13 Kesalahan Memotret Ini Pasti Pernah Kamu Alami Kala Motret

13 Kesalahan Memotret Ini Pasti Pernah Kamu Alami Kala Motret

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 07 Sep 2016 | 16:52

Kesalahan ketika memotret tentu saja dialami fotografer, baik pemula maupun profesional. Namun kesalahan memotret tersebut akan berlalu seiring jam terbang yang terus di asah. Berikut beberapa hal kesalahan memotret yang sering terjadi ketika memotret.

Selalu menempatkan subjek di tengah

Kebanyakan fotografer pemula memotret sebuah subjek atau pemandangan berpatokan pada bagian tengah. Ini menjadi kesalahan dasar fotografer baru. Terkadang kamu bisa memotret subjek atau pemandangan tidak harus selalu ditengah. Kamu bisa menempatkan subjek agak ke atas atau ke bawah atau ke pinggir sehingga gambar bisa lebih banyak unsurnya.

Bila kamu memotret landscape, jangan selalu berpatokan untuk membagi dua gambar antara langit dan bumi. Cobalah untuk bereksplorasi misalnya menempatkan seperempat bagian saja untuk langit. Jadi pemandangan akan semakin lebih luas. Ingat patokan rule of thirds dalam menempatkan subjek.

Jangan terlalu fokus pada subjek

Kesalahan fotografer pemula lainnya dalam memotret ialah terlalu fokus pada subjek. Kamu bisa memperhatikan hal lain disekitar subjek sehingga foto yang kamu hasilkan bisa lebih berwarna dan bermakna.

Memotong foto

Mungkin kamu sering menemukan foto yang sebetulnya menarik dari sisi subjek dan komposisi. Namun, ada saja bagian yang terkesan terpotong. Ini memang menjadi kesalahan banyak fotografer pada umumnya. Masih ada fotografer yang tidak sengaja memotong bagian dalam sebuah foto. Misalnya, kala memotret orang, sebaiknya selalu pastikan kamu memotret dari atas hingga bawah termasuk kaki. Dengan memasukan seluruh bagian, foto akan terasa lebih lengkap dan memenuhi frame.

Baca juga 10 Cara Terbaik Pasang Kamera ke Tripod Agar Tak Merusak Kamera

Kamera mahal bukan segalanya

Sebagian fotografer pemula masih beranggapan harga kamera yang mahal mampu menghasilkan foto yang bagus. Ingat ini adalah anggapan yang kurang tepat. Karena foto yang bagus itu dihasilkan dari kamera yang bagus, momen yang tepat, serta kemampuan sang fotografer dalam memotret. Kebanyakan fotografer yang sudah andal menghasilkan foto bagus tidak berpatokan pada kamera, namun berpatokan pada komposisi dan momen. Jadi teruslah berlatih.

Kesalahan mencari background

Salah satu kesalahan fotografer pemula ialah salah menempatkan subjek dan salah menggunakan background. Terkadang kamu memotret asal jepret dan ketika dilihat hasilnya ada sesuatu dibalik subjek tentu ini akan mengganggu. Maka selalu perhatikan baik-baik komposisi saat memotret.

Cobalah sudut pandang yang berbeda

Kamu mungkin sering menemukan beberapa foto dengan subjek yang sama dan posisi yang sama. Hal ini tentu akan membosankan. Maka cobalah kamu menggunakan sudut pandang yang berbeda. Kamu bisa menggeser posisimu memotret, misal dari arah samping atau dari arah atas. Cobalah bereksperimen.

Manfaatkan fitur-fitur kamera

Kamu mungkin memiliki kamera DSLR berharga puluhan juta rupiah. Namun kamera tersebut tidak akan berguna bila kamu selalu menggunakan mode auto saja. Sebaiknya, kamu mempelajari penggunaan kamera dengan lebih baik sehingga kamu bisa menggunakan kamera DSLR lebih jauh lagi. Kamu bisa mengatur manual setiing kamera sehingga hasil foto yang diinginkan lebih baik. Memang hal ini tidak mudah, pasalnya kamu akan memperlajari ISO, Aperture, dan Shutter Speed.

Baca juga Ingat Baik-baik 50 Tips Ini Agar Makin Jago Memotret- Part 1

Kurang sabar

Kesalahan yang sering terjadi kala memotret, baik menggunakan kamera DSLR ataupun kamera pocket ialah terlalu terburu-buru. Kamu mungkin sering memotret, menekan tombol shoot dan langsung menggerakkan kamera karena menganggap foto sudah terambil dan hasilnya foto terkesan blur. Maka selalu pastikan kamera kamu sudah mengambil gambar. Jangan terburu-buru, beri jeda agar kamera bisa memroses foto.

Selalu lupa mengecek setting kamera

Bagi sebagian pengguna kamera, setting kamera merupakan senjata andalan. Terkadang bagian ini bisa luput. Misal. Hari ini kamu memotret dengan setting A untuk memotret indoor. Keesokan harinya kamu harus memotret outdoor. Tentu bila kamu masih memotret dengan setting A hasil foto milikmu akan kacau balau. Maka sebaiknya, selalu cek setting kamera sebelum mulai memotret.

Posisikan kamera secara Vertikal

Kamu mungkin sering menggunakan kamera secara landsape atau horizontal. Ini memang memberikan sudut pandang yang lebih luas. Namun, cobalah untuk menggunakan kamera secara vertical. Pasalnya, tidak semua subjek bisa bagus difoto secara horizontal.

Malu bertanya sesat di jalan

Jangan malu untuk bertanya. Bila kamu memang belum memahami kamera atau teknik memotret cobalah bertanya pada seseorang yang ahli. Jangan sok pintar dan mengandalkan kamera mahal saja.

Jangan mudah panik

Kesalahan fotografer pemula lainnya ialah mudah panik. Sebagian fotografer memotret sebuah kejadian atau sebuah peristiwa dengan tenang sehingga hasil foto yang dihasilkan cukup baik. Beberapa fotografer pemula mungkin panik saat mengetahui sebuah kejadian. Alhasil beberapa foto yang dihasilkan tidak fokus dan tidak jelas.

all images credit to digital-photography-school.com

Baca juga artikel
Ingat Baik-baik 50 Tips Ini Agar Makin Jago Memotret- Part II
10 Tips Buat Pemula Untuk Meningkatkan Percaya Diri Ketika Memotret
Apa itu Histogram dan Bagaimana Cara Membacanya di Kamera DSLR

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 20 Januari 2016 - 11:02
bermanfaat sekali