Kumpulan Masalah dan Solusi Pada Facebook Messenger

Kumpulan Masalah dan Solusi Pada Facebook Messenger

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 01 Mar 2016 | 20:49

Facebook masih menjadi media sosial paling populer di jagat bumi ini. Tak heran, Facebook terus menghadirkan pembaharuan agar penggunanya lebih nyaman dalam berinteraksi. Seperti dengan cara memisahkan Facebook Messenger dari aplikasi Facebook. Berdirinya Facebook Messenger tentu membuat layanan perpesanan ini menjadi lebih baik dan lebih bisa bersaing dengan aplikasi perpesanan lainnya seperti WhatsApp dan Line.

Sayangnya dengan terlepasnya Facebook Messenger dan menjadi aplikasi tersendiri juga membuat baterai dan memori RAM semakin boros. Tidak hanya itu, masih ada beberapa masalah yang sering dikeluhkan pengguna Facebook Messenger. Untungnya, ada berbagai tips dan solusi Facebook Meseenger yang bisa kamu coba agar chating di smartphone semakin nyaman dan menyenangkan.

Facebook Messenger Boros baterai dan memori

Facebook Messenger Boros bateraiVia Androidpit

Cukup disayangkan, meski terpisah dari aplikasi Facebook, ternyata aplikasi Facebook Messenger juga boros baterai dan memori. Hal ini bisa terjadi karena Facebook mengatur aplikasi ini untuk selalu update dan menampilkan notifikasi. Bahkan, saat ponsel sedang kondisi mati dan tanpa sinyal, aplikasi ini tetap memakan daya. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga berkapasitas besar hingga lebih dari 100 MB. Tentu ini membuat memori internal smartphone terasa sesak.

Solusinya:

Kamu bisa menghapus aplikasi dan menambah shortcut di homescreen untuk mengakses facebook melalui browser saja. Kamu juga bisa mengatur notifikasi Facebook. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga lainnya yang memiliki tampilan mirip versi web mobile. Ini akan membuat memori internal lebih lega, RAM dan baterai yang lebih awet.

Tidak bisa menerima dan mengirim pesan

Facebook Messenger TipsVia Androidpit

Masalah berikutnya yang sering muncul di Facebook Messenger ialah pesan atau stiker yang kita kirim tidak sampai. Hal ini tentu menjengkelkan padahal solusinya ternyata cukup simple.

Solusinya:

Coba update aplikasi Facebook Messenger melalui Google Play Store. Solusi lainnya kamu memang harus membuka dari browser.

Pesan dalam Inbox hilang

Terkadang kamu tidak sengaja menghapus pesan yang ada di inbox. Tentu pesan tersebut akan langsung hilang. Namun, terkadang ada beberapa pesan yang juga tidak muncul atau hilang begitu saja. Kamu jangan panik, mungkin saja pesan tersebut hanya tersembunyi.

Solusinya:  

Kamu bisa masuk ke Facebook mobile atau Facebook desktop. Klik bagian pesan dan pilih See all > More > Archieved (untuk FB versi desktop). Atau  kamu bisa masuk ke pesan, pilih see all messages, pilih bagian paling bawah yakni view archived messages (untuk FB versi Mobile). Disitu kamu akan bisa melihat pesan-pesan lebih lengkap.

Baca juga Cara Buat Status Kosong, Tulisan Terbalik dan Menolak Chat Mantan di Facebook

Facebook Messenger Hang

Facebook Messenger TipsVia Androidpit

Masalah yang juga sering menimpa Facebook Messenger ialah terkadang mudah sekali hang dan muncul pesan Unfortunately Facebook Messenger has stopped.

Solusinya:

Kamu bisa mengecek update sistem operasi smartphonemu. Pasalnya, beberapa sistem operasi lama memang kurang begitu baik saat menjalankan Facebook Messenger.  Jika ternyata smartphone kamu sudah menggunakan sistem paling baru namun. Facebook Messenger masih sering error. Kamu bisa mencoba untuk menghapus data dan cache. Caranya masuk ke settings application – application manager – all – Messenger. Setelah itu pilih clear data dan clear cache.

Notifikasi yang mengganggu

Facebook Messenger Tips
Via Androidpit

Terkadang dalam sekian waktu, kamu menerima berbagai pesan di Facebook Messenger. Hal ini tentu cukup menggangu apalagi saat ada notifikasi masuk.

Solusinya:

Kamu bisa mematikan atau me-mute notifikasi. Caranya, kamu bisa tap bagian nama pengirim pesan. Nantinya akan ada pilihan di layar. Pilih bagian notifikasi. Pilih waktu yang diinginkan untuk mematikan notifikasi baik 15 menit hingga 24 jam. Setelah waktu habis, kamu akan menerima pemberitahuan kembali.  Bila masih mengganggu, kamu bisa mematikan total notifikasi.

Baca juga Menghapus Aplikasi Facebook iOS Tingkatkan Daya Baterai iPhone

Mengganti suara Notifikasi

Via Androidpit

Terkadang kamu tidak mendengar suara notifikasi Facebook Messenger. Maka , kamu bisa menggantinya agar lebih jelas di dengar.

Solusinya:

Masuk ke setting – notification and sounds. Lalu pilih sounds yang sesuai keinginanmu. Kamu juga bisa mengganti ringtone Facebook Messenger sehingga bisa membedakan mana panggilan masuk biasa atau panggilan masuk dari Facebook.

Cara keluar dari Facebook Messenger

Facebook Messenger TipsVia howtorunsoft

Dalam versi terbaru Facebook Messenger, salah satu masalah yang sering dihadapi pengguna ialah tidak bisa log out atau keluar.

Solusinya:

Kamu bisa meng-uninstal aplikasi. Namun, cara lebih mudah, kamu cukup masuk ke settings-application dan pilih FB Messenger, setelah itu pilih hapus data. Jadi bila kamu masuk lagi dan hendak keluar lagi, kamu cukup menghapus data di aplikasi Facebook Messenger.

Kesimpulan

Selalu pastikan aplikasi Facebook Messenger milikmu selalu update. Bila itu tidak berhasil, kamu mungkin bisa menghapus aplikasi dan menginstal ulang aplikasi Facebook Messenger tentu langsung dari Play Store. Kamu juga bisa selalu menghapus cache dan clear data agar Facebook Messenger bisa digunalan dengan lancar.

Selamat mencoba!

 

Baca juga artikel
Cara Mematikan Fitur Autoplay Video di Facebook, Twitter, Instagram dan Browser
Adu Aplikasi Perpesanan: WhatsApp VS Facebook Messenger
Facebook Messenger Kini Hadirkan Stiker Berbayar

Artikel Lainnya

Komentar

Wahyu Dean 14 September 2016 - 09:45
gan,bagaimana cara menghapus log/riwayat panggilan di massenger,udah cari sana sini blum bisa.terimakasih sebelumnya.
evanyzd 14 September 2016 - 15:32
@Wahyu Dean Coba di clear app data gan melalui app setting.