7 Aplikasi Belajar Mengetik 10 Jari Terbaik yang Perlu Dicoba

7 Aplikasi Belajar Mengetik 10 Jari Terbaik yang Perlu Dicoba

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 09 Peb 2016 | 19:56

Belajar mengetik 10 jari dengan cepat bisa dilakukan lewat komputer. Banyak aplikasi dan software gratisan yang memberikan panduan teknik dasar mengetik 10 jari dengan cepat yang bisa dijadikan sarana latihan.

Sebelum memulai, perlu diketahui kebanyakan website dan software belajar mengetik akan mengajari kamu teknik dasar mengetik, dimana seseorang harus mengetik dengan 10 jari tanpa melihat ke arah keyboard. Teknik mengetik ini memang menjadi cara cepat untuk melatih kecepatan dan ke akuratan. Namun, kamu bisa menggunakan teknik lainnya sesuai kemampuan kamu. Sebut saja teknik ”Hunk and peck” yang memungkinkan kamu menggunakan lima jari untuk mengetik sembari melihat keyboard. Ada juga teknik “buffering” yang memungkinkan pengguna untuk mengingat beberapa kata sebelum mengetik kata di keyboard.

Berikut Aplikasi belajar mengetik layaknya pro yang bisa kamu coba.

Typesy

Mungkin kamu pernah mendengar software Ultimate typing? Kini software tersebut telah berganti nama menjadi Typesy. Walaupun berganti nama, tidak ada perubahan besar dalam aplikasi ini. Cukup banyak inovasi dan fitur baru untuk memudahkan kamu belajar mengetik lebih cepat dan menyenangkan. Kamu bisa menemukan berbagai variasi latihan mengetik, petunjuk mengetik yang benar hingga cara mudah mengetik cepat.

Selain itu, aplikasi ini menyediakan video tutorial yang berisi instruksi tahap demi tahap mengetik dengan cepat. Agar tidak membosankan, aplikasi juga menyediakan beberapa game yang berkaitan dengan mengetik. Typesy juga sudah support beberapa keyboard layouts seperti US, UK, Australian, Spanish hingga Brasil.

Download Typesy

Typing Instructor Platinum

Aplikasi belajar mengetik 10 jari dengan cepat ini menawarkan sejumlah fitur keren. Kamu bahkan bisa menemukan 20 kursus mengetik, game mengetik berkualitas tinggi, latihan mengetik yang bisa diatur dan beberapa tantangan mengetik yang seru. Aplikasi ini juga bisa digunakan sesuai skill mengetik, misal sebagai pemula atau profesional. Hal menarik lainnya, aplikasi belajar mengetik ini menghadirkan feedback sehingga kamu bisa mengetahui perkembangan mengetikmu dengan lebih mudah. Sama seperti aplikasi mengetik lainnya, bila kamu berhasil, kamu akan mendapat sertifikat khusus.

Download Typing Instructor Platinum

Ultrakey

Aplikasi ini menjadi aplikasi mengetik yang cukup populer. Aplikasi ini bahkan menghadirkan update terbarunya yang membuat kinerjanya semakin baik untuk memudahkan kamu belajar mengetik. Aplikasi ini tersedia untuk semua kalangan, baik pekerja, pelajar hingga kalangan keluarga sekalipun. Menurut data dari aplikasi ini, kamu bisa belajar mengetik selama 20 menit sehari atau setidaknya 8 jam dengan aplikasi ini untuk mengetik layaknya pro.

Dalam aplikasi Ultrakey kamu akan menemukan berbagai pelajaran dengan instruksi yang efektif, tes mengetik yang seru dan masih banyak lagi. Tak heran aplikasi ini digunakan di sekolah dan perusahaan . Aplikasi ini juga sudah support berbagai layouts keyboard.

Download Ultrakey

Rapid Typing

Belajar mengetik 10 jari dengan cepat bisa dilakukan secara online dengan keseruan tersendiri. Melalui aplikasi Rapid Typing,  kali pertama menggunakannya, kamu haru mengatur keyboard sesuai bahasa yang kamu gunakan, jumlah huruf dan platform yang digunakan. Dengan aplikasi ini kamu bisa belajar mengetik dengan satu tangan atau dua tangan sekaligus. Aplikasi ini bahkan dibekali kursus mengetik dasar yang lengkap. Ada juga beberapa tes yang bisa kamu pilih seperti beginner, Experienced , Advanced hingga testing.

Aplikasi Rapid Typing sudah support 24 bahasa termasuk Inggris, Belanda hingga Spanyol. Hadir juga dalam versi portable, sehingga kamu bisa menyimpan aplikasi portable di Flashdisk dan menggunakannya di perangkat lain dengan mudah. Aplikasi ini hadir secara gratis dan support berbagai platform.

Download Rapid Typing

Baca juga: Aplikasi Keyboard Android Terbaik Akhir Tahun 2015

GS Typing Tutor

Aplikasi ini juga termasuk salah satu yang terpopuler untuk belajar mengetik dengan mudah. Aplikasi ini bisa digunakan diberbagai negara karena sudah support berbagai bahasa termasuk Inggris, Yunani, Jerman dan Arab. Aplikasi ini akan menawarkan kamu program latihan mengetik satu tangan atau dua tangan. Ada juga mode Beginner dan mode Performa yang siap melatih skill mengetikmu.

Salah satu fitur yang diandalkan aplikasi ini ialah fitur tes mengetik hingga latihan mengetik yang cukup lengkap. Aplikasi ini juga hadirkan 24 keyboard layouts termasuk QWERTY, Latin, Amerika dan Perancis. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis dan bisa digunakan hingga sistem Windows 10.

Download GS Typing Tutor

KeyBlaze

Kalau kamu mencari aplikasi buat belajar mengetik yang cukup lengkap dan bisa digunakan semua keluarga termasuk anak-anak. Aplikasi ini akan memungkinkan kamu untuk mengetik lebih mudah dan cepat dengan variasi tes untuk anak-anak, pemula hingga profesional. Aplikasi ini juga menghadirkan mode latihan lengkap, game dan tes kecepatan mengetik. Aplikasi ini juga sudah support berbagai keyboard layouts.

Download KeyBlaze

Typing Master 10

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang konsisten membantu pengguna mengetik layaknya pro. Aplikasi ini support berbagai keyboard layouts US, Eropa, Kanada, Belgia hingga Perancis. Aplikasi ini juga menghadirkan berbagai tes mengetik dengan tingkat kesulitan berbeda, ada juga fitur game. Kamu juga bisa mengetes seberapa cepat ketikanmu dengan lebih akurat melalui aplikasi ini. Aplikasi ini hadir dalam versi berbayar dan gratis.

Download Typing Master 10

Baca juga artikel
Daftar Keyboard Gaming Terbaik November 2015
Keyboard Baru Logitech Bisa Dikoneksikan Ketiga Perangkat Sekaligus
Portabook XMC10 Dirilis dengan Keyboard Foldable Unik

Artikel Lainnya

Komentar