6 Aplikasi Alternatif Facebook Android Cepat dan Ringan

6 Aplikasi Alternatif Facebook Android Cepat dan Ringan

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 18 Mar 2016 | 17:48

Facebook masih menjadi jejaring sosial yang cukup populer di dunia ini. Tak heran facebook yang awalnya berasal dari dunia maya website, merambah ke dunia mobile dengan menghadirkan aplikasi mobile.

Sayangnya, Aplikasi resmi Facebook dirasa memiliki banyak kekurangan. Aplikasi facebook Android diduga memakan banyak RAM dan memori hingga membuat boros baterai perangkat smartphone. Tentu, hal ini mengecewakan pengguna smartphone yang sering mengakses Facebook. Untungnya, kamu tidak perlu khawatir karena kamu masih bisa membuka Facebook menggunakan aplikasi alternatif Facebook Android. Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, kamu mungkin tidak bisa merasakan nuansa Facebook secara penuh, namun tetap bisa menikmati update status, berkomentar dan chatting.

Facebook Shortcut

Facebook Shortcut

Ini memang bukan aplikasi alternatif facebook. Namun, ini merupakan cara paling mudah dan ringan untuk membuka facebook di smartphone Android. Kamu cukup membuka facebook di browser chrome. Setelah itu pilih tombol options dan pilih Add to home screen. Nantinya, kamu akan mendapat sebuah shortcut di homescreen agar kamu bisa mengakses facebook lebih cepat.

Setelah itu, kamu bisa masuk ke menu options, pilih settings – site settings – notifications. Pastikan bagian ini menyala sehingga kamu tetap bisa mendapatkan pemberitahuan layaknya membuka facebook dengan aplikasi resmi. Kamu bisa mendapatkan pemberitahuan pertemanan baru, pesan baru dan pemberitahuan lainnya.

Tinfoil : For the Original WrapperTinfoil

Ini merupakan aplikasi mobile Facebook yang cukup direkomendasikan. Aplikasi ini ringan, cepat dan mudah digunakan. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga minim penggunaan memori RAM dan memori internal sehingga tidak akan mudah membuat smartphone kamu lag.

Yang menarik, dalam aplikasi alternatif Facebook Android ini terdapat mode privacy yang akan melindungi dan menjaga keamanan kamu selama membuka facebook. Kamu tidak perlu risau mengenai apa yang kamu buka selama berfacebook ria. Sehingga ketika logout, Facebook akan kembali ke awal.

Dalam update terbarunya, Tinfoil hadir dengan peningkatan keamanan dan kemudahan akses. Yang menarik, aplikasi ini hanya berkapasitas kurang dari 1 MB dan bisa digunakan di sistem Android 4.0.

Baca juga Temukan Teman Lamamu Lewat Friendster.id

Metal: For a Notification Shade BarMetal: For a Notification Shade Bar

Aplikasi alternatif Facebook Android berikutnya ini memang cukup unik. Aplikasi ini akan hadir dengan notification shade bar sehingga mudah diakses. Walaupun tampak sederhana, di notification bar ini kamu bisa melihat berita terbaru, permintaan pertemanan hingga notifikasi. Bila kamu men-tap bagian news feed, akan membuka jendela baru. Aplikasi ini tetap menghadirkan pengalaman Facebook yang lengkap. Tidak hanya itu, apliksi ini juga dijamin bebas iklan sehingga main Facebook tambah seru dan tidak terasa berat.

Yang menarik dalam aplikasi ini ialah pengguna bisa mengatur notifikasi untuk menyala setiap 5 menit hingga 5 hari sekali. Tentu ini akan menghemat baterai dan tidak membuat berisik akan pemberitahuan facebook yang kadang bertubi-tubi. Selain itu, kamu bisa memilih tema gelap atau terang sesuai kebutuhan. Tak kalah penting, aplikasi ini cuma berukuran 3,4 MB dan bisa digunakan di sistem Android 4.1.

Toffeed: for the slickest experienceoffeed: for the slickest experience

Aplikasi alternatif Facebook Android ini mungkin menjadi salah satu aplikasi Facebook paling halus, bersih dan cepat digunakan. Aplikasi ini akan menawarkan tombol kecil di pojok kanan bawah layar. Nantinya melalui tombol ini kamu bisa mengakses jendela untuk memposting, komentar atau melihat foto di Facebook.

Aplikasi ini juga hadir dengan fitur notifikasi yang bisa diatur frekuensinya. Kamu bisa mengatur frekuensi notifikasi setiap 5 menit atau setiap satu jam sekali. Fitur ini dianggap bisa menghemat baterai smartphone dan kuota data internet. Tidak hanya itu, aplikasi alternatif Facebook Android ini juga terbilang kecil. Hanya memiliki besar 1,3 MB dan bisa dijalanlan di sistem Android 4.2.

Baca juga Update Facebook Lite Kini Support Fitur Video Playback dan Emoji Baru

HermitHermit

Aplikasi alternatif Facebook ini ternyata tidak hanya digunakan untuk membuka Facebook saja. Aplikasi browser ini juga bisa membuka situs atau web lainnya. Aplikasi ini hadir dengan pilihan option yang banyak. Yang menarik, aplikasi ini juga memiliki fitur hemat data, hemat baterai dan sistem privacy. Aplikasi ini hadir dengan tema warna yang beragam sehingga tidak akan bosan. Berbeda dengan aplikasi Facebook Android lain yang hanya memiliki warna biru dan putih. Aplikasi ini hanya memiliki besar 2,3 MB dan bisa digunakan di sistem operasi Android 4.4.

Facebook LiteFacebook Lit

Aplikasi alternatif Facebook Android ini memang bukanlah yang paling ringan dan paling kecil. Namun, aplikasi ini terbilang lengkap dan fiturnya mirip dengan aplikasi Facebook Android asli. Yang terpenting, aplikasi ini bisa bekerja di jaringan koneksi yang lambat atau tidak stabil. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga tidak terlalu memakan RAM dibanding aplikasi Facebook Android resmi.

 

Baca juga artikel
Kumpulan Masalah dan Solusi Pada Facebook Messenger
Cara Buat Status Kosong, Tulisan Terbalik dan Menolak Chat Mantan di Facebook
Cara Mematikan Fitur Autoplay Video di Facebook, Twitter, Instagram dan Browser

Artikel Lainnya

Komentar

Nabhan Rhifaldy 25 November 2016 - 04:02
nice info 👍
Bima Satria 25 November 2016 - 14:55
bener banget, pake official facebook emang berat banget