Diperbaharui pada Kamis, 25 Mei 2023 | 10:20

Aplikasi Ini Bisa Bikin Kamu Auto Ngetik 10 Jari

Game dan Aplikasi Mengetik 10
Jika saat ini Anda masih mengetik di laptop hanya memaksimalkan jari telunjuk, sudah saatnya mulai mempelajari teknik mengetik 10 jari yang akan membawa banyak keuntungan.

Salah satunya menggunakan game mengetik 10 jari atau aplikasi mengetik 10 jari yang ada di artikel ini. Pilihannya juga cukup banyak, silakan Googling di internet.

Game atau aplikasi belajar mengetik ini akan mengajari teknik dasar, di mana seseorang harus mengetik dengan 10 jari tanpa melihat ke arah keyboard. Teknik mengetik ini memang menjadi cara cepat untuk melatih kecepatan dan keakuratan. 

Ada juga teknik “Hunk and peck” yang memungkinkan penggunaan lima jari untuk mengetik sambil melihat keyboard. Lalu teknik “buffering” yang memungkinkan pengguna untuk mengingat beberapa kata sebelum mengetik kata di keyboard.

Untuk jelasnya, berikut game dan aplikasi mengetik 10 jari yang bisa dicoba.

Game Mengetik 10 Jari

1. Air Typer

Air Typer
Air Typer merupakan game mengetik 10 jari dengan genre adventure education. Game ini berguna bagi yang doyan bermain dan mengembangkan kemampuan mengetik cepat.

Cara bermainnya mudah, tinggal menggunakan pesawat yang memiliki tugas menghancurkan pesawat musuh hanya dengan mengetik setiap tulisan atau huruf yang tertera pada badan pesawat musuh.

Download Air Typer

2. Typer Shark Duluxe

Typer Shark Duluxe
Air Typer juga termasuk game mengetik bergenre adventure education. Sangat berguna bagi yang doyan bermain dan mengembangkan kemampuan mengetik cepat.

Cara bermainnya mudah, tinggal menggunakan pesawat yang memiliki tugas menghancurkan pesawat musuh hanya dengan mengetik setiap tulisan atau huruf yang tertera pada badan pesawat musuh.

Download Typer Shark Duluxe

3. Z-Type

Z-Type
Z-Type adalah sebuah game flash ringan yang dapat dimainkan lewat browser. Misinya masih hampir sama seperti Air Typer dan Typer Shark Duluxe, yaitu menghancurkan pesawat asing dengan mengetikan huruf.

Setiap huruf yang diketik akan menembakan peluru ke musuh, akan tetapi satu pesawat musuh dapat mengandung sebuah kata yang panjang. Game ini cukup direkomendasikan bagi yang ingin belajar mengetik 10 jari.

download Z-Type

Aplikasi Mengetik 10 Jari

1. Typesy

Typesy
Mungkin Anda pernah mendengar software Ultimate typing? Kini software tersebut telah berganti nama menjadi Typesy. Walaupun berganti nama, tidak ada perubahan besar didalamnya.

Cukup banyak inovasi dan fitur baru untuk memudahkan belajar mengetik lebih cepat dan menyenangkan. Pada Typessy terdapat berbagai variasi latihan mengetik yang menyenangkan. Petunjuk mengetik yang benar hingga cara mudah mengetik cepat bisa dipilih.

Selain itu, aplikasi ini menyediakan video tutorial yang berisi instruksi tahap demi tahap mengetik dengan cepat. Agar tidak membosankan, aplikasi juga menyediakan beberapa game yang berkaitan dengan mengetik.

Typesy juga sudah support beberapa keyboard layouts seperti US, UK, Australian, Spanish hingga Brasil.

Download Typesy

2. Typing Instructor Platinum

Typing Instructor Platinum
Aplikasi mengetik 10 jari dengan cepat ini menawarkan sejumlah fitur keren. Ada 20 kursus mengetik, game mengetik berkualitas tinggi, latihan mengetik yang bisa diatur dan beberapa tantangan mengetik yang seru.

Bisa digunakan sesuai skill mengetik, misal sebagai pemula atau profesional. Hal menarik lainnya, aplikasi belajar mengetik ini menghadirkan feedback sehingga bisa mengetahui perkembangan mengetik dengan lebih mudah.

Sama seperti aplikasi mengetik lainnya, bila berhasil, Anda akan mendapat sertifikat khusus.

Download Typing Instructor Platinum

3. Ultrakey

Ultrakey
Ultrakey menghadirkan update terbarunya yang membuat kinerjanya semakin baik untuk memudahkan belajar mengetik. Tersedia untuk semua kalangan, baik pekerja, pelajar hingga kalangan keluarga sekalipun.

Menurut panduan, Anda bisa belajar mengetik selama 20 menit sehari atau setidaknya 8 jam dengan aplikasi ini untuk mengetik layaknya pro.

Dalam Ultrakey terdapat berbagai pelajaran dengan instruksi yang efektif, tes mengetik yang seru dan masih banyak lagi. Serunya juga sudah support berbagai layouts keyboard.

Download Ultrakey

4. Rapid Typing

Rapid Typing
Dengan Rapid Typing, Anda harus mengatur keyboard sesuai bahasa yang digunakan. Pun, jumlah huruf dan platform yang digunakan harus disesuaikan. Anda bisa belajar mengetik dengan satu tangan atau dua tangan sekaligus.

Didalamnya dibekali kursus mengetik dasar yang lengkap. Ada juga beberapa tes yang bisa dipilih seperti beginner, Experienced , Advanced hingga testing. Sudah support 24 bahasa termasuk Inggris, Belanda hingga Spanyol.

Hadir juga dalam versi portable, sehingga Anda bisa menyimpan aplikasi portable di Flashdisk dan menggunakannya di perangkat lain dengan mudah. Hadir secara gratis dan support berbagai platform.

Download Rapid Typing

5. GS Typing Tutor

GS Typing Tutor
Aplikasi GS Typing Tutor juga termasuk salah satu yang terpopuler untuk belajar mengetik dengan mudah. Aplikasi ini bisa digunakan diberbagai negara karena sudah support berbagai bahasa termasuk Inggris, Yunani, Jerman dan Arab.

Lewat GS Typing Tutor Andak akan mendapatkan penawaran program latihan mengetik satu tangan atau dua tangan. Ada juga mode Beginner dan mode Performa yang siap melatih skill mengetik yang sudah dimiliki.

Salah satu fitur yang diandalkan adalah fitur tes mengetik hingga latihan mengetik yang cukup lengkap. Aplikasi ini juga hadirkan 24 keyboard layouts termasuk QWERTY, Latin, Amerika dan Perancis. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis dan bisa digunakan hingga sistem Windows 10.

Download GS Typing Tutor

6. KeyBlaze

KeyBlaze
Dengan KeyBlaze belajar mengetik jadi menyenangkan, karena aplikasi mengetik ini cukup lengkap dan bisa digunakan semua keluarga termasuk anak-anak.

Mengetik lebih mudah dan cepat dengan variasi tes untuk anak-anak, pemula hingga profesional. Aplikasi ini juga menghadirkan mode latihan lengkap, game dan tes kecepatan mengetik. Aplikasi ini juga sudah support berbagai keyboard layouts.

Download KeyBlaze

7. Typing Master 10

Typing Master 10
Aplikasi mengetik 10 jari ini support berbagai keyboard layouts US, Eropa, Kanada, Belgia hingga Perancis. Dihadirkan juga berbagai tes mengetik dengan tingkat kesulitan berbeda, ada juga fitur game.

Untuk mengetes seberapa cepat ketikan dengan lebih akurat melalui aplikasi ini silakan dijajal beberapa fiturnya. Typing Master 10 bisa dipilih dalam versi berbayar dan gratis.

Download Typing Master 10

Cara Mengetik 10 Jari yang Perlu Diketahui


mengetik 10 jari via caraspot

a. Tugas Jari Tangan Kanan

  • Jari telunjuk: Untuk menekan tombol huruf : J, H, U, Y, M, N, 7, dan 6
  • Jari tengah : Untuk menekan tombol huruf : K, I, koma (,), tanda lebih kecil (<), dan 8 atau tanda bintang (*)
  • Jari Manis : Untuk menekan tombol huruf L, O, 9 atau tanda kurung kiri ( ( ), dan titik (.) atau tanda lebih besar (>), serta Alt
  • Jari Kelingking : Untuk menekan tombol keyboard di sebelah kanan, selain dari yang telah disebutkan di atas, mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku ( { } / [ } ), garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya ( ? ) atau tanda miring (/), klik kanan (tanda seperti dokumen), Shift, dan Ctrl kanan.
  • Jari jempol : Untuk menekan tombol spasi. Khusus yang ini baru digunakan kalau salah satu dari jari kiri yang terakhir kali menekan tombol. Jadi simpelnya jari jempol kerjanya dibuat bersilang dengan jempol kiri.

b. Tugas Jari Tangan Kiri

  • Jari telunjuk : Untuk menekan tombol huruf F, R, V, G, T, B, angka 4, dan 5.
  • Jari tengah : Untuk menekan tombol huruf D, E, C, dan angka 3.
  • Jari manis : Untuk menekan tombol huruf S, W, X, dan 2.
  • Jari kelingking : Untuk menekan tombol A, Q, Z, 1, Alt dan selain yang disebut, di ayas yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol jendela atau Windows.
  • Jari jempol : Untuk menekan tolmbol spasi. Rumusnya, bila jari di tangan kanan yang terakhir menekan tombol, maka setelahnya kita bisa menekan jempol kiri ini dan sebaliknya.

Game dan aplikasi mengetik 10 jari diatas tidak hanya untuk para pekerja kantoran saja, tapi juga pelajar dan mahasiswa yang memiliki tugas dengan cara diketik.

Dengan mengetahui game dan aplikasi tersebut diharapkan bisa meningkatkan kemampuan mengetik, sehingga pekerjaan atau tugas bisa diselesaikan dengan cepat.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1633 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.