Jangan Ngaku fotografer Kalau 11 Aksesoris Kamera Ini Nggak Punya

Jangan Ngaku fotografer Kalau 11 Aksesoris Kamera Ini Nggak Punya

Oleh Ardiansyah Hana on Kamis, 15 Sep 2016 | 18:27

Kamera DSLR dan perlengkapannya menjadi senjata utama yang digunakan oleh para fotografer profesional untuk bekerja maupun menyalurkan hobi karena kemampuannya dalam menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik. Dengan kamera DSLR, fotografer dapat leluasa mengambil gambar, berkat adanya mode pengaturan yang lengkap, membuat fotografer lebih leluasa untuk mengabadikan berbagai momen dengan hasil gambar yang menjanjikan.

Sekalipun kamu bukan fotografer profesional, namun kamu yang sedang mempelajari ilmu fotografi atau hobi memotret pasti ingin memiliki kamera DSLR. Terlebih, di pasaran kamera DSLR saat ini dijual dengan harga beragam, dapat disesuaikan menurut kebutuhan, spesifikasi maupun merk.

Sebelum kamu membeli kamera DSLR, ada baiknya mengenal lebih dulu kamera ini dengan baik. Pada artikel kali ini, Pricebook akan memaparkan pengertian dan perlengkapan kamera DSLR untuk kamu. Yuk, simak!

Pengertian Kamera DSLR

Via Techradar

DSLR sendiri merupakan kependekan dari Digital Single lens Reflex. Gampangnya, kamera tersebut bekerja dengan memanfaatkan cermin untuk mengarahkan cahaya dari lensa ke dalam viewfinder. Viewfinder sendiri merupakan lubang kecil yang berada di bagian belakang kamera, digunakan pengguna untuk mengintip obyek foto.

Di dalam kamera DSLR, terdapat sejumlah komponen, diantaranya adalah cermin pantul atau reflex mirror, lensa, sensor, shutter, viewfinder, layar focusing, lensa condenser dan pentaprisma.

Perlengkapan Kamera DSLR

Memiliki hobi fotografi atau bekerja sebagai fotografer, hadirnya aksesoris pendukung tentu saja sangat dibutuhkan. Adanya aksesoris tersebut dapat melengkapi kamera DSLR milik kamu, membuat kamu lebih leluasa untuk mengeksplorasi obyek bersama kamera kesayangan. Nah, untuk membantu kamu memilih aksesoris yang tepat, berikut kami paparkan daftar perlengkapan kamera DSLR yang bisa kamu beli:

Flash Eksternal

Nama Harga di Pasaran
Nissin Digital SpeedLite Di600 Rp 1,460,000
ATT Speedlite NEO-530 Rp 610,000
Tronic CN608 Rp 708,849
Nikon SpeedLight SB-600 Tidak ada harga
SUNPAK PZ42X Rp 1,943,760

Kamera DSLR memang sudah dilengkapi dengan flash. Namun, kamu dapat menggunakan flash eksternal untuk meningkatkan hasil tangkapan foto. Kelengkapan kamera ini pun akan membuat kemampuan kontrol dalam menangkap gambar menjadi lebih fleksibel, dimana kamu dapat mengatur arah cahaya agar mengenai obyek dengan mudah.Lihat produk flash eksternal lainnya

Lensa Kamera

 


Lensa menjadi salah satu alat penting dalam kamera DSLR, berfungsi memfokuskan cahaya hingga mampu membakar medium penangkap, dapat diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan beragam tangkapan gambar dan variasi fokus berbeda. Sekalipun kamera DSLR umumnya sudah dibekali lensa, namun kamu pun dapat membeli tanpa lensa, kemudian memiliki lensa terpisah yang disesuaikan dengan kebutuhan.Lihat produk lensa lainnya

Penutup lensa kamera

 


Nama Harga di Pasaran
Nikon LC-72 Rp 92,434
JJC White Balance Cap 62 mm Rp 70,000
Nikon LC-67 Rp 45,000
Canon E-72 II Rp 89,000
Canon Rear Lens Cap 52mm Rp 34,800

Terkadang, lensa kamera dijual lebih mahal ketimbang kamera DSLR. Untuk itu, aksesoris penutup lensa kamera atau lens caps sebaiknya kamu miliki, agar membuat lensa terhindar dari debu, kotoran dan jamur dan terhindar dari benturan langsung yang menyebabkan kerusakan pada kaca depan lensa.  Lihat produk tutup lensa lainnya

Baca juga Mengenal Aneka Kamera Brica di Indonesia, Pesaingnya Gopro!

Kartu memori

 

Nama Harga di Pasaran
SanDisk Ultra CF 32GB Rp 390,800
SanDisk Ultra CF 8GB Rp 164,700
PROCORE CF Pro 800x 64GB Rp 1,750,000
SanDisk Extreme Pro CF Class 10 32GB Rp 635,300
Toshiba Exceria CF 32GB Rp 284,900


Setiap kamera DSLR sudah dibekali memori internal untuk menyimpan berbagai file foto dan video. Namun, kamu pun dapat memasang memori tambahan pada slot yang tersedia sehingga kapasitas penyimpanan menjadi lebih besar. Perlu diingat, belilah kartu memori berkualitas, seperti merk yang sudah dikenal, memeriksa kecepatan tulis dan menyesuaikan kapasitas kartu memori dengan kapasitas maksimal yang dapat dijalankan oleh kamera.Lihat produk kartu memori lainnya

Baterai

 


Nama Harga di Pasaran
Kodak KLIC-7004 Rp 130,200
Kodak KLIC-8000 Tidak ada harga
JVC BN-V812 / 814U Rp 112,700
SDV VBS-20E Rp 101,000
Kodak KLIC-7002 Rp 195,000

Baterai mempunyai peran penting untuk menunjang kegiatan kamu berfoto menggunakan kamera kesayangan. Jika baterai kamera DSLR mu sudah memiliki performa yang buruk, sebaiknya kamu segera membeli baterai baru. Selain baterai bawaan merk kamera DSLR yang dipakai, kamu pun dapat membeli baterai buatan pihak ketiga, lho!Lihat produk baterai kamera lainnya

Tripod

 


Nama Harga di Pasaran
WEIFENG WT-3520 Rp 171,000
Manfrotto MKC3-P01 Rp 790,000
WEIFENG WT-3717 Rp 379,000
Somita WT-3520 Rp 145,000
Velbon EX-440 Rp 425,000

Untuk mengambil exposure long shutter, keberadaan tripod dapat diandalkan. Untuk itu, kamu pun dapat membeli perlengkapan ini untuk mempermudah proses pengambilan gambar. Disarankan, belilah tripod yang mampu menahan beban yang berat, memiliki kaki-kaki yang fleksibel serta dapat dibongkar pasang dengan mudah dan cepatLihat produk tripod kamera lainnya  

Kit Pembersih

 


Nama Harga di Pasaran
Visible Dust Brush Cleaner 8ml Tidak ada harga
LENSPEN LP-1 Rp 50,000
Visible Dust Zeeion Filters Refill Rp 350,000
Visible Dust Corner Swab Green Tidak ada harga
Visible Dust Smear Away Tidak ada harga

Menjaga kondisi eksterior kamera, seperti lensa sangat penting dilakukan. Untuk itu, jangan lupa untuk membeli kit pembersih eksterior kamera, berupa cairan pembersih khusus dan lap mikrofiber. Mencari kit pembersih pun sangat mudah, kamu dapat mendatangi gerai penjual kamera dan aksesoris, baik secara offline maupun online.Lihat produk kit permbersih lainnya

Perlu diingat, kamu sebaiknya berhati-hati saat membersihkan interior kamera, seperti sensor. Ada baiknya kamu mendatangi toko yang menyediakan layanan sensor cleaning agar aman dan tidak membuat kamera kesayangan kamu mengalami kerusakan karena kesalahan saat membersihkannya.

Baca juga Ingat Baik-baik 50 Tips Ini Agar Makin Jago Memotret- Part 1

Shutter Release 

Lihat produk release shutter

Perlengkapan lainnya adalah Shutter Release. Meskipun kamera DSLR sudah dilengkapi dengan tombol shutter, namun kamu dapat menangkap objek atau mengaktifkan shutter secara jarak jauh dengan memanfaatkan aksesoris ini. Shutter Release berfungsi layaknya sebuah remote control TV, tersedia dalam dua macam model, yakni wireless dan kabel.

Filter

 

Lihat produk filter lensa

Sejatinya, aksesoris filter untuk kamera DSLR sangat banyak jenisnya. Namun, diantara banyaknya jenis filter tersebut, kamu dapat memilih yang paling penting, misalnya filter proteksi (Filter UV atau Netral) yang berfungsi untuk melindungi lensa agar terhindar dari kerusakan yang disebabkan tersentuh langsung oleh tangan kotor ataupun kondisi pemotretan yang tidak bersahabat.

Selain itu, ada pula pilihan filter lainnya, seperti filter polarisasi atau CPL yang bekerja untuk mengubah gambar sehingga tampak lebih dalam dan detail, filter ND (Neutral density) yang berfungsi untuk mengurangi asupan cahaya yang masuk ke dalam kamera dan filter Grad-ND atau disebut dengan filter ND gradasi yang bekerja seperti filter ND namun memberikan tingkat gelap yang berbentuk gradasi.

Vertikal Grip

Peralatan lainnya adalah vertikal grip, dapat digunakan untuk kamu yang memiliki kamera DSLR tanpa dilengkapi pegangan vertikal. Aksesoris satu ini dapat membantu kamu saat memotret dalam orientasi portrait. Selain itu, ia pun dapat pula digunakan sebagai baterai cadangan.

Tas Kamera

Nah, untuk kelengkapan ini bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran. Kamu dapat mencari tas kamera yang sesuai dengan selera dan budget, biasanya hadir dengan berbagai model seperti backpack atau tas punggung, berbentuk ikat pinggang, berbentuk koper bahkan model sling bag. Dengan menggunakan tas kamera saat bepergian, tentu saja kamu dapat menyimpan kamera dan lensa secara aman, bebas dari benturan ataupun percikan air.

Berdasarkan ulasan di atas, diharapkan kamu sudah mengetahui pengertian dan aneka ragam perlengkapan kamera DSLR yang bisa kamu gunakan. Sekarang, waktunya kamu untuk memilih kamera DSLR yang paling tepat, tentu saja menyesuaikannya dengan kebutuhan maupun budget. 

Baca juga artikel
10 Tips Buat Pemula Untuk Meningkatkan Percaya Diri Ketika Memotret
9 Tips dan Trik Memotret di Musim Hujan serta Perlengkapannya (Part 1)
8 Tips Memotret Dedaunan untuk Hasil yang Memukau (Part 1)

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 03 Pebruari 2016 - 15:28
dananya untuk punya 11 hal diatas adalah mahal hahah
Ivan 04 Pebruari 2016 - 11:50
Sorry saya newbie. Ada rekomendasi nggak ya buat lensa kamera? Saya banyak pake kamera untuk traveling sih, obyeknya kebetulan bukan diri saya sendiri tapi manusia dan alam yang saya kunjungi. Kira-kira lensa model apa ya yang paling pas? Budget-nya jangan di atas 3 juta lah ya kalo bisa :)
evanyzd 04 Pebruari 2016 - 18:16
Sikat lensa Nikon ini coba http://www.pricebook.co.id/Nikon-AF-S-DX-Nikkor-18-140mm-f-3-5-5-6-G-ED-VR/85/PD_00037247 Harga 3 jutaan