7 Browser Terbaik Untuk Mac OS X yang Bisa Kamu Pilih

7 Browser Terbaik Untuk Mac OS X yang Bisa Kamu Pilih

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 11 Peb 2016 | 00:10

Sekarang ini, tidak peduli apapun platform yang kamu pakai, entah dari desktop ke smartphone atau tablet, terdapat banyak pilihan browser yang bisa kamu gunakan untuk berselancar di dunia maya.

Kebanyakan browser-browser tersebut hadir dengan kelebihan dan kekurangan tersendiri yang membuat browser tersebut semakin banyak diunduh atau justru ditinggalkan penggunanya. Untuk platform desktop, Windows dan Mac, keduanya memiliki browser default yang cukup baik.

Namun, dalam OS X, kamu mendapat sebuah browser yang lebih menjanjikan dan cukup sering digunakan banyak pengguna OS X. Hal ini cukup berbeda bila dibandingkan dengan Internet Explorer milik Windows yang justru perlahan ditinggalkan pengguna. Walaupun demikian, ternyata banyak juga browser untuk Mac yang bisa kamu gunakan untuk merasakan pengalaman berinternet yang berbeda. Berikut kami pilihkan browser terbaik untuk Mac OS X.

SafariBrowser Safari

Browser bawaan Mac ini menjadi sebuah kejutan di tengah banyaknya browser dari pihak ketiga. Namun, tidak diragukan lagi, Safari layak menjadi browser terbaik untuk Mac OS X. Selama beberapa tahun ini, Apple telah optimis dan bekerja keras untuk mengembangkan sebuah ekosistem browser yang baik. Bila kamu menggunakan Macbook, browser Safari hadir sangat baik. Bahkan, Safari menjadi browser gratis yang bisa kamu pakai tanpa mempengaruhi daya baterai.

Browser Safari dilengkapi teknologi rendering yang lebih cepat dan stabil untuk OS X. Tak hanya itu, browser ini juga hadir dengan tambahan fitur yang lebih baik. Apple juga menghadirkan managemen bookmark yang baik hingga sistem save web page terbaru untuk membaca offline. Safari juga memiliki fitur untuk mengompres tampilan web sehingga pengguna bisa membaca konten web dengan lebih mudah. Terakhir, Safari juga menawarkan sistem password yang lebih aman dan terjaga.

Sayangnya, browser terbaik untuk Mac OS X ini tetap memiliki kelemahan. Dibanding Firefox dan Chrome, Safari hadir dengan estensi yang lebih sedikit. Tak hanya itu, Safari juga tidak support flash sehingga pada beberapa web tampilan akan sedikit kurang maksimal.

FireFox

Browser Firefox

Sebetulnya cukup sulit untuk menempatkan Firefox atau Chrome pada posisi kedua. Namun, pilihan jatuh pada firefox yang hadir dengan fitur hemat baterai yang cukup baik. Seperti yang diketahui, masalah utama dari perangkat OS X ialah baterai yang terkadang boros. Maka Firefox bisa menjadi browser terbaik untuk Mac OS X bisa kamu pilih, sebab browser ini menghadirkan management tab yang lebih baik dibanding browser lainnya.

Firefox juga menghadirkan rendering yang lebih cepat dan impressive. Untuk kamu yang gemar download, Firefox juga mumpuni. Bahkan sistem download di Firefox lebih baik dibanding download manager bawaan Safari.

Browser terbaik untuk Mac OS X ini juga sudah support beberapa fitur terbaru. Kamu bisa menemukan fitur managemen bookmark, private browsing, kemampuan editing, spell checking dan konfigurasi keamanan yang baik. Bahkan semenjak Mozilla menghadirkan Firefox untuk berbagai platform, kamu bisa menggunakan Firefox untuk semua perangkat dengan menggunakan akun Mozilla.

Baca juga Harga Laptop Macbook Terbaru

Google ChromeBrowser Google Chrome

Untuk pengguna yang mencari pengalaman browsing halus dan cepat, maka Google Chrome bisa menjadi browser terbaik untuk Mac OS X . Namun sayangnya Google Chrome agak boros baterai kala dipasang di Macbook. Sebagai gambaran, bila kamu satu jam memakai Google Hangout dengan video di Safari, maka baterai akan terkuras hingga 20 % dengan temperature yang stabil. Ketika menggunakan Chrome baterai terkuras hingga 60 % dan membuat temperature mesin meningkat hingga 80 derajat Celcius sehingga membuat kipas mesin pada Macbook berisik.

Walaupun demikian hal tersebut tidak mengurangi kehebatan Chrome kala digunakan di Mac OS X. Apalagi bila kamu sering menggunakan aplikasi Google, maka browser ini layak kamu pilih. Chrome juga menggunakan extension yang lebih banyak sehingga membuat pengguna bisa lebih memaksimalkan browser. Chrome juga menghadirkan developer tools sehingga pengembang web semakin mudah membuat web di Chrome.

MaxthonBrowser Maxthon

Maxthon merupakan cloud browsing yang mumpuni digunakan di OS X. Browser ini juga bisa digunakan lintas platform dan lintas perangkat. Browser ini menawarkan pengalaman browsing yang lebih halus. Menariknya, terdapat sistem cloud yang bisa memudahkan kamu untuk mengirim teks, gambar hingga URL bahkan tab melalui satu perangkat ke perangkat lainnya dengan mudah.

Browser ini juga menghadirkan fitur drag and drop hingga support gesture. Kamu bisa memindahkan kata atau sebuah kalimat dan mendrag ke bar URL sehingga kamu bisa mencari sesuatu dengan lebih mudah dan cepat. Kamu juga bisa memanfaatkan mouse atau trackpad untuk gesture yang memungkinkan kamu bisa refresh, previous tab dan next tab.

Maxthon juga hadir dengan extension yang lebih baik dari bawaan safari, meski tidak sebanyak Chrome. Browser terbaik untuk Mac OS X ini dibekali built in Flash. Interface yang disuguhkan browser ini juga minimalis sehingga tidak boros baterai.

Baca juga Harga Komputer iMac Terbaru

OperaBrowser Opera

Opera juga menghadirkan browser yang super cepat dan mudah digunakan diberbagai platform termasuk OS X. Sayangnya, perlahan browser lain sudah mulai mengembangkan teknologi yang lebih baik dibanding Opera. Opera seakan terhenti mengembangkannya dan tidak membawa banyak perubahan dalam beberapa tahun ini. Walaupun demikian, Opera tetap menghadirkan tampilan interface yang minimalis, page load yang cepat, hingga extension support. Sistem keamanan opera juga masih cukup baik.

Opera juga masih menghadirkan fitur search bar, managemen download hingga private browsing. Fitur unggulan opera lainnya ialah Bulit in RSS Reader.

YandexBrowser Yandex

Jika kamu ingin merasakan tampilan dan nuansa browsing menggunakan browser Microsoft Edge yang datang sebagai browser bawaan Windows 10, kamu bisa mencoba browser Yandex. Browser ini hadir dengan tampilan yang minimalis. Bahkan untuk tampilan URL bar juga minimalis dibagian bawah memang tidak biasa namun cukup menarik.

Satu hal yang menarik pada browser ini ialah kontrol yang minimalis dan muncul hanya saat dibutuhkan sehingga pengguna bisa browsing lebih mudah. Browser ini juga hadirkan toolbar dan menu yang mudah digunakan. Intinya, browser ini layak digunakan untuk pengalaman yang lebih berbeda dibanding browser lainnya.

Omniweb

Browser Omniweb

Omniweb menjadi browser yang cukup direkomendasikan bagi pengguna OS X Mountain Lion atau di bawahnya. Sayangnya, browser ini mulai susah digunakan di OS Mavericks or El Capitan. Satu hal yang disayangkan di browser ini ialah tampilan interface yang terkesan kuno untuk sistem operasi modern saat ini. Walaupun demikian, browser ini berjalan cukup cepat. Fitur yang dihadirkan juga tidak berbeda jauh dengan browser opera hanya tanpa private browsing mode.

 

Baca juga artikel
Cara Mematikan Fitur Autoplay Video di Facebook, Twitter, Instagram dan Browser
Internet Explorer Pensiun, Opera Browser Siap Gantikan
Mantan Petinggi Firefox Ciptakan Browser Brave yang "Ramah" Iklan

Artikel Lainnya

Komentar