Tips Menghemat Baterai Kamera Digital Pocket dan DSLR

Oleh Aris Wibowo updated Selasa, 15 Agu 2017 | 11:22


Image via MagicForWalls

Baterai menjadi bagian penting dalam kamera. Apalagi bila kamu sedang memotret diluar ruangan dan tidak membawa baterai cadangan. Tentu hal ini akan menjengkelkan dan merusaka rencana pemotretan.

Untuk itu kamu membutuhkan baterai yang lebih tahan lama sehingga bisa menunjang pemotretan, dan bisa memotret lebih banyak momen. Sayangnya, baterai kamera berkapasitas minim sehingga dibutuhkan strategi khusus agar baterai pada kamera bisa lebih hemat.

Berikut ini Pricebook suguhkan tips menghemat baterai kamera digital.

1. Matikan Fitur Review

Image via DigitalTrends

Salah satu cara menghemat baterai kamera digital ialah mematikan fitur review foto. Jadi kamu tidak perlu lagi melihat hasil jepretan di LCD. Memang ini akan terasa aneh bagi sebagian pengguna yang mencari foto sempurna. Kamu juga tidak perlu mengatifkan fitur live view dan hanya gunakan viewfinder untuk membidik subjek. Dengan berkurangnya dua fitur tersebut, membuat layar LCD tidak akan terlalu sering menyala.

2. Redupkan Layar

Ingat LCD 3 inci yang ada di kamera digital menjadi salah satu komponen yang boros daya. Maka kamu bisa mengurangi kecerahan LCD untuk menghemat baterai kamera. Namun, ingat hal ini bisa mempengaruhi saat kamu melihat hasil bidikan. Jadi atur kecerahan layar secara bijak.

3. Matikan Autofocus

Image via YouTube

Untuk pengguna kamera professional yang dibekali fitur autofocus, sebaiknya matikan fitur tersebut untuk menghemat baterai. Ingat, saat autofocus aktif, maka kamera akan terus mencari fokus subjek sehingga baterai daya lebih cepat terkuras. Maka gunakan manual fokus kala memotret.

4. Gunakan ISO Tinggi dan Matikan Flash

Bila kamera pocket milikmu dibekali built in flash, maka sebaiknya matikan fitur tersebut. Hindari penggunaan flash untuk menghemat baterai. Kamu juga bisa menggunakan setting ISO tertinggi agar kamera bisa lebih sensitive terhadap cahaya.

5. Jangan Memotret Sembarangan

Bila kondisi baterai sedang kritis, sebaiknya kamu memotret dengan lebih terarah. Jangan memotret sembarangan. Memotretlah dengan lebih selektif. Pikirkan baik-baik setting kamera dan subjek sehingga kamu tidak perlu mengulang berkali-kali pemotretan.

6. Matikan Sensor Cleaning

Pada beberapa kamera digital baik kamera pocket maupun DSLR, terkadang terdapat sensor bernama sensor cleaning. Sensor ini akan aktif setiap kali kamu menyalakan dan mematikan kamera. Untuk menghemat baterai, kamu bisa mematikan sensor ini. Meski sederhana, sensor ini ternyata cukup berpengaruh menguras baterai.

7. Matikan Fitur Image Stabilizer

Image via WonderHowTo

Kamu bisa mematikan fitur image stabilizer atau fitur vibration reduction. Kabarnya dengan mematikan fitur ini bisa menghemat baterai kamera hingga 20% lebih lama. Hal ini disebabkan fitur ini membutuhkan banyak energi untuk mengoperasikan elemen lensa agar lebih stabil. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan tripod agar kamera bisa lebih stabil dan mengurangi guncangan dan getaran saat memotret.

Terakhir kamu tetap harus memperhatikan fitur apa saja yang kamu matikan. Jangan sampai fitur yang dimatikan justru mempengaruhi kemampuan kamera menangkap gambar.

Selamat mencoba!

Baca juga artikel:

5 Lensa Kamera Mirrorless Terbaik 2017, Mana yang Paling Bagus?

Rekomendasi Kamera Mirrorless dengan Format Fullframe Terbaik

Bikin Foto Makro Bagus dengan Kamera Pocket? Begini Tipsnya

Artikel Lainnya

Komentar