Sejarah dan Kumpulan Tips dari A-Z Gunakan BlackBerry Messenger (BBM)

Sejarah dan Kumpulan Tips dari A-Z Gunakan BlackBerry Messenger (BBM)

Oleh Ardiansyah Hana on Rabu, 10 Peb 2016 | 20:46

BBM atau BlackBerry Messenger merupakan salahsatu aplikasi pesan singkat yang difavoritkan oleh sebagian pengguna gadget di dunia. Jika dulu hanya dapat digunakan pada perangkat BlackBerry, sekarang pengguna Android dan iOS pun dapat menggunakannya.

Nah, jika kamu ingin menggunakan aplikasi chat yang satu ini, berikut sejarah dan tips menggunakan BBM.

Sejarah BlackBerry Messenger

Sejarah Blackberry Messenger atau BBM

Di balik pembuatan BBM, terdapat seorang lulusan University of Waterloo, Gary Klassen. Ia bersama dengan seorang pelajar dari Mississauga melakukan eksperimen pada tahun 2005, membuat aplikasi instant messaging sendiri lalu mengirimkannya ke perusahaan Research In Motion. Di tahun yang sama, versi pertama BBM pun muncul dan dapat digunakan.

Nah, BlackBerry sendiri mempunyai sejumlah fitur yang populer di kalangan pengguna ponsel, seperti layaknya Yahoo Messenger. Kerjanya sendiri menggunakan penghubung berupa PIN yang memang tersedia hanya untuk pengguna BlackBerry saja. Sementara untuk akses datanya, pengguna harus berlangganan paket khusus BlackBerry yang disediakan oleh berbagai operator seluler.

Memiliki keamanan dan server yang cepat, BBM begitu cepat populer sehingga digunakan banyak orang. BlackBerry pun tergolong rutin memberikan update, dimana update besar-besaran terdapat pada BlackBerry Messenger versi 5.0 yang di dalamnya dilengkapi fitur QR Code untuk mengundang teman.

Kemudian, pengguna BlackBerry pun dapat menambah kontak menggunakan fitur NFC, mengganti profile picture dengan gambar format GIF berukuran 32KB. Lalu di BBM versi 6.0, perusahaan ini menghadirkan fitur sosial seperti 'BBM Connected Apps' dan versi 7.0 yang diluncurkan pada tahun 2012 dihadirkan dengan fitur BBM Voice Call.

Pada tahun 2013, CEO BlackBerry, Thorsten Heins, memberikan konfirmasi mengenai ketersediaan aplikasi ini untuk perangkat iOS dan Android. Perilisannya sendiri dimulai pada bulan September 2013 untuk perangkat Android Ice Cream Sandwich ke atas dan untuk perangkat iOS 6 ke atas. Saat perilisan pertamanya, aplikasi ini pun sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna.

Instalasi BlackBerry Messenger

Instal BBM

Untuk kamu pengguna perangkat BlackBerry, aplikasi ini sudah tersedia secara default. Akan tetapi, kamu pengguna Android dan iOS perlu mengunduhnya lebih dulu melalui Google Play atau App Store.

Link download BBM for Android
Link download BBM for iOS

Registrasi BlackBerry Messenger

Registrasi Blackberry Messenger atau BBMVia GSMarena

Setelah mengunduh dan memasang aplikasi BBM di smartphone, kamu pun dapat melanjutkan langkah selanjutnya ke pendaftaran. Di sini, kamu perlu membuat BlackBerry ID lebih dulu yang nantinya akan berfungsi sebagai akun untuk masuk BBM dan memperoleh PIN. Membuat ID BBM sangat mudah, kamu hanya perlu mengisi data seperti email yang valid beserta password, kemudian mengisi kode verifikasi.

Jika kamu berhasil mendaftar, kamu dapat mengecek email untuk melakukan verifikasi. Carilah pesan yang berasal dari BlackBerry kemudian klik link konfirmasi. Jika sukses, kamu pun dapat melakukan sign in di aplikasi BBM, mengisi username email dan password yang dibuat, kemudian tunggu sampai proses loading selesai.

Untuk kamu yang sudah mempunyai akun BlackBerry ID, kamu hanya tinggal sign in, tak perlu mendaftar lagi. Perlu kamu ketahui, satu akun BlackBerry ID hanya berlaku pada satu perangkat saja. Jika kamu sign in di perangkat lain, maka akun BlackBerry ID di perangkat sebelumnya akan terhapus secara otomatis.

Sementara jika kamu ingin sign out, aplikasi BlackBerry Messenger tidak memiliki opsi sign out. Cara termudah untuk keluar dari BBM adalah melakukan clear data pada app manager di smartphone Android, uninstall aplikasi untuk kamu pengguna iOS atau wipe data jika kamu merupakan pengguna BlackBerry.

Baca juga Aplikasi SquareDroid Menampilkan DP BBM Secara Utuh Tanpa Crop

Kumpulan tips & trick menjalankan BlackBerry Messenger

  • Mengganti Display Picture dan Nama Profil

Display Picture (DP) BBM

Selain kamu akan mendapatkan PIN, pengguna BBM pun dapat mengganti display picture, sehingga akun kamu memiliki identitas dan dapat dikenali oleh banyak orang. Mengganti display picture di BBM sangat mudah, pertama kamu dapat klik menu bar, kemudian klik foto bagian atas untuk masuk ke menu My Profile.

Dilanjutkan dengan klik foto dan pilih replace picture, lalu kamu tinggal memilih foto yang akan dijadikan sebagai display picture, apakah dari galeri, kamera atau menggunakan sample picture yang sudah disediakan oleh BBM.

Soal mengganti nama profil, kamu pun dapat kembali ke menu My Profile, lalu klik kolom disamping foto kemudian isikan nama profil yang kamu inginkan.

  • Cara Undang Teman

Undang Teman di BBM

Untuk mengundang teman, kamu dapat klik tab menu, lalu tap Invites. Setelah membukanya, kamu dapat klik Add Contact, kemudian tentukan pilihan Add kontak berdasarkan QR code atau PIN. Untuk add teman menggunakan  QR code, tentu saja kamu harus memindai QR code milik temanmu, artinya kalian harus berada di tempat yang sama. Sementara untuk add dengan PIN, kamu dapat mengetikkan PIN yang akan ditambahkan kemudian klik send.

  • Membuat Group

Cara Membuat Grup BBM

Untuk kamu yang ingin membuat grup, kamu bisa klik tab menu dan tap pilihan Groups. Jika sudah, kamu pun dapat melihat tampilan Create New Group, kemudian mengkliknya untuk proses selanjutnya.

Di menu Create New Group, pertama kamu dapat mengganti gambar, nama dan mengisi deskripsi grup. Posisikan pula allow members to invite others untuk ON jika grup tersebut dapat diikuti anggota baru atau ubah  ke posisi OFF untuk sebaliknya. Jika data sudah benar, kamu dapat tap tombol save yang ada di bagian kanan atas perangkat.

  • Kirim Broadcast Message

Broadcast Message BBMFitur pesan broadcast memungkinkan kamu dapat mengirim pesan chat ke semua pengguna yang ada di kontak. Caranya, kamu tinggal tap pilihan more, kemudian tap pilihan Broadcast Message.

Jika sudah, kamu dapat memasukkan daftar teman yang ingin dikirimkan pesan dengan klik logo (+), dilanjutkan dengan mengetik pesan yang akan dikirimkan dan klik send untuk mengirimkannya.

Baca juga DP BBM Tak Muncul? Itu Hoax Atau Ada Faktor Lain?
  • Update Status

Update Status BBM

Hal menarik yang ada di aplikasi BBM adalah kemudahan update status, yang tentu saja dapat berupa curahan isi hati, informasi maupun hal lainnya untuk dilihat semua kontak BBM kamu. Untuk mengganti status, kamu hanya tinggal tap menu Feeds, kemudian isi kolom “What’s on your mind?” pada bagian atas dan klik post agar dapat dilihat oleh semua kontak.

  • Sembunyikan Feed

Sembunyikan Feed BBM

Kehadiran feed di aplikasi BBM memang membuatnya seru. Namun, mungkin saja akan membuatmu terganggu jika salah satu kontak tersebut terlalu sering mengganti status.

Untuk menyembunyikannya, kamu dapat tap menu Feeds, kemudian tap dan tahan beberapa detik salah satu kontak yang ingin kamu sembunyikan. Jika sudah, kamu pun akan masuk ke dalam pilihan menu Hide Contacts Feed, lalu pilih untuk sembunyikan semua feed atau hanya display picture saja.

Untuk membukanya, kamu dapat tap more, klik setting dan pilih menu Blocked Contact and Feed. Jika sudah, tap dan tahan kontak yang ingin kamu kembalikan ke posisi semula dan klik pilihan remove.

  • Shop

Sticker BBM

Berbeda dengan BBM versi dahulu, di versi baru ini BlackBerry menyediakan berbagai sticker yang dapat kamu beli dan digunakan untuk menambah keseruan saat chatting, menggunakan kostum PIN, privasi chat seperti retract dan hapus pesan serta memilih layanan tanpa iklan.

Untuk membeli layanan tersebut, kamu dapat klik menu lalu tap Shop. Shop ini berisi koleksi sticker yang dapat kamu beli serta merasakan layanan ekstra yang diberikan oleh BBM dengan membayar biaya yang sudah ditentukan.

  • Tanda Pesan

Yang menarik, BBM pun memiliki tanda tersendiri mengenai status pesan yang kamu kirimkan, seperti logo contreng yang menandai bahwa pesan sudah terkirim dari smartphone kamu tapi belum masuk ke penerima, tanda D atau delivered yang menandai pesan telah terkirim, tanda R atau read yang menunjukan pesan sudah dibaca penerima dan tanda X atau cross yang berarti bahwa pesan yang kamu gagal dikirim.

  • Install 2 BBM di 1 Smartphone Android

Pengguna BBM, kamu pun tidak hanya dapat  menginstall satu aplikasi saja, melainkan 2 bahkan 3 BBM sekaligus dengan ID dan PIN berbeda di dalam satu smartphone Android. Untuk melakukannya sangat mudah, kamu harus memiliki BBM versi resmi  yang diunduh melalui Google Play dan memiliki aplikasi Rar for Android yang juga dapat diunduh melalui toko aplikasi Android tersebut.

Pertama-tama, unduh file rar BBM2  atau BBM3 (password .rar : pusatteknologi), ekstrak dengan file Rar for Android, install file yang sudah di ekstrak dan login atau signup melalui cara yang sudah disebutkan diatas. Saat mendaftarkan, kamu diharuskan menggunakan email yang berbeda dari yang sudah di daftarkan sebelumnya.

  • Install BBM di PC

Selain itu, kamu pun dapat menginstall aplikasi BBM ke dalam PC, tentu saja membuat aktivitas chatting lebih mudah dan asyik karena dapat dilakukan sembari kamu bekerja atau  mengerjakan tugas.

Untuk memasang aplikasi ini ke dalam PC, pertama download aplikasi Bluestack disini, lanjutkan dengan menginstallnya ke dalam PC atau laptop, dilanjurkan dengan merestart perangkat. Jika sudah, silahkan buka kembali aplikasi Bluestack, pilih kolom search dan cari file apk BBM.

Jika kamu sudah menemukannya, download file tersebut dan lanjutkan dengan proses instalasi. Setelah itu, kamu hanya tinggal login atau melakukan registrasi dan BBM-an pun kini dapat dilakukan melalui perangkat laptop atau PC.

Perlu diingat, saat memasang aplikasi BBM di PC sebaiknya koneksi internet kamu sedang berjalan baik, memeriksa anti virus dengan seksama dan non aktifkan sejenak dan periksalah perijinan install aplikasi pada Windows.

  • Penyebab dan Mengatasi BBM Lemot

Aplikasi BBM yang berjalan pada smartphone kamu memakan banyak sumber daya, misalnya memori RAM. Jika RAM pada smartphone kamu memiliki ukuran terbatas, hal ini akan berdampak pada kinerja BBM yang menjadi lemot, terlebih di dalam smartphone kamu terdapat banyak aplikasi yang dipasang, misalnya aplikasi chatting lain seperti Line dan WeChat yang memang menghabiskan banyak memori ataupun karena smartphone kamu yang berumur lebih dari 2 tahun keatas sehingga mengalami perunan performa.

Disamping itu, permasalahan dapat disebabkan oleh terlalu banyak kontak BBM, channel atau group dan permasalahan lainnya dikarenakan sinyal operator yang tidak stabil sehingga menyebabkan lambat atau delay saat mengirimkan pesan.

Nah, untuk membuat BBM kamu agar tidak lemot terdapat sejumlah cara, misalnya tidak menginstall aplikasi terlalu banyak, berikan ruangan lebih pada memori RAM, menggunakan tema bawaan dan uninstall tema dari pihak ketiga, mengurangi kontak atau channel dan grup yang diikuti, downgrade aplikasi BBM ke versi lebih lawas atau factory reset smartphone kamu dan hanya install aplikasi yang dibutuhkan saja.

Nah, mudah bukan menggunakan aplikasi BBM di smarphone Android atau iOS? Selamat mencoba!

 

Baca juga artikel
Mengirim Uang melalui BBM Kini Bisa Dilakukan
Mengenal fungsi dan Kegunaan BBM Money di Indonesia
Pengguna BBM Kini Bisa Buat PIN Sendiri

Artikel Lainnya

Komentar