Awas Salah Beli Keyboard! Banyak Jenis, Bentuk, dan Tombol Keyboard Komputer

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 18 Peb 2016 | 10:28

Memang keyboard mudah ditemukan di pasar, namun jika kita tidak tahu jenis-jenis keyboard komputer maka bisa salah pilih. Kita harus mengenal lebih jauh keyboard dari segi bentuk dan fungsi tombol-tombolnya.

Ada produk keyboard yang menonjolkan kenyaman pengguna, ada pula yang menawarkan kemudahan serta daya tahan yang tinggi. Selain itu ada pula keyboard gaming yang punya tombol-tombol khusus dan bisa disetting. Oleh sebab itu ada baiknya pada saat hendak membeli sebuah keyboard perhatikan hal-hal berikut ini:

Butuh Keyboard Standar Atau Gaming

Bagi yang tahu, keyboard gaming itu berbeda jauh dari keyboard standar (biasa) namun bagi yang tidak tahu maka semua keyboard itu sama yaitu untuk mengetik. Jika kamu butuh keyboard gaming maka yang kamu dapatkan adalah sebuah keyboard dengan berbagai tombol tambahan, termasuk tombol macro.

Tombol macro adalah tombol yang bisa diprogram ulang fungsinya oleh pengguna agar bisa memasukkan beberapa baris perintah ke komputer dengan menekan satu tuts. Untuk memprogram ulang tombol macro, ada software yang bisa didownload ada pula yang sudah disertakan pada paket pembelian keyboard gaming tersebut. Yang jelas keyboard untuk bermain game jauh lebih mahal dari keyboard biasa yang bisa dibeli dari mulai harga 50 ribuan saja.

Perhatikan Konektivitas

Hal penting kedua yang perlu diperhatikan adalah konektivitas. Perlu kamu ketahui, saat ini konektivitas keyboard ke komputer ada dua macam yaitu dengan mempergunakan kabel dan tanpa mempergunakan kabel alias wireless. Keyboard yang modern lebih cenderung mempergunakan konektivitas wireless seperti WiFi ataupun Bluetooth. Konektivitas wireless lebih disukai karena memudahkan instalasi, tanpa ribet karena tak ada kabel dan mudah dibawa kemana-mana. Selain itu keyboard wireless bisa dipergunakan pada PC, laptop, tablet dan perangkat lain yang punya koneksi wireless tanpa perlu ganti jenis keyboard.

Baca juga Harga Keyboard Komputer Terbaru

Cek Jenis Konektor yang Tersedia, USB atau PS/2

Ini yang juga penting kamu cek sebelum membeli sebuah keyboard, yaitu jenis konektor atau colokan yang tersedia pada PC-mu. Ada dua jenis konektor yang masih dipergunakan hingga saat ini yaitu PS/2 yang jadul serta colokan USB yang lebih modern. Bentuk colokan PS/2 sangat mudah diidentifikasi karena bentuknya bulat dengan pin serta lobang. Colokan jenis ini hanya dipergunakan oleh dua perangkat yaitu keyboard dan juga mouse, warna juga biasanya hanya ungu dan hijau. Sementara colokan jenis USB sudah pasti kamu sering melihatnya karena saat ini USB menjadi konektivitas standar di hampir semua perangkat.

Switch Tombol

Yang dimaksud switch tombol di sini adalah sebuah mekanisme dimana saat tuts atau tombol keyboard ditekan, maka ia akan memiliki fungsi seperti saklar yang melewatkan arus listrik dan mengirimkan sinyal untuk input data (huruf, angka, karakter, dll). Switch biasanya memiliki komponen khusus yang mampu mengembalikan posisi tuts atau tombol keyboard pada posisi semula. Pada sebagian besar keyboard standar, komponen khusus ini berbahan karet.

Namun sayang, switch dengan bantalan karet ini mudah sekali sobek dan rusak sehingga pada saat ditekan menjadi tidak nyaman lagi dan tuts tak bisa kembali pada posisi semula. Pada keyboard yang lebih tua, switch yang dipergunakan adalah switch mekanik yang jauh lebih awet dan saat ini yang masih memakai tuts dengan switch mekanik adalah keyboard gaming yang harganya juga mahal, hingga 1,7 jutaan rupiah. Keuntungan switch mekanik adalah selain tahan lama, jika ada tombol yang rusak, cukup ganti tombol tersebut tak perlu ganti keyboard.

Perhatikan Bentuk dan Desain Keyboard

Bentuk dan desain keyboard saat ini menjadi sangat penting karena menyangkut kenyamanan mengetik. Bila kamu tahunya hanya keyboard dengan bentuk kotak panjang pipih, maka silahkan browsing jenis keyboard di internet dan kamu akan terkejut betapa banyak jenis bentuk, desain dan ukuran keyboard.

Mini keyboard misalnya, biasanya berukuran kecil dan ramping serta dipergunakan untuk cadangan ketika mengetik dengan tablet atau mengetik di sebuah PC yang keyboardnya jadul atau tidak biasa kamu pergunakan. Keyboard gaming biasanya bentuknya lebih besar dengan beberapa tombol diberi warna tersendiri. Selain itu keyboard untuk gaming juga sering mengadopsi backlight.

Perhatikan pula kebutuhanakan palm rest, yaitu perpanjangan permukaan keyboard yang bisa kamu pergunakan untuk mengistirahatkan tangan kamu atau memposisikan sikap mengetik yang paling nyaman untuk kamu.

Perhatikan Tata Letak Tombol

Hal ini cukup sepele bagi sebagian besar orang, namun jika kamu adalah orang yang selalu bekerja dengan komputer, seperti seorang penulis atau seorang programmer, maka posisi dan tata letak tombol menjadi penting karena berkenaan dengan kecepatan dan ketepatan menekan tuts keyboard. Memang secara umum tuts dan tombol keyboard telah disusun sedemikian rupa agar mudah dijangkau, namun perlu diketahui pula bahwa tak semua keyboard punya tata letak yang sama.

Yang membedakan tata letak tuts keyboard antara lain adalah jarak antar tombol, jarak kedalaman tekan tombol keyboard, ukuran tombol serta kode (huruf, angka, karakter) yang tertulis di atasnya. Jadi jangan heran jika kamu yang telah terbiasa mengetik dengan laptop atau PC di rumah akan merasa kesulitas dan membuat banyak salah ketika harus mengetik di warnet atau di komputer lain. Oleh sebab itu pertimbangkan betul-betul hal-hal di atas sebelum kamu membeli sebuah keyboard baru.

 

Baca juga artikel
Logitech G810, Keyboard Gaming dengan Backlighting Unik
Razer Keyboard BlackWidow Ultimate 2016 Harga Rp 1,5 Jutaan
Microsoft Pamerkan Keyboard Prototype dengan E-Ink Panel

Artikel Lainnya

Komentar