Beginilah Cara Kredit Smartphone dan Kelengkapan yang Harus Disiapkan

Beginilah Cara Kredit Smartphone dan Kelengkapan yang Harus Disiapkan

Oleh Ardiansyah Hana on Jumat, 12 Peb 2016 | 13:22

Berkembangnya internet membuat kebutuhan akan perangkat pendampingnya semakin tinggi. Sebut saja pasar smartphone yang setiap harinya diramaikan oleh merek dan tipe baru, membuat semua orang terpaksa mengikuti perkembangan tersebut.

Bagi kamu yang memiliki penghasilan tinggi, hal ini tentu bukan masalah. Kamu dapat membeli smartphone terbaru dengan harga selangit, mengikuti tren yang sedang berlaku di dunia teknologi.

Namun, bagaimana jika kamu memiliki budget pas-pasan tapi ingin update menggunakan smartphone baru? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah membelinya secara kredit, menggunakan fasilitas kartu kredit ataupun mengikuti program yang disediakan oleh bank maupun leasing.

Sebelum mengikuti program kredit hp atau smartphone, berikut kami informasikan mengenai tata cara beserta persyaratan yang dibutuhkan dan harus kamu persiapkan.

Kredit HP dengan Kartu Kredit

Untuk kamu yang mempunyai credit card sebuah bank, mengikuti program kredit hp tentu saja lebih mudah. Sekarang, ada banyak toko fisik ataupun e-commerce yang melayani pembelian barang secara kredit menggunakan kartu kredit.

Untuk pembelian melalui e-commerce misalnya, kamu dapat melihat kartu kredit bank apa saja yang berlaku untuk transaksi di e-commerce tersebut. Saat ini, ada banyak bank yang mengcover pembelian melalui e-commerce, misalnya kartu kredit Bank BCA, BNI, Bank Danamon, Maybank Indonesia (BII), Standard Chartered Bank, CIMB Niaga, ANZ, HSBC, Citibank, BRI, Permata, Panin, OCBC NISP dan UOB.

Baca juga Kumpulan Tips Mudah Untuk Smartphone dan Laptop

Skema kredit hpnya sendiri memang tergantung kebijakan masing-masing e-commerce. Tapi, umumnya kamu hanya perlu mengisi formulir online permohonan kredit, kemudian menunggu e-commerce bersangkutan melakukan follow up kepada Bank penyedia kartu kredit atas pesanan kamu. Jika permohonan kamu diterima, kamu pun hanya tinggal menunggu barang pesanan sampai di rumah.

Kredit HP Tanpa Kartu Kredit

Saat ini, ada pula beberapa gerai HP atau e-commerce yang melayani pembelian barang secara kredit namun tanpa kartu kredit. Umumnya, toko tersebut melampirkan banner logo perusahaan pembiayaan atau leasing yang mencover pembelian.

Via autobytel

Adapun sejumlah syarat perlu kamu siapkan lebih dulu. Misalnya fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau SIM, fotocopy Kartu Keluarga, fotocopy rekening tabungan, rekening koran atau slip gaji bulan terakhir dan SIUP jika kamu memiliki usaha.

Penyedia juga biasanya mengharuskan pemohon berusia 20 tahun keatas. Jika belum memenuhinya, kamu dapat mengajukan kredit atas nama orangtua. Selain itu, beberapa toko atau perusahaan finance mengharuskan pemohon untuk melampirkan keterangan domisili sesuai dengan daerah outlet hp.

Kebanyakan, lama angsuran untuk kredit hp berkisar antara 3 bulan, 12 bulan sampai 24 bulan. Sementara itu, bunganya sendiri antara 10 sampai 30%, tergantung dari uang muka yang kamu bayarkan.

Mengikuti program kredit hp di outlet maupun e-commerce memang membuat harga produk yang kamu beli menjadi lebih mahal. Di sini, kamu sebaiknya memerhatikan bunga yang diberlakukan atau menunggu program angsuran dengan bunga 0% yang seringkali diadakan oleh bank penyedia kartu kredit, leasing, e-commerce ataupun outlet hp bersangkutan.

Nah, banyaknya program kredit hp, baik di outlet fisik maupun e-commerce tentu saja membuat kamu yang mempunyai budget minim dapat memiliki hp atau smartphone baru dengan mudah. Namun sebelum itu, pastikan bahwa kamu telah mengetahui syarat dan ketentuan, serta skema kredit yang diberlakukan.

Baca juga Tips Memilih Micro SD yang Baik

Untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai kredit hp atau smartphone, kami sempat mengunjungi toko ponsel di Mall Ambasador yang bekerjasama dengan perusahaan pembiayaan kredit, yakni Home Credit. Selain smartphone, Home Credit juga melayani kredit laptop, kamera, dan furnitur serta produk elektronik lainnya. Data dan perhitungan cicilan kredit dibuat langsung oleh pegawai Home Credit yang ada di toko bersangkutan.

Via homecredit.net

Berikut syarat dan gambaran simulasi pembiayaannya.

Syarat dan kelengkapan

  • KTP
  • SIM
  • BPJS/NPWP/Jamsostek
  • Paspor
  • Kartu Kredit tertera nama
  • Usia minimal 21 tahun (single)
  • Usia minimal 19 tahun (menikah)
  • Minimal usaha/kerja 3 bulan
  • Minimal penghasilan 1,2 juta
  • Domisili Jabodetabek
  • Mengisi form aplikasi

Dari pengalaman seorang teman, dia hanya melampirkan foto copy KTP, SIM dan NPWP, langsung di proses dan proses pengajuan kredit hanya membutuhkan waktu 30 menit.

Jangka waktu kredit yang ditawarkan di Home Credit

  • 12 bulan
  • 15 bulan
  • 18 bulan

Uang muka yang harus dibayarkan

  • Harga barang 1-3 juta, uang mukanya 20% - 25% dari harga barang.
  • Harga barang 3-9 juta, uang mukanya 25% - 30% dari harga barang.
  • Harga barang di atas 9 juta, uang mukanya 35% - 50% dari harga barang.

Skema kredit

Anggap saja kita akan mengambil iPhone 6s 64GB dengan harga Rp 11.500.000

Cicilan 12 bulan:

Uang muka = (Rp11.500.000 x 35%) + Rp 149.000  (administrasi)  = Rp 4.174.000

Berdasarkan sistem perhitungan dari pihak Home Credit, cicilan perbulan yang dikenakan sebesar Rp 926.200.

Jika kamu ingin mendapatkan perlindungan asuransi akan dikenakan biaya sebesar Rp 87.700 untuk cicilan yang 12 bulan. Jadi total cicilan perbulan yang harus dibayarkan adalah:

Rp 926.200 + 87.700 = Rp 1.013.900 per bulan selama12 bulan.

Kredit menggunakan kartu kredit

Dengan Kartu kredit Mandiri cicilan 0% 12 bulan

Rp 11.500.000 x 3% (bunga bank) = Rp 11.500.000.

Rp 11.845.000 :12= Rp 987.083 per bulan

Perlu diperhatikan bahwa limit kartu kredit yang dimiliki harus melebihi dari harga unit barang yang diinginkan.  

Toko HP yang melayani Home Credit 

Nama Toko Alamat Toko Leasing
Ryan Shop ITC Kuningan lantai 3 Blok B7 No 10B
Jln Prof. Dr. Satrio-Jakarta Selatan 12940
Telp: (021) 57924947     
Hp: 081213575755
Home Credit
Triee Mobile ITC Kuningan Jembatan 2 lantai 3 No 1
Jln Prof. Dr. Satrio-Jakarta Selatan 12940
Telp: (021) 93881312
Hp: 081290001214
Home Credit
Jakarta Gadget ITC Kuningan Jembatan 2, Lantai 3 No.42
Jln Prof. Dr. Satrio-Jakarta Selatan 12940
Telp: (021) 97585798
Hp: 087862997133
Home Credit

 

Baca juga artikel
Tips Agar Layar Sentuh Smartphone Tetap Nyaman Dipakai
9 Tips Mudah Merekam Video Berkualitas di Android
Tips Menggunakan Smartphone Untuk Para Ibu

Artikel Lainnya

Komentar