel Lainnya

Komentar