11 Cara Efektif "Bersih-bersih" Mac Agar Kinerja Tetap Mulus

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 04 Peb 2016 | 18:45

Bagaimana menjaga perangkat Mac kamu tetap bersih? Dalam sudut pandang pengguna komputer atau laptop, bersih bisa dimaksudkan performa yang cepat hingga kapasitas memori yang masih berlimpah. Untuk “bersih-bersih” perangkat Mac kamu, bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Sebetulnya kamu juga bisa melakukan aksi bersih-bersih Mac dengan cara sederhana tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Caranya sebagai berikut:

Bersihkan Mac Tanpa Tools Eksternal

Ada seMacam aturan yang menyebutkan bahwa agar sebuah sistem Mac bisa berjalan mulus, kamu harus menyediakan setidaknya 15 % memori penyimpanan. Jadi langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah menghapus file atau folders yang tidak penting. Kamu bisa melakukan ini dengan cepat, dengan men-drag atau men-drop file atau folder tersebuh langsung ke ikon sampah.

Bagaimanapun, langkah ini baru setengah jalan. Langkah selanjutnya kamu harus membersihkan kotak sampah secara rutin, karena Mac tidak melakukannya secara otomatis. Mac memang tidak menghapus langsung file atau folder di kotak sampah agar memastikan ada tidaknya file yang tidak sengaja terhapus.

Berikut cara efektif untuk menjaga Mac tetap bersih

1. Shortcut ke kotak sampah (trash)

Kamu bisa melakukan langkah cepat untuk menghapus file dan folder hingga mengosongkan kotak sampah dengan menggunakan keyboard shortcut.

  • Setelah kamu memilih file dan folder yang hendak dihapus, pilih command + Delete untuk mengirim file langsung ke kotak sampah.
  • Kamu bisa mengklik command + Shift + Delete untuk mengosongkan kotak sampah.

Kamu harus berhati-hati untuk menggunakan shortcut ini. Karena sekali salah kombinasi maka file akah terhapus secara permanen.

2. Bersihkan Desktop

Selain membersihkan dokumen dan folder download, target pembersihan berikutnya ialah desktop. Kamu wajib membersihkan dektop secara berkala. Pindahkan ikon yang tidak berguna. Dengan desktop yang rapi dan bersih, sistem akan berjalan lebih cepat.

3. Atur Start up

Kamu juga harus membersihkan start up item. Semakin banyak aplikasi atau program di start up akan membuat sistem membutuhkan waktu untuk bekerja. Kamu bisa masuk ke system preferences – users & groups, kemudian pilih users dan klik tab login items. Pilih aplikasi yang tidak perlu aktif di start up saat login.

4. Back Up Sistem Secara Berkala

Langkah selanjutnya untuk membuat Mac selalu bersih dan aman ialah selalu back up sistem sebelum menggunakan aplikasi non Apple. Sambungkan eksternal hard drive, kemudian buka system preferences-time Machine. Nyalakan dan pilih drive sebagai lokasi backup.

Baca juga: Tips Sederhana Mendinginkan Mesin Notebook dan Laptop

Bersihkan Mac dengan Menggunakan Tools Tertentu

1. Atur kembali memori penyimpanan

Kamu mungkin menemukan memori internal Mac milikmu penuh, padahal kamu merasa tidak memasang banyak aplikasi. Sebaiknya kamu cek kembali memori penyimpananmu. Pasalnya bisa saja ada aplikasi atau file yang bersembunyi di memori Mac. Untuk itu kamu bisa memakai program Disk Inventory X, Grand Persperctive dan OmniDiskSweeper.

Semua aplikasi tersebut dapat didapatkan secara gratis. Setelah melakukan scan, aplikasi tersebut akan menampilkan file baik ukuran dan detail lainnya. Kamu bisa pilih dan remove file yang tidak pending. Namun, selalu berhati-hati dalam menghapus file.

2. Bersihkan Drive

Salah satu aplikasi yang sangat berguna untuk menjaga sistem Mac ialah OnyX. Selain melakukan perbaikan sistem dan membersihkan sistem, aplikasi ini juga bisa mengaktifkan fungsi tersembunyi dari sistem Mac.

Pertama kali menggunakan aplikasi ini akan meminta ijin untuk masuk ke drive. Setelah itu akan ada berbagai pilihan. Pada bagian Cleaning, terdapat 7 tab yakni sistem, user, internet, fonts, logs, misc dan trash. Kesemua tab juga memiliki berbagai pilihan di dalamnya. Untuk membersihkan sistem, pergi ke options dan pilih bagian yang kamu inginkan atau cukup gunakan pengaturan default. Setelah itu klik Execute bisa sudah siap.

Selain aplikasi di atas, ada aplikasi lain bernama Dr.Cleaner. Aplikasi ini tersedia di Mac App Store. Apikasi ini berguna membersihkan sistem hingga memantau kinerja memori sistem. Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa menemukan file yang ganda.

3. Hapus Aplikasi yang tidak berguna

Sudah berapa kali kamu menginstal aplikasi di Mac milikmu? Sudah berapa banyak yang kamu pakai? Berapa banyak yang tidak pernah digunakan? Ini memang menjadi masalah utama pengguna komputer saat ini yakni terlalu banyak memasang aplikasi.

Bila dalam Mac OS X memungkinkan kamu untuk memilih aplikasi dan mendeletenya langsung tanpa mengganggu sistem, langkah ini kurang tepat. Langkah yang benar ialah menggunakan aplikasi uninstaller. Kamu bisa menggunakan aplikasi gratis AppCleaner. Kamu bisa drag dan drop aplikasi yang kamu hendak buang. Atau kamu bisa mencari lansung dalam AppCleaner kemudian menghapusnya. Aplikasi ini akan menghapus aplikasi tak berguna sampai keakarnya sehingga tidak meninggalkan sampah.

4. Hapus Bahasa Yang Tidak Terpakai

Mac OS X datang dengan sejumlah bahasa di dunia. Namun, tidak semua bahasa tersebut digunakan setiap pengguna. Jadi kamu bisa menghapus bahasa-bahasa yang tidak perlu untuk menambah lega memori internal Mac.

5. Menjaga Drive external bersih

Jika kamu bekerja menggunakan multiple computers dengan platforms yang berbeda, tentu kamu akan menemukan keunikan sistem lain yang terkadang tidak sengaja ikut terbawa ke Mac.

Kamu bisa menggunakan aplikasi CleanMyDrive 2 untuk menghapus file sampah sisa kerja dengan sistem operasi lain. Kamu juga bisa mengecek kapasitas memori, memindahkan file dan melepas multiple drive dengan mudah melalui aplikasi ini.

6. Alternative All – in – One


Kalau kamu malas memasang banyak aplikasi atau program pembersih, kamu bisa menggunakan aplikasi All in one CleanMyMac 3 yang merupakan aplikasi standalone khusus Mac. Ini akan menghapus sampah sistem, sampah foto, sampah email, menghapus aplikasi yang tidak penting, melakukan perbaikan sistem, menghapus history, hingga menghapus widget dan plugin aplikasi yang tidak berguna. Menariknya, kamu bisa memilih semua pilihan atau memilih satu per satu.

7. Mengatur File dan Folder

Untuk managemen file dan folder yang baik, kamu bisa memakai Hazel. Aplikasi ini akan mengatur file atau folder yang ditunjuk. Misal pada download folder. Aplikasi ini bisa memindahkan file pdf dalam download folder ke pdf folder lainnya. aplikasi ini juga hadir dengan kemampuan mengatur dan mengcompress file lebih baik.

Baca juga artikel
Tips Membersihkan Layar Sentuh Laptop
Tips Menjaga Kualitas Laptop Bagi Pemula
Tips Memaksimalkan iOS 9 yang Jarang Digunakan


 

Artikel Lainnya

Komentar