Tips dan Trick Jago Main Path Dalam Waktu 10 Menit

Tips dan Trick Jago Main Path Dalam Waktu 10 Menit

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 04 Peb 2016 | 10:35

Path memang masih tergolong baru dan telah berkembang dengan pesat, walaupun belum bisa dibandingkan dengan media sosial lain semacam Facebook dan Twitter. Path didirikan oleh Shawn Fanning dan Dave Morin di San Francisco pada 2010 yang lalu, Dave Morin merupakan mantan karyawan Facebook. Hanya dalam waktu 5 tahun Path pengguna Path terus bertambah hingga sekarang.

Path merupakan media sosial yang lebih bersifat pribadi, berbeda dengan Facebook dan Twitter yang bebas bisa dilihat semua orang. Pada awal perkembangan Path, jumlah teman dibatasi hanya 150 orang, namun kini ada kebijakan Path terbaru bahwa setiap akun Path boleh menambahkan teman dengan jumlah yang lebih banyak.

Path saat ini bisa dipergunakan pada smartphone Android, Windows Phone dan juga iPhone (iOS). Media sosial ini bisa dipergunakan untuk media berkirim pesan dan juga momen seperti musik, video, chat, destinasi, foto dan banyak lagi. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Path antara lain:

  • Upload dan Share Foto serta Video: Fitur ini merupakan unggulan dari Path, maka tak heran jika Path adalah pesaing berat instagram. Dengan fitur upload tersebut pengguna bisa mengupload foto dan video yang dirasa spesial dan dibagikan kepada teman-teman di jaringannya. Di Path tersedia Photo Editor yang memungkinkan mengedit foto sebelum diupload.
  • Update Status: Seperti pada FaceBook, pengguna Path juga bisa menulis status yang disertai beragam emotikon.
  • Mengunggah Lokasi: Saat berpergian pengguna Path bisa mengunggah lokasi di mana saat ini sedang berada. Pengambilan lokasi dilakukan dengan GPS. Fitur ini juga bisa diaktikan secara otomatis.
  • Berbagi Aktivitas: Pengguna Path bisa membagikan aktivitas yang ia sedang kerjakan seperti membaca buku, mendengarkan musik dan menonton video kepada pengguna Path di jaringannya. Data-data film, buku dan musik bisa dilihat pada arsip Path tersendiri.
  • Emoticon: Path punya emoticon yang cukup lengkap
  • Shop: Path menyediakan fitur Shop untuk berbelanja produk berbayar seperti beragam stiker berbayar yang bisa kamu pergunakan pada chat dan status, filter foto dan juga video.
  • Availability atau ketersediaan: Saat kamu sedang tidur, kamu bisa memasang fitur “tidur” atau sleep yang ditandai dengan gambar “bulan” saat mode ini diaktifkan maka Path tak akan bisa dibuka sebelum tombol bangun ditekan.
  • Komentar: Pengguna Path bisa memberikan komentar pada apapun yang diupload oleh pengguna Path lain
  • Profil: Dengan fitur ini maka pengguna bisa mengubah foto display, foto background dan juga menghubungkan momen yang sedang diupload ke jejaring lain seperti FaceBook, Twitter, Tumblr dan Foursquare.
  • Inner Circle: Inner Circle adalah tampilan yang hanya menampilkan postingan momen dari teman-teman yang telah kamu pilih dan masukkan dalam daftar Inner Circle. Fitur ini mirip fitur Close Friends pada Facebook.
  • Notification: Pada halaman notifikasi pengguna Path bisa melihat info siapa saja yang telah berinteraksi dengan Path miliknya, seperti memberikan komentar, menerima permintaan pertemanan, upload foto dan banyak lagi.
  • Talk: Fitur ini adalah fitur berkirim pesan kepada sesama pengguna Path. Fitur ini tersedia secara terpisah dari Path.

Baca juga: Tombol Dislike Batal, Facebook Rilis 6 Tombol Like Terbaru

Untuk mempergunakan semua fitur pada Path, kamu harus menginstal dan mendaftar Path terlebih dahulu. Untuk mendownloadnya kamu bisa ke Google Play Store jika perangkat yang kamu punyai adalah smartphone dan tablet Android. Sementara bagi iOS (iPhone dan iPad) kamu bisa download dari App Store (iTunes), untuk Windows Phone, bisa diunduh dari Windows Store atau penyedia pihak ketiga.

Cara Mendaftar Path

Langsung pada Gadget
 

Pastikan Path sudah terinstal dan kemudian buka aplikasi tersebut. Klik pada REGISTER. Jika sudah punya akun Path, klik LOGIN. Sehabis meng-klik REGISTER, kamu akan disodori form  yang perlu kamu isi seperti alamat email, password, nama depan, nama belakang, nomor telepon, jenis kelamin dan tanggal lahir. Jika sudah selesai, klik pada DONE. Setelah selesai kamu langsung bisa mengubah profil seperti memasukkan foto profil, membuat status, mengatur privasi, menambahkan teman, dan banyak lagi.

Mendaftar Lewat PC

Membuat akun Path bisa dilakukan di laptop, tapi hanya terbatas mendaftar saja karena Path tidak tersedia untuk versi browser/desktop. Untuk mendaftar Path lewat PC, buka alamat resmi Path di www.path.com/signup. Lalu isikan semua informasi yang diperlukan dan klik Get Started.

Setelah selesai ambil gadget Anda dan masuk ke Path lalu klik pada LOGIN. Masukkan Login dan Password yang telah kamu buat tadi. Selanjutnya Path sudah bisa kamu pergunakan.

Cara Update Path

Kadang Path memberikan update dan kamu perlu melakukan update tersebut secara manual. Cara mengupdate Path secara manual cukup mudah, kamu hanya perlu membuka Google Play Store bagi pengguna smartphone Android atau mengakses iTunes bagi pengguna iOS. Carilah aplikasi Path dan kemudian tap pada tulisan “ Update” maka secara otomatis aplikasi Path pada gadget kamu akan diupdate.

Cara Menghapus Path

Menghapus Path sangat mudah prosesnya mirip dengan cara mengupdatenya yaitu dengan mengakses Google Play Store atau iTunes dan kemudian pilih menu Delete/Remove yang tersedia. Perlu diingat, menghapus Path tak berarti menghapus Talk, sehingga jika kamu hanya ingin menggunakan Talk, maka kamu bisa menghapus Path-nya saja.

Baca juga artikel
GrabTaxi Ganti Nama Jadi Grab, Ini Fitur Baru Yang Perlu Kamu Tahu!
Tombol Dislike Batal, Facebook Rilis 6 Tombol Like Terbaru
Adu Aplikasi Perpesanan: WhatsApp VS Facebook Messenger

Artikel Lainnya

Komentar