Mau Main Game PS3 di PC? Kamu Bisa Pakai Emulator RPCS3

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 18 Peb 2016 | 11:46

Play Station 3

Main game PS3 di komputer (PC) kini bisa menggunakan emulator RPCS3. Hadirnya emulator ini melengkapi emulator Android untuk PC seperti Bluestack, ePSXe (emulator PS1), dan emulator PCSX2 untuk PS2.

Emulator Playstation 3, RPCS3, hadir dengan sejumlah peningkatan drastis semenjak dirilis akhir tahun 2011 lalu. Emulator yang berbasis open source ini memang berkembang cukup lambat, namun cukup baik dan bisa digunakan dengan lancar di PC menggunakan grafik detail.

Di tahun 2016 ini, kamu bisa main game PS3 di PC dengan semakin baik. Bahkan RPCS3 sudah mampu menjalankan game dengan sempurna. Dalam sebuah video yang diupload oleh akun John GodGame pada laman YouTube, tampak emulator PC ini bisa memainkan game berjudul After Burner Climax. Pada video tersebut, terlihat game dengan tema pesawat tempur ini berjalan sangat mulus, bahkan jarang sekali mengalami drop FPS. Gejala drop FPS memang sempat menjadi kendala emulator PS3 di PC.

Baca juga Harga Sony Play Station Terbaru

Video ini menjadi bukti emulator PS3 RPCS3 mengalami peningkatan yang cukup banyak. Pasalnya pada bulan desember lalu, game yang sama sempat diujicoba, namun hasilnya cukup parah dan tidak layak untuk dimainkan. Namun berkat kerja keras tim RPCS3, emulator ini bisa memainkan game dengan lancar dan grafis yang tidak mengecewakan.

Namun, ternyata game pesawat tempur PS3 ini dimainkan di PC yang tidak murahan. Akun John GodGames menjalankan game tersebut hadir dengan spesifikasi gahar dengan Intel Core i7 6700K, RAM berkapasitas 16GB hingga VGA dari NVIDIA GeForce GTX 970. Sayangnya, pengembang emulator  RPCS3 belum merilis spesifikasi yang dibutuhkan agar game PS3 bisa dimainkan di perangkat komputer dengan lancar. Kita tunggu saja info selanjutnya.

 

Baca juga artikel
Daftar Game – Game Pemenang PlayStation Awards 2015
Resident Evil 0 Remastered HD Dirilis Untuk PS3, PS4 Hingga PC
Mortal Kombat X Untuk PS3 dan Xbox 360 Dibatalkan

Artikel Lainnya

Komentar