8 Email Alternatif Untuk Menggantikan Email Bawaan iPhone

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 05 Peb 2016 | 14:30

Email sudah menjadi salah satu bagian penting dalam komunikasi manusia saat ini. Kamu bisa mengirim pesan, gambar, berbagi resep hingga berbisnis menggunakan email. Bila kamu salah satu pengguna iPhone, bersyukurlah iOS memiliki aplikasi email bawaan yang sangat bagus. Sehingga kami bisa menangani semua email yang masuk maupun keluar dengan mudah dan lancar. Namun, bila kamu mulai jenuh dengan aplikasi email bawaan, ada cukup banyak aplikasi email alternatif yang bisa kamu gunakan untuk menangani email-email milikmu.

Berikut beberapa diantaranya yang bisa digunakan pada iPhone kamu

Gmail dan Inbox

Kedua aplikasi ini dibuat oleh Google. Gmail menawarkan cukup banyak fitur dan tampilan interface yang mudah dipahami bahkan kala dibuka di iPhone tampilan sama seperti versi desktop. Tak hanya itu, Gmail juga support multiple akun jadi akan sangat membantu kamu yang memiliki banyak email berbeda. Ada juga kemampuan khas desktop yang dibawa Google ke iOS. Hal ini dimaksudkan agar pengguna iPhone merasa nyaman menggunakan aplikasi ini dan serasa menggunakan komputer pribadi.

Di sisi lain, Inbox juga hadir sebagai aplikasi email dari Google yang menawarkan pengalaman lebih baik. Aplikasi ini juga menyuguhkan beberapa fitur unggulan seperti fitur pengingat email, menyembunyikan email hingga membagi email ke beberapa kategori untuk memudahkan pencarian.

Microsoft Outlook

Ini memang sedikit ironis bahwa aplikasi Google Gmail untuk Apple iPhone yang terbaik kedua jatuh pada Microsoft Outlook. Ini menarik karena Microsoft outlook justru tidak berkembang di beberapa platform lainnya seperti Android bahkan Windows phone. Dalam aplikasi untuk iOS ini, Microsoft berhasil menghadirkan berbagai fitur menarik dan powerful untuk menjadi salah satu aplikasi email mobile terbaik.

Aplikasi ini bahkan sudah bisa menggunakan multiple akun. Tak hanya itu, aplikasi ini juga hadir dengan kemampuan gesture yang lengkap, misal swipe ke kiri untuk mendelete email. Atau membagi email ke berbagai seksi sesuai keinginan pengguna. Namun, hal yang terpenting ialah kemampuan Microsoft outlook untuk terintegrasi dengan kalender hingga berbagai web service semacam Google, Dropbox hingga Microsoft One Drive.

Spark

Pengembang dibalik aplikasi email ini mencoba untuk membuat sebuah aplikasi email dengan cita rasa khas perangkat mobile bukan versi desktop. Aplikasi ini menawarkan smart inbox yang akan mengkategorikan langsung email yang masuk seperti kategori baru, notifikasi, pin hingga berita. Kalau kamu merasa kebingungan dengan pembagian ini, kamu juga bisa menggunakan versi inbox biasa.

Satu hal yang menjadikan spark unik ialah kemampuan kostumisasi dan integrasi ke banyak web services. Kamu juga bisa menambah kategorsi email hingga menghadirkan widget di iPhone milikmu untuk mempermudah mengecek email di Spark. Kamu juga bisa terhubung dengan Dropbox. Google Drive hingga iCloud dengan mudah.

CloudMagic

Kalau kamu mencari aplikasi email iOS dengan tampilan sederhana dan bersih, maka kamu harus mencoba CloudMagic. Aplikasi ini bisa kamu gunakan di semua platform termasuk Android, iOS hingga Mac. Aplikasi ini terbilang kecil dan tidak memakan RAM. Aplikasi ini juga sudah support multiple akun.

Menariknya, CloudMagic hadir dengan tambahan add-ons. Ada Team contacts yang memungkinkan kamu share sebuah email ke teman yang ada dikontak, khususnya teman yang memiliki akun Google. Kedua ada app integrations yang membantu kamu terhubung ke berbagai web service seperti iCloud hingga Dropbox. Kamu bisa dengan mudah menyimpan dan berbagi email melalui aplikasi iOS ini.

Baca juga: Cara Lindungi Email dari Peretasan

Boxer Lite

Aplikasi email ini menjadi salah satu aplikasi email tercepat. Aplikasi ini bahkan menjadi aplikasi yang cukup baik dalam hal integrasi kontak dan kalender. Aplikasi ini juga memiliki penyimpaanan awan hingga interface yang bisa diatur. Namun, diantara sekian banyak fitur, Boxer Lite unggul dengan menghadirkan quick reply. Kamu bahkan bisa mengatur quick reply sesuai kebutuhan. Aplikasi email ini juga menawarkan sistem keamanan yang cukup baik. Bahkan, terdapat sistem password yang akan melindungi email. Password ini tidak akan mempengaruhi akun emailmu. Sayangnya, meski support multiple email service, aplikasi ini hanya bisa menggunakan satu akun saja.

Unroll.Me

Aplikasi ini hadirkan fitur untuk memudahkan kamu mengatur email yang tidak terbaca. Kamu akan mendapat pilihan untuk membaca email yang masuk, membuang email yang tidak terbaca atau membiarkan saya email tersebut inbox. Hal ini cocok untuk kamu yang malas membaca email dari orang atau perusahaan tertentu.

Ketika log in menggunakan akun email, aplikasi ini akan langsung mulai men-scanning inbox untuk mengetahui mana email yang penting mana email yang sampah. Nantinya, kamu akan mendapat sebuah tampilan untuk memudahkan kamu menghapus atau membuang email yang tidak terpakai. Kamu cukup swipe untuk menghapus email.

Mailburn

Berbeda dengan Unroll.Me, Aplikasi iPhone atau iPad ini menghadirkan kategori dalam bentuk tab. Kamu cukup masuk ke tab-tab dan menghapus email yang tidak kamu perlukan. Yang menarik dalam aplikasi ini ialah kemampuan untuk memprioritaskan atau mengutamakan email yang penting dibagian teratas. Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa berjalan dengan akun Gmail saja.

Dipster dan Meltmail

Membuat akun email baru menggunakan smartphone memang terkadang gampang-gampang susah. Kamu bisa mencoba menggunakan Dispter untuk membuat email sekaligus mengirim banyak email. Kamu hanya perlu menekan tombol Plus di layar. Nantinya, aplikasi akan men-scan alamat email yang ada di smartphone kemudian mengirim email. Untuk menghapus alamat email cukup slide ke kiri dan tap delete. Sayangnya, aplikasi ini tidak mumpuni untuk membalas pesan, hanya mengirim emal secara cepat saja.

Kamu juga bisa menggunakan MeltMail untuk mengirim email banyak secara cepat. Aplikasi ini akan membuat sebuah email baru yang terhubung ke email aslimu. Kamu bisa mengatur berapa lama alamat ini aktif dari 3 hingga 24 jam. Sayangnya kedua aplikasi ini tampil sedikit jadul dibanding aplikasi email lainnya.

Baca juga artikel
Pilihan Email Client Terbaik di Android
15 Aplikasi di iPhone 6 yang Banyak Kasih Manfaat ke Kamu
Update iOS 9.2.1 Bikin Ngebut Performa iPhone Lama

Artikel Lainnya

Komentar