5 Aplikasi Alternatif Keren Buat Gantikan ES File Explorer

5 Aplikasi Alternatif Keren Buat Gantikan ES File Explorer

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 02 Peb 2016 | 10:37

Ada cukup banyak aplikasi file manager yang tersedia di Google Play Store Android. Namun, bila kamu mencari aplikasi file manager yang populer, sepertinya ES File Explorer juaranya. Aplikasi ini hadir sangat baik, kaya fitur dan tentunya gratis di download. Tak ayal, aplikasi ini menjadi aplikasi yang laris manis dipasang di perangkat Android. Memang gratis tidak selalu berkualitas. Aplikasi ini juga sering menampilkan iklan hingga rumor munculnya spyware dalam aplikasi ini.

Tak hanya itu, dibeberapa negara, aplikasi ES File Explorer juga memiliki masalah bloatware. Aplikasi ini sering menghadirkan notifikasi untuk pengguna agar mendownload game atau aplikasi yang direkomendasikan ES File Explorer. Hal ini tentu mengganggu pengguna smartphone yang selalu online. Tak hanya itu, aplikasi File Manager ini juga terkadang memakan RAM yang cukup banyak. Alhasil, beberapa pengguna mulai mencari alternative file manager lain.

Bersyukurlah masih ada cukup banyak aplikasi file manager yang bisa menggantikan ES File Explorer. Tak sekadar menggantikan, beberapa aplikasi file manager juga memiliki fitur yang lebih baik.

Berikut daftar aplikasi file manager yang bisa kamu coba sebagai alternatif

Solid Explorer

Aplikasi file manager ini memang tidak sepopuler ES File Explorer, namun aplikasi ini sebanding sebagai alternatif. Hadir dengan interface yang tidak tidak berbeda jauh dengan ES File Explorer, membuat kamu akan mudah menggunakan aplikasi berdesain cantik ini. Aplikasi ini juga membawa sejumlah fitur khas sama seperti ES File Explorer. Kamu bisa menemukan Cloud Support, network sharing, recycle bin, root explorer, hingga compressed file. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan menyembunyikan atau mengunci dengan enskripsi sebuah file dan folder.

Salah satu fitur terkeren yang ditawarkan aplikasi ini tentu fitur dual panel multitasking. Fitur ini memungkinkan layar terbagi dua dengan mode landscape sehingga kamu bisa mendrag dan drop file dengan mudah diantara dua jendela ini. Solid Explorer juga sudah support plugin seperti terhubung ke chromecats, adanya USB OTG dan mengatur tampilan.

Download Solid Explorer

FX File Explorer

Aplikasi File manager alternative berikutnya ialah FX File Explorer. Aplikasi ini sekilas mirip dengan ES File Explorer. Aplikasi ini bahkan tampak mirip secara tampilan dan fitur. Tampilannya cukup minimalis dan mudah digunakan. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengecilkan dan membesarkan tampilan file sehingga bisa lebih jelas. Sama seperti ES, aplikasi ini juga support berbagai file dan gestures. Aplikasi ini juga menghadirkan fitur split view sehingga pengguna bisa multitasking dengan lebih mudah.

Aplikasi ini juga sudah support add – ons dan untungnya aplikasi ini hadir secara gratis. Ada juga versi berbayar dengan tambahan fitur sync support dan kemampuan menyembunyikan dan mengunci file atau folder.

Download FX File Explorer

Baca juga Clean Master Menjadi Aplikasi yang Paling Sering Digunakan Akhir 2015

File Commander

Aplikasi ini menjadi aplikasi file manager Android yang kaya fitur. Alhasil, aplikasi ini cukup tepat untuk menggantikan ES File Explorer. Aplikasi ini membawa sejumlah fitur yang menarik, aplikasi ini menghadirkan sistem kategori yang baik, support cloud, network file sharing, USB OTG hingga sejumlah aplikasi keren lainnya. Aplikasi ini hadir dalam versi gratis dan versi berbayar. Dalam versi gratis, aplikasi ini menghadirkan fitur menyembunyikan dan fitur enkripsi file dan folder. Ada juga fitur recycle bin yang memudahkan kamu menyortir file dan folder yang dihapus. Sayangnya, aplikasi ini tidak support multi-window untuk multitasking. Walaupun demikian, kamu tetap bisa memindahkan file dan folder dengan mudah.

Download File Commander

Cabinet

Cabinet menjadi salah satu pendatang baru yang cocok menggantikan ES File Explorer. Memang aplikasi ini tidak selengkap ES File Explorer, namun aplikasi ini hadir dengan fitur yang lengkap. Aplikasi ini juga suguhkan user interface yang minimalis dan simple. Sehingga kamu bisa mencari file dan folder yang lebih mudah. Aplikasi ini juga hadir dengan fitur quick access yang menambah kemudahan multitasking. Aplikasi ini juga mendukung root explorer, properties yang detail hingga kemampuan costumisasi. Secara keseluruhan aplikasi ini memang tidak lebih unggul dari ES File Explorer. Namun, memadai untuk harian.

Download Cabinet

File Expert

File expert membawa beberapa gabungan fitur yang  biasa dan fitur baru dalam aplikasi File Mananger. Aplikasi ini hadir dengan fitur kategori file yang baru, support cloud, file compression, root explorer, customizable homepage hingga recycle bin. Aplikasi ini juga hadir dengan fitur tidak biasa seperti fitur safebox untuk menyimpan file dan folder lebih aman, fitur super downloader, memori manager hingga support wireless printer. Aplikasi ini juga sudah support berbagai plugin. Berbeda dengan ES File Explorer, aplikasi Android ini hadir dengan tampilan layout yang simple sehingga mudah digunakan untuk mencari file dan folders.

ES File Explorer merupakan aplikasi yang terbaik di kategori file manager Android. Pengembang cukup sukses membawa sejumlah fitur. Jadi, kamu harus mencari file manager pengganti yang lebih tepat.

Download File Expert

 

Baca juga artikel

9 File Manager Terbaik untuk Android

Adu Aplikasi Perpesanan: WhatsApp VS Facebook Messenger

4 Aplikasi Milik Sony yang Bisa Digunakan di Smartphone Lain

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 03 Pebruari 2016 - 15:27
dulu pas make ANdroid, lebih sering pakai ROOT Explorer dan Astro File Manager