Kredit Hape: Ini Tempat, Cara dan Syarat serta Kelengkapannya!

Kredit Hape: Ini Tempat, Cara dan Syarat serta Kelengkapannya!

Oleh Tedi Yuni A updated Jumat, 04 Agu 2017 | 14:22

Tempat kredit HP mudah, praktis, dan proses cepat, kini mudah ditemui. Begitu mudahnya, Anda bisa memiliki barang impian hanya dalam waktu sekitar 30 menit saja. Bahkan saking ketatnya persaingan, para penyedia kredit hape terkadang meniadakan DP dan tanpa survey.

Barang yang djual pun bergaransi resmi dengan harga murah dan bersaing. Tak hanya produk baru, kredit hape bekas atau cicilan hape bekas pun tempatnya sudah banyak. Nah, sekarang Anda ada rencana ingin kredit apa? Kredit laptop, kamera, drone, atau perabot elektronik lain?

Kartu Kredit vs Tanpa Kartu Kredit


Kredit hape saat ini dapat dilakukan dengan menggunakan:

  • Kartu kredit
  • Tanpa kartu kredit

Kredit Hape dengan Kartu Kredit

Anda yang sudah punya kartu kredit tentunya punya keuntungan lebih, misalnya kredit hape dengan cicilan 0%. Di luar dari itu, keuntungan lain memiliki kartu kredit kita bisa mendapatkan aneka macam penawaran, seperti promo diskon, promo voucher, cashback kartu kredit, promo reward points, dan promo travel terbaru. Syarat kartu kredit untuk digunakan kredit biasanya berlogo Visa atau Master card.

Kredit Hape Tanpa Kartu Kredit

Sementara itu, jika tidak memiliki kartu kredit, saat ini bisa beli gadget dengan kredit leasing. Anda bisa langsung datang ke toko hape yang bekerjasama dengan leasing seperti Adira, Home Credit, Kredit Plus, AEON dan lainnya. Ciri toko yang bisa kredit hape biasanya ada banner-banner yang dipasang di toko dan bisa kita lihat dengan mudah. Untuk toko online yang bisa kredit hape tanpa kartu kredit adalah elevenia bekerjasama Kredit Plus.

Kredit Hape Pakai Kartu Kredit vs Kredit Hape Tanpa Kartu Kredit

No   Kredit Hape dengan Kartu Kredit    Kredit Hape Tanpa Kartu Kredit
  Kelebihan Kelebihan
1 Ada promo cicilan 0% Syarat kredit lebih mudah, KTP, slip gaji dan KK dll
2 Tenor bisa sampai 24 bulan Proses pengajuan relatif cepat hanya 30 menit- 1 jam   
3 Kredit hape bisa online dan offline Cukup dengan DP berkisar dari 20% – 30%
4 Banyak pilihan tempat Tanpa jaminan
     
  Kekurangan Kekurangan
1 Limit saldo kartu kredit berkurang Bunga cicilan tinggi dan ditentukan oleh pihak leasing
2 Bunga kisaran 3% di toko offline Tenor cicilan maksimal hanya 18 bulan paling lama
3 Proses approvel agak lama 2-3 hari Proses kredit bisa tidak disetujui

Tempat Kredit Hape


Tempat kredit hape bisa Anda temui melalui dua cara ini:

  • Kredit hape secara online
  • Kredit hape secara offline

Tempat Kredit Hape Online

Bagi Anda yang memiliki waktu terbatas atau malas keluar rumah, solusi terbaiknya adalah jalur online. Anda bisa melakukan kredit hape di Tokopedia, elevenia, Bukalapak, Lazada, Blibli maupun ecommerce atau marketplace lainnya. Biasanya mereka menyediakan layanan kredit dengan kartu kredit yang berlogo Visa atau Master card.

Hanya elevenia yang bekerjasama dengan Kredit Plus untuk memberikan cicilan tanpa kartu kredit. Bukalapak menggunakan Kredivo untuk cicilan tanpa kartu kredit. Di beberapa tempat seperti Tokopedia, kredit hape tanpa kartu kredit langsung berhubungan toko online yang bersangkutan, tapi ini terlalu berisiko jika terjadi apa-apa.

Kredit hape online juga bisa dilakukan melalui situs jual beli hape lainnya seperti AkuLaku dan Laku6 yang menjual hape bekas.

Kredit hape di toko online mudah dilakukan karena biasanya sudah ada fitur untuk pengajuan kredit. Anda tinggal melengkapi data-data yang diminta dan selanjutnya menunggu konfirmasi. Tak hanya sebatas hape, berbagai aneka produk elektronik seperti kamera, drone, laptop, perambot rumah tangga tersedia banyak pilihan.

Sebelum mengajukan kredit hape online, sebaikanya Anda melakukan registrasi untuk menjadi member ecommerce atau marketplace bersangkutan. Lengkapi data dengan benar tanpa ada kepalsuan sedikit pun agar proses pengajuan kredit hape Anda bisa berjalan lancar.

Tempat Kredit Hape Online 

Ecommerce/ Market Place Cara dan Syarat Kredit Hape Pakai Kartu Kredit    Cara dan Syarat Kredit HapeTanpa Kartu Kredit
Kredit hape online di Tokopedia Kartu kredit berlogo Visa, Master card  
Kredit hape online di Bukalapak    Kartu kredit berlogo Visa dan Master card Kredivo
Kredit hape online di Elevenia Kartu kredit berlogo visa, master card, JCB Kredit Plus
Kredit hape online di Lazada Kartu kredit berlogo Visa dan Master card  
Kredit hape online di Blibli Kartu kredit berlogo Visa dan Master card  


Kredit Hape di Toko Hape Offline

Sementara itu, kredit hape secara offline tanpa kartu kredit bisa Anda lakukan dengan mendatangi sentra ponsel di Jakarta, seperti ITC Kuningan, Mall Ambassador, ITC Roxy Mas, ITC Cempaka Mas, Poin Square, PGC Cililitan dan lainnya.

Buat Anda yang tinggal di wilayah Depok bisa ke toko hape yang ada di Depok Square dan ITC Depok. Biasanya toko-toko yang bekerjasama dengan pihak leasing ciri utamanya adalah adanya banner yang terpasang di toko mereka. Kredit hape di Carrefour sekarang juga sudah bisa dilakukan. Proses pengajuan kredit sampai penerimaan barang jika pengajuan kredit hape disetujui kurang lebih 30 menit-1 jam.

Toko Kredit Hape di Roxy Mas, Jakarta Pusat

Nama Toko Leasing
Olivia Cell Home Credit   
Ofal & Salsa Home Credit
Berry Solution Home Credit
7evenshop Home Credit
Andrew Cellular Home Credit
318 Cell Home Credit
Utama Phone Cell   Home Credit

Toko Kredit Hape di ITC Cempaka Mas, Jakarta Utara

Nama Toko Leasing
Sahabat shop AEON
Gudang handphone Home Credit
Purple Home Credit
Maju Jaya Komputer   Home Kredit   
U Cellular Home Kredit
MDG computer Home Kredit
Hero Home Kredit
Chacha Cellular Home Kredit
Ocean Home Kredit
Ganeza Cellular Home Kredit

Toko Kredit Hape di ITC Kuningan, Mall Ambassador, Jakarta Selatan

Nama Toko Leasing
Ryan Shop Home Credit
Milano Cell Home Credit
Toko ponsel 58   Home Credit   

Toko Kredit Hape di Poin Square, Jakarta Selatan

Nama Toko Leasing
Original Kuning HCI,AEON,Kredit Plus
Original Putih HCI,AEON,Kredit Plus
Original Biru HCI,AEON,Kredit Plus
Alfa Cell - Poins HCI,AEON,Kredit Plus
Iphone Berry HCI,AEON,Kredit Plus
Grace Cell HCI,AEON,Kredit Plus

Besarnya angsuran serta bunga kredit yang Ditanggung Konsumen


Kredit hape pakai kartu kredit

Mengenai bunga kredit hape secara online biasanya berbeda dari tiap bank penyedia kartu kredit. Anda harus benar-benar menghitung berapa besaran uang yang harus Anda bayarkan. Tenor cicilan biasanya mulai dari 3-12 bulan.

Untuk lebih meringankan cicilan Anda, baiknya gunakan fasilitas cicilan 0%. Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui jika Anda mengajukan kredit hape dengan cicilan 0%. Pertama, carilah beberapa toko yang menawarkan cicilan 0% atas produk yang Anda inginkan. Buat apa? Untuk dijadikan bahan perbandingan. Siapa tahu ada toko yang memberikan cicilan 0% tanpa syarat atau tanpa minimum transaksi. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan cicilan  0% dengan harga hape lebih murah dari toko lainnya.

Pastikan bahwa permohonan kredit Anda disetujui oleh pihak bank agar tidak ada masalah. Takutnya barang sudah dikirim oleh mercant (toko), tapi pengajuan kredit Anda masih belum jelas. Bisa jadi Anda harus membayar secara full payment

Cara dan syarat kredit hape pakai kartu kredit lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak dokumen selain KTP. Bisa dilakukan di mana saja, baik secara online maupun offline (langsung datang ke toko hape).

Syarat Kredit Hape dengan Kartu Kredit

  • Kartu kredit masih berlaku
  • KTP (nama di KTP sesuai nama di kartu kredit)
  • Limit saldo di kartu kredit mencukupi harga barang yang akan dibeli.

Kredit hape tanpa kartu kredit

Seperti sudah kami sampaikan di atas, bunga kredit berbeda-beda tergantung pihak kreditur. Baik kredit hape menggunakan kartu kredit maupun kredit hape tanpa kartu kredit.

Hanya saja, kredit hape tanpa kartu kredit, bunga yang diberikan biasanya lebih besar dibanding kredit hape pakai kartu kredit. Menurut Felina, promotor Home Credit di Mall Ambassador, bunga kredit dengan tenor 10 bulan, saat ini berkisar 2,5%, sedangkan untuk tenor 12 bulan, 15 bulan, hingga 18 bulan, yakni 3,99% (pada Home Credit tidak ada member atau non member). Intinya kalau Anda mengambil jangka waktu cicilan makin singkat, maka bayar cicilannya makin besar, tapi bunganya lebih rendah. 

Dilain pihak, untuk bunga kredit di AEON sendiri, berada pada angka 1,99 % untuk member dan 2,99% untuk non member. Suku bunga kredit ini bisa berubah sewaktu-waktu sehingga Anda perlu memastikan berapa besaran bunga kredit hape Anda saat melakukan pengajuan kredit.

Lantas, berapa lama waktu yang dibutuhkan sejak permohonan kredit diajukan sampai disetujui. Ini pun tidak sama ditiap tempat. Home Credit bisa 30 menit – 1 jam, AEON bisa sampai 2-3 hari buat non member, sedangkan member hanya 30 menit.

Di AEON kadang konsumen dibuat jengkel karena tidak ada pemberitahuan jika pengajuan kredit kita ditolak, beda dengan di tempat lain yang dalam waktu singkat (bahkan dalam hitungan menit) bisa segera tahu hasil pengajuannya.

Cara dan syarat kredit hape tanpa kartu kredit

  • KTP, SIM, MPWP, paspor, BPJS, dan Jamsostek
  • Usia pemohon 21 tahun bagi yang single dan bagai yang sudah menikah usianya 19 tahun
  • Minimal gaji sebesar Rp 1,2 juta, dan wiraswasta minimal sudah berjalan kurang lebih 3 bulan.

Contoh Simulasi Perhitungan Kredit Tanpa Kartu Kredit

Simulasi ini berdasarkan pengalaman seorang teman yang mengajukan kredit di Home Credit.

  1. Datang ke toko di Cempaka Mas untuk membeli iPhone secara kredit dengan leasing Home Credit
  2. Pihak toko dan konsumen setuju mengenai harga dari iPhone yang ingin dibeli
  3. Pihak promotor Home Credit kemudian menghitung uang muka dan cicilan yang harus dibayarkan konsumen berdasarkan bunga kredit dan tenor yang diambil oleh konsumen.
  4. Setelah besaran cicilan disepakati, selanjutnya proses kelengkapan data (KTP, sidik jari, rentina mata, dan lain-lain)
  5. Dokumen dan kelengkapan konsumen diajukan ke kantor pusat Home Credit, konsumen menunggu kisaran 30 menit-1 jam.
  6. Biasanya ada konfirmasi data dari pusat melalui sms atau ditelpon oleh pihak Home Credit.
  7. Promotor Home akan menelepon Anda untuk mengambil barang di toko jika kredit disetujui. Selesai!

Berikut syarat dan gambaran simulasi pembiayaan kredit hape


Dibawah ini merupakan gambaran dan simulasi pembiayaan dari Home Credit yang banyak diaplikasikan oleh toko-toko hape.  

Syarat dan kelengkapan

  • KTP
  • SIM
  • BPJS/NPWP/Jamsostek
  • Paspor
  • Kartu Kredit tertera nama
  • Usia minimal 21 tahun (single)
  • Usia minimal 19 tahun (menikah)
  • Minimal usaha/kerja 3 bulan
  • Minimal penghasilan 1,2 juta
  • Domisili Jabodetabek
  • Mengisi form aplikasi

Dari pengalaman seorang teman, dia hanya melampirkan foto copy KTP, SIM dan NPWP, langsung di proses dan proses pengajuan kredit hanya membutuhkan waktu 30 menit.

Jangka waktu kredit yang ditawarkan di Home Credit

  • 12 bulan
  • 15 bulan
  • 18 bulan

Uang muka yang harus dibayarkan

  • Harga barang 1-3 juta, uang mukanya 20% - 25% dari harga barang.
  • Harga barang 3-9 juta, uang mukanya 25% - 30% dari harga barang.
  • Harga barang di atas 9 juta, uang mukanya 35% - 50% dari harga barang.

Skema kredit

Anggap saja kita akan mengambil iPhone 6s 64GB dengan harga Rp 11.500.000

Cicilan 12 bulan:

Uang muka = (Rp11.500.000 x 35%) + Rp 149.000  (administrasi)  = Rp 4.174.000

Berdasarkan sistem perhitungan dari pihak Home Credit, cicilan perbulan yang dikenakan sebesar Rp 926.200.

Jika kamu ingin mendapatkan perlindungan asuransi akan dikenakan biaya sebesar Rp 87.700 untuk cicilan yang 12 bulan. Jadi total cicilan perbulan yang harus dibayarkan adalah:

Rp 926.200 + 87.700 = Rp 1.013.900 per bulan selama12 bulan.

Kredit menggunakan kartu kredit di toko hape

Dengan Kartu kredit Mandiri cicilan 0% 12 bulan

Rp 11.500.000 x 3% (bunga bank) = Rp 11.500.000.

Rp 11.845.000 :12= Rp 987.083 per bulan

Perlu diperhatikan bahwa limit kartu kredit yang dimiliki harus melebihi dari harga unit barang yang diinginkan. 


Beberapa pertanyaan yang sering muncul perihal kredit hape

  1. Kredit hape dengan kartu kredit di toko online berapa lama waktu disetujuinya?

Butuh waktu 2-3 hari untuk persetujuan

  1. Saya tidak ada KTP DKI bisa tidak kredit hape?

Bisa dengan syarat lokasi tempat tinggal di Jakarta

  1. Saya masih kost bisa tidak kredit hape?

Bisa dengan syarat sudah menjadi karyawan tetap

  1. Bagaimana cara kredit hape tanpa kartu kredit?

Bisa dengan Kredit Plus, AEON, Home Credit, Adira Kredit dll

  1. Kenapa pengajuan kredit saya ditolak?

Data kurang lengkap atau tidak lolos BI Checking

  1. Kenapa saya ke backlist oleh BI?

Riwayat kredit/pinjaman masa lalu ada yang belum diselesaikan (denda) sehingga terkena BI Checking

  1. Kalau bayar cicilan lewat dari batas waktu kena denda tidak?

Semua wajib pembayaran yang melewati batas waktu pasti terkena denda

  1. Kalau kita bilang ke pihak penyelenggara kredit kita butuh waktu seminggu lagi atau bayar bulan depan dan disetuji oleh penyedia kredit apakah tetap kena denda juga?

Biasanya kena denda juga

  1. Dokumen dan syarat apa saja yang diperlukan untuk kredit tanpa kartu kredit?

Kartu identitas (KTP), Berumur minimum 21 tahun atau 19 tahun bila sudah menikah, Memiliki penghasilan tetap, Bertempat tinggal di area layanan kredit.

  1. Dapatkah saya mengajukan pembiayaan selanjutnya?

Bisa, jika Anda sudah menjadi nasabah kredit paling tidak selama 3 bulan dan selalu membayar tepat waktu.

  1. Berapakah uang muka yang harus saya bayarkan?

Besarannya berbeda untuk tiap penyedia layanan kredit.

Baca juga artikel :

Kredit Hape Tanpa Kartu Kredit, DP 100 Ribu Bawa Pulang Hape Baru 

Kredit Hape Lebih Untung Pakai Kartu Kredit (CC) atau Multifinance? 

Cara Kredit Hape Online di Bukalapak Tanpa Kartu Kredit 

Artikel Lainnya

Komentar