8 Teknik Menciptakan Efek Siluet yang Luar Biasa di Smartphone

8 Teknik Menciptakan Efek Siluet yang Luar Biasa di Smartphone

Oleh Alena Yulitta on Rabu, 10 Peb 2016 | 17:55

Teknik foto siluet (silhouette) mampu menghadirkan decak kagum bagi siapapun yang melihat hasil fotonya, walaupun objek yang terlihat hanyalah hitam seperti bayangan, namun keindahan yang tercipta dari perpaduan warna hitam di foreground dan warna terang serta warna-warni di background sungguh memanjakan mata.

Memang teknik siluet adalah teknik yang memainkan perbedaan kontras yang sangat besar dari warna gelap untuk subjek dengan latar belakang yang sangat cerah dan terang.  Tak hanya menyajikan kecantikan yang luar biasa, teknik ini juga membawa kesan misterius yang menggelitik.

Walaupun dikatakan teknik siluet adalah teknik luar biasa yang mampu menciptakan keindahan sekaligus misteri, namun teknik ini sebenarnya termasuk jajaran teknik fotografi yang paling mudah dilakukan, oleh seorang amatir sekalipun. Bahkan untuk melakukan teknik ini tak memerlukan kamera canggih semacam kamera mirrorless atau kamera DSLR (walaupun diakui kamera tersebut mampu membuat foto siluet yang lebih bagus), namun kamera pada ponsel Android, Windows Phone maupun iPhone juga bisa melakukan hal tersebut. 

Kamu ingin tahu tips dan triks menciptakan foto siluet yang luar biasa? Simak yang berikut ini. Untuk menciptakan foto siluet yang luar biasa maka inilah yang harus kamu lakukan.

Background Harus jauh Lebih Terang Dari Foreground (Subjek Foto)

Via alphacoders

Aturan pertama dan utama membuat efek siluet adalah latar depan dan objek yang gelap dan latar belakang yang cerah dan terang. Hanya dengan mendapatkan situasi yang demikian sebuah foto siluet yang mengagumkan akan tercipta, bahkan dari kamera ponsel Android sekalipun.

Subjek Harus Unik dan Punya Bentuk yang Tegas

Via digitalcameraworld

Untuk membuat foto siluet yang luar biasa, subjek harus unik dan punya bentuk  yang tegas. Bentuk tegas yang dimaksudkan di sini adalah subjek yang paling menonjol, paling kuat dan  paling menarik dari lingkungan sekitarnya. Untuk membuat subjek yang tegas, subjek tersebut harus terlihat jelas dengan outline bentuk yang kuat, seperti bentuk manusia yang sedang duduk di pantai, melompat, membawa sesuatu yang unik dan lain-lain.

Matikan Lampu Flash Kameramu

Via home2market

Karena teknik siluet membutuhkan warna latar depan gelap, maka lampu flash adalah pantangan dan musuh terbesar dalam membuat foto siluet, oleh sebab itu matikan lampu flash. Biasanya lampu flash otomatis menyala ketika kamu memotret dalam mode automatis dan dalam keadaan remang-remang. Pastikan posisi flash dalam keadaan off agar kamu mendapatkan latar depan yang gelap dengan latar belakang yang terang.

Pastikan Bentuk Siluet yang Kamu Buat Tegas dan Bebas Dari Gangguan

Via 9bytz

Jika dalam membuat foto siluet kamu menggunakan banyak subjek, maka pastikan subjek utama terlihat tegas dan jelas, terlepas dari subjek yang lain. Misalnya ingin membuat foto siluet orang yang termenung di bawah kabel-kabel listrik dan telepon jalanan yang ruwet, maka subjek manusia tadi jangan sampai bertabrakan dengan kabel-kabel sehingga bentuknya menjadi tidak tegas.

Baca juga 9 Cara Memotret Foto Bokeh Bagus dengan Kamera Saku

Potretlah Siluet saat Matahari Terbit atau Matahari Terbenam

Via pesonaindo

Matahari terbit dan terbenam adalah momen paling keren dan paling pas untuk membuat foto siluet. Alasanya simple yaitu kedua momen itu menyediakan setting untuk foto siluet alami yang paling cantik di mana latar belakang yang sangat terang dan cerah menciptakan latar depan yang gelap karena efek silau.  Selain itu memotret siluet pada saat matahari terbit sangat bagus ketika ingin menciptakan foto yang memerlukan kondisi tenang tanpa hembusan angin, misalnya ingin membuat foto siluet orang yang sedang merokok di puncak bukit, asapnya menjadi terlihat indah karena tak ada angin yang mengganggu. Sementara mengambil gambar siluet pada saat matahari terbenam, kamu akan tercengan dengan warna-warna luar biasa yang tercipta dari sinar matahari senja.

Foto Siluet Juga Bisa Dilakukan Siang Hari

Via amrotharms

Jangan terpaku mendapatkan foto siluet pada pagi atau sore hari saja, pada siang hari foto siluet juga bisa dilakukan. Intinya adalah membuat latar depan gelap dan latar belakang cerah, misalnya memotret subjek dengan latar belakang matahari yang terik.

Posisi Subjek Sangat Penting

Via digital-photography-school

Ketika hendak membuat foto siluet, maka posisi subjek yang pas sangat penting. Jika salah meletakkan subjek maka foto siluet pun tak akan jadi. Seperti misalnya kamu memotret seorang gadis di depan sebuah pohon besar, maka siluet gadis itu tak akan terlihat karena yang akan terlihat adalah siluet pohon besar tersebut. Untuk menciptakan efek siluet yang bagus, sang gadis harus diposisikan terlepas dari pohon, misalnya sedikit bergeser di sebelah pohon, di bawah ranting-ranting.

Pilihan Kamera

Tentunya pilihan kamera juga mempengaruhi kualitas siluet yang kamu buat. Tentu saja kamera sekelas DSLR dan mirrorless camera adalah pilihan terbaik, namun kamera pada ponsel Android atau iPhone juga bukan pilihan yang jelek asalkan lampu flashnya bisa dimatikan. Untuk kamera-kamera ponsel yang bagus untuk membuat foto siluet, Pricebook punya beberapa rekomendasi.

 

Baca juga artikel
Foto Bokeh dan 4 Faktor Penting Membuat Foto Bokeh Berkualitas
Komposisi Foto Masih Jelek? Pahami Dulu Aturan Mainnya
Jangan Ngaku fotografer Kalau 11 Aksesoris Kamera Ini Nggak Punya

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 11 Pebruari 2016 - 18:11
bagus banget tipsnya gan, bermanfaat sekali