11 Cara Mudah Hemat Kuota Internet di Smartphone Android

11 Cara Mudah Hemat Kuota Internet di Smartphone Android

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 19 Peb 2016 | 10:20

Paket internet kamu cepat habis? Mau tahu cara mudah hemat kuota internet? Banyak cara bisa dilakukan, misalnya dengan mencoba 11 tips hemat kuota di bawah ini.

Gunakan Fitur Compress Chrome

Fitur Compress ChromeBila kamu gemar browsing menggunakan chrome di smartphone Android, kamu bisa menggunakan fitur Compress pages. Fitur ini bisa menghemat konsumsi kuota internet 30 – 35 persen. Kamu bisa mengatur fitur ini pada bagian data saver di option.

Menggunakan data saver memang membuat halaman terbuka lebih lambat, namun cukup jitu menghemat data internet yang kamu punya. Kamu cukup masuk ke Chrome, lalu tap tiga titik di bagian pojok kanan. Pilih Setting dan data saver.

Gunakan Fitur Opera Video Compression


Opera Video CompressionOpera memang terus mengembangkan fitur hemat kuota. Salah satunya fitur Video Compression yang memungkinkan pengguna menghemat kuota kala menonton video. Untuk menggunakan fitur ini, kamu cukup masuk ke Setting, lalu data saving dan centang box video compression. Fitur ini tidak hanya menghemat kuota internet, tetapi juga membuat video bisa terload lebih cepat.

Gunakan aplikasi Facebook pihak ketiga

aplikasi Facebook pihak ketiga

Sudah menjadi hal umum bahwa aplikasi Facebook menjadi salah satu aplikasi Android yang memakan konsumsi data, RAM hingga daya baterai cukup banyak. Jadi mengapa kamu tidak mengganti aplikasi Facebook dengan aplikasi Facebook pihak ketiga?

Baca juga Browser Android Kaya Fitur dan Hemat Kuota Februari 2016

Untungnya saat ini sudah cukup banyak aplikasi alternatif Facebook di Play Store. Sayangnya, beberapa aplikasi terbukti masih memakan data internet cukup banyak. Kami sarankan untuk menggunakan aplikasi Facebook Lite dan Tinfoil for Facebook. Dua aplikasi ini hadir dengan user interface yang simple dan tidak terlalu boros kuota. Kamu juga bisa membuka Facebook melalui browser.

Gunakan aplikasi dan game offline

aplikasi dan game offline

Beberapa aplikasi dan game Android saat ini memang membutuhkan akses internet untuk digunakan. Ini tentu menjadi sebab borosnya kuota internet kamu. Maka kamu bisa gunakan aplikasi dan game Android yang tidak membutuhkan akses internet untuk hemat kuota internet kamu.

Kurangi Background data

Background data

Cara termudah untuk menghemat kuota intenet di perangkat internet bisa dengan mengurangi background data. Kamu bisa mematikan internet sehingga tidak ada aktivitas di background. Pasalnya, beberapa aplikasi yang selalu update seperti aplikasi cuaca membuat kuota internet boros. Bila kamu tidak ingin mematikan semua koneksi internet, kamu bisa masuk ke settings – apps. Setelah itu matikan aplikasi yang kirannya boros internet.

Matikan fitur auto update

Matikan fitur auto updateSalah satu penyebab data internet habis ialah update aplikasi yang terlalu sering. Kamu bisa matikan fitur auto update di Play Store. Pasalnya terkadang update berjalan secara otomatis dan tanpa diketahui.

Baca juga Update Chrome Hadirkan Mode Data Saver Buat Hemat Kuota

Untuk mengeceknya, kamu bisa masuk ke play store dan swipe dari kiri ke kanan. Setelah itu masuk ke settings dan pergi ke bagian atas. Nantinya kamu akan menemukan bagian auto update apps. Tap bagian ini dan kamu bisa pilih pengaturan yang diinginkan. Kamu juga bisa mengatur secara individu aplikasi yang diperbolehkan update secara otomatis.

Hindari Streaming

Mendengarkan musik atau menonton video secara streaming melalui YouTube, Spotify hingga situs lainnya memang menyenangkan dan bisa boros kuota. Maka sebaiknya dengarkan musik dan video secara offline saja. Kamu bisa menyimpan musik dan video ke microSD. Bila smartphonemu tidak dibekali microSD dan hanya dibekali memori internal kecil, kamu bisa menggunakan microSD Adapter. Hal ini akan membuat hemat kuota internet dan juga melegakan memori RAM. Jadi tak ada salahnya dicoba.

Kenali dan hapus aplikasi yang mengakses internet berlebihan

Hindari StreamingTerkadang kamu sering sembarang memasang aplikasi di smartphone Android kamu. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa saja menjadi sebab utama habisnya kuota internet. Pasalnya, ada beberapa aplikasi yang secara diam-diam terus terhubung ke koneksi internet di background. Jadi kamu perlu mengenali aplikasi mana yang baik untuk dipasang di smartphone kamu.

Kamu bisa masuk ke setting-data usage, untuk melihat aplikasi mana saja yang mengonsumsi kuota internet di Android. Sebagai contoh, Gmail. Dalam sebuah smartphone, aplikasi ini bisa memakan data hingga 451 MB hanya untuk email. Jadi bila kamu merasa ini tidak penting kamu bisa menghapus atau menghentikan aplikasi Gmail.

Gunakan navigasi offline

Aplikasi Navigasi offline

Ketika mencari sebuah lokasi, kamu mungkin akan membuka Google Map. Ini bisa menjadi sebab cepat habisnya kuota internet. Sebaiknya kamu bisa menggunakan Google Map secara offline. Kamu bisa mengunduh terlebih dahulu peta daerah. Dan bisa menggunakannya tanpa harus online. ini cukup hemat dan cocok digunakan meski di daerah minim sinyal.

Hindari sering upload, download atau mengirim gambar dan video

Kehadiran media sosial memang mengubah cara orang menggunakan gadget. Banyak orang yang sering upload dan download gambar hingga video. Padahal upload foto atau video ke facebook membutuhkan kuota data yang cukup banyak. Jadi hindari sering upload dan download sebagai cara mudah hemat kuota internet di Android.

 

Baca juga artikel
Update Opera Max Terbaru Bikin Hemat Kuota dan Ada Fitur Kompres Video
Opera Max Sudah Bisa Dipakai di Indonesia Bisa Menghemat Kuota Hingga 50 Persen
Evercoss Winner Y, Octa Core Murah dengan Aplikasi Penghemat Kuota

Artikel Lainnya

Komentar