Lakukan 6 Hal ini Maka Aplikasi Penambah Memori Internal Bisa Diabaikan

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 23 Mar 2016 | 17:11

Mencari smartphone dengan memori internal besar mungkin tidak akan pernah selesai. Smartphone Android sendiri hadir dengan memori internal dan memori eksternal. Memori internal biasanya digunakan untuk menyimpan file-file penting seperti sistem operasi dan aplikasi bawaan.

Smartphone Android hadir dengan memori internal rata-rata 2 hingga 4GB. Memori 4GB bahkan kini identik dengan smartphone kelas menengah ke bawah. Karena meningkatnya kebutuhan, beberapa produsen pun menghadirkan memori internal yang lebih besar hingga 8, 16 dan 32 GB. Memori ini biasanya hadir pada smartphone kelas menengah ke atas.

Memori Android Penuh

Semakin bertambahnya memori internal ini bukan tanpa alasan. Selain karena banyak pengguna yang menginstal aplikasi dan game di smartphone Android mereka, beberapa produsen juga menghilangkan fitur slot microSD yang sebelumnya menjadi tempat memori tambahan bila memori internal penuh. Tidak hanya itu, memori internal sendiri sudah dijejali sistem bawaan sehingga 4GB tidak seutuhnya digunakan pengguna. Alhasil, memori internal pun semakin sesak dan bisa membuat kinerja ponsel melambat.

Agar kinerja smartphone kembali optimal bila memori internal kepenuhan, berikut ini tips mengoptimalkan memori internal smartphone Android.

Sebelum melakukan tindakan lebih lanjut, kamu harus mengetahui seberapa besar memori internal yang ada smartphone Android kamu. Untuk itu, kamu bisa masuk ke settings-storage. Kamu bisa melihat seperti apa isi dari memori internalmu. Tidak hanya itu, kamu bisa mengetahui file mana saja apakah gambar, video atau musik yang memenuhi memori internal smartphone kamu.

Pindahkan aplikasi ke SD Card

Memori Android Penuh

Bila kinerja smartphone kamu melambat dan memori internal sudah terasa penuh, sebaiknya kamu melakukan pengecekan untuk memastikan bahwa kapasitas memori internal Android sudah mulai over load. Jika memang sudah terlalu penuh, kamu bisa memindahkan beberapa aplikasi yang ada di memori internal ke memori eksteral kartu memori.

Baca juga 6 Aplikasi Alternatif Facebook Android Cepat dan Ringan

Sebelum memindahkan, kamu juga harus memastikan bahwa kartu memori yang kamu gunakan cukup besar daripada memori internal agar semakin banyak ruang tersisa.

Kamu bisa mulai memindahkan aplikasi-aplikasi berat seperti Facebook, Youtube dan aplikasi lainnya ke memori card. Kamu bisa masuk ke Setting-Application-Manage aplications. Setelah itu kamu bisa memilih aplikasi yang hendak dipindahkan. Klik pada aplikasi lalu muncul jendela baru. klik bagian move to sdcard.  Yang diperhatikan kamu harus bisa membedakan mana aplikasi yang sudah terinstal di memori internal dan mana yang sudah di kartu memori.

Pilih aplikasi yang sesuai

Memori Android Penuh

Bila memori internal smartphone kamu kecil, maka sebaiknya kamu jangan menginstal aplikasi yang butuh ruang besar seperti Facebook atau game-game bergrafis real. Kamu harus mengecek aplikasi yang hendak kamu install agar memori internal tidak terbuang percuma.

Untuk kamu pecinta game, kamu juga harus memilih game dengan ukuran yang kecil saja. banyak kok game-game kecil yang cukup seru dimainkan dan cukup menghibur. Tentu resikonya, game-game tersebut tidak menghadirkan grafis yang bagus.

Memilah Foto

Memori Android Penuh

Salah satu penyebab memori internal pada smartphone penuh ialah foto dan video. Apalagi, smartphone Android saat ini dibekali kamera yang cukup baik sehingga membuat banyak pengguna terus memotret dan merekam.

Jadi tak ada salahnya kamu mulai memilah atau memilih foto yang disimpan dan mana yang harus dihapus.

Baca juga 10 Tips Browsing di Chrome Android Agar Lebih Menyenangkan

Dengarkan musik secara streaming

Memori Android Penuh

File musik juga bisa menjadi penyebab memori internal smartphone jadi penuh. Untungnya ada berbagai cara yang bisa membuat kamu tetap mendengarkan musik favorit. Kamu bisa memutar musik melalui aplikasi streaming semacam Spotify, Google Play Music dan lain-lain. Keuntungan streaming tentu membuat kamu bisa memutar lagu yang diinginkan tanpa harus mendownload file musik. Ini akan signifikan melegakan memori internal smartphone Androidmu. Sayangnya, untuk bisa streaming kamu harus mengorbankan kuota data dan tentu jaringan internet yang stabil.

Clear Cache

Memori Android Penuh

Langkah selanjutnya untuk mengoptimalkan memori internal ialah melakukan penghapusan cache atau file histori. Cache biasanya menumpuk pada aplikasi dan browser. Bila file-file sampah ini tidak dibersihkan dan menumpuk tentu menyebabkan kinerja smartphone melambat. Kamu bisa menghapus dengan cara masuk ke setting-aplikasi-manage aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin dibersihkan cachenya. Pilih tombol clear cache.

Untuk mempermudah, kamu juga bisa menggunakan aplikasi khusus pembersih cache yang bisa diunduh di Google play store.

Menggunakan penyimpanan awan

Memori Android Penuh

Bila memori internal kamu penuh, kamu juga bisa memanfaatkan memori penyimpanan awan seperti google drive hingga one drive. Kamu bisa memindahkan file dokumen yang penting hingga foto penting ke penyimpanan awan untuk melegakan memori internal. Tentu, dengan penyimpanan awan, file menjadi lebih aman dan bisa diakses dengan mudah.

Sekian Tips mengoptimalkan memori internal pada smartphone Android. Semoga bermanfaat.

 

Baca juga artikel
Kumpulan Masalah dan Solusi Pada Facebook Messenger
11 Cara Mudah Hemat Kuota Internet di Smartphone Android
Handphone Terasa Lemot, Hapus Saja 5 Aplikasi Ini

Artikel Lainnya

Komentar