9 Cara Memotret Foto Bokeh Bagus dengan Kamera Saku

9 Cara Memotret Foto Bokeh Bagus dengan Kamera Saku

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 09 Peb 2016 | 12:40

Menghasilkan foto bokeh dengan kamera saku ternyata bisa dilakukan. Banyak cara untuk menciptakan foto bokeh berkualitas melalui kamera pocket.

Jadi buang pikiran bahwa memotret bokeh hanya bisa dilakukan oleh kamera professional dengan harga mahal. Banyak berlatih dan mencari cara dan trik untuk menciptakan foto bokeh berkualitas di internet atau buku bacaan sangat perlu dilakukan agar kamu semakin mahir.

Via Shawacademy

Efek bokeh merupakan blur atau daerah di luar fokus yang indah. Efek ini bersifat memberi dimensi kedalaman dalam sebuah foto. Dalam menciptakan foto bokeh lewat kamera DSLR, ada 4 faktor yang perlu diketahui. Namun bila kamu hanya memiliki kamera saku, kamu tetap bisa menghasilkan foto bokeh yang memukau.

Berikut ini cara atau tips memotret foto bokeh dengan kamera saku.

Pahami Setting Kamera Saku Milikmu

Via gizmodo

Sebelum memotret, kamu harus memahami setting kamera. Kamu bisa menyetting kamera dengan aperture lebar dan focal distance yang pendek. Biar lebih mudahnya, kamu bisa menggunakan setting mode aperture priority. Sayangnya mode ini hanya terdapat di kamera saku kelas premium. Bila kamu tidak memiliki mode tersebut, kamu tetap bisa memotret bokeh menggunakan mode portrait atau mode macro.

Haram menggunakan lampu kilat

Matikan atau jangan gunakan lampu flash. Sebaiknya kamu mencari lokasi pemotretan yang memiliki cahaya cukup terang. Kalaupun terpaksa memotret di dalam ruangan, kamu bisa mencari ruangan yang memiliki cukup cahaya. Kalaupun cahaya masih minim, kamu bisa menggunakan tripod agar kamera bisa memotret dengan stabil.

Obyek Foto yang Kontras

Via flickr

Kamu bisa memilih subyek foto yang memiliki tekstur atau kontras yang cukup sehingga kamera saku bisa mengunci fokus dengan cepat dan mudah.

Atur Jarak Subyek dengan backgroud

Via alphacoders

Perhatikan jarak subjek dengan background. Kamu harus memastikan jarak subjek dan background atau subjek lain terpaut jauh. Karena bila jarak terlalu dekat maka efek bokeh tidak akan maksimal.

Baca juga Foto Bokeh dan 4 Faktor Penting Membuat Foto Bokeh Berkualitas
Pilih Background yang tidak memiliki pantulan

Via wallpaperswiki

Agar efek bokeh menjadi maksimal, kamu gunakan background yang tidak mencolok atau tidak memiliki pantulan misal kaca atau logam.

Manfaatkan Optical Zoom

Via dummies

Pegang kamera dengan stabil dan sedekat mungkin dengan subjek. Kamu juga bisa menggunakan optical zoom. Kamu bisa memanfaatkan zoom maksimal agar efek bokeh terlihat.

Fokus Tepat

Via digitalcameraworld

Ambil foto, dan cek hasil fotonya. Pastikan subjek dalam hasil foto selalu tampak tajam, sementara background blur namun tetap indah.

Perhatikan Dept of Field

Via bigsunphotography

Jangan selalu berpatokan pada bakground yang blur saja. Ingat efek bokeh lebih mengutamakan dept of field atau kedalaman sebuah foto. Maka bila kamu gagal memotret bokeh, cek lagi jarak potret dan pencahayaan.

Banyak Berlatih

Jam terbang bagi hobi apapun ikut membantu mengasah keahlian sehingga banyak latihan sangatlah disarankan untuk mendapatkan pengembangan dari kesalahan yang sebelumnya terjadi.

 

Baca juga artikel
Komposisi Foto Masih Jelek? Pahami Dulu Aturan Mainnya
Jangan Ngaku fotografer Kalau 11 Aksesoris Kamera Ini Nggak Punya
Ingat Baik-baik 50 Tips Ini Agar Makin Jago Memotret- Part 1

Artikel Lainnya

Komentar