Kumpulan Tips Mudah Untuk Smartphone dan Laptop

Kumpulan Tips Mudah Untuk Smartphone dan Laptop

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 15 Jan 2016 | 14:37

Kadang aneh kala kita mempunyai gadget keren seperti smartphone atau laptop tapi kita tidak bisa menggunakannya secara baik dan benar. Padahal jika kita tahu tips-tipsnya maka kita bisa mengoperasikan gadget kita menjadi lebih efektif dan efisien. Nah, melalui artikel ini Pricebook akan memberikan tips-tips menarik yang bisa kalian terapkan di gadget kalian. Ayo kita simak!

Tips Meningkatkan Kinerja Lenovo A6000

Lenovo menjadi salah satu produsen yang cukup memiliki nama di pasar Indonesia. Hal ini tampak dari laris manisnya produk Lenovo seperti salah satunya Lenovo A6000. Smartphone ini merupakan sebuah smartphone kelas menengah terbaik bahkan sudah dibekali fitur 4G LTE dan sistem Android yang cukup baik, Android KitKat yang bisa diupgrade ke Android 5.0 Lollipop. Meskipun dengan spesifikasi yang mumpuni, ternyata smartphone ini tetap membutuhkan sedikit tips dan trik agar performanya semakin maksimal. Berikut tips dan trik yang bisa kamu coba.

  • Wide Touch

Dalam user interface Vibe terbaru, Lenovo menghadirkan berbagai fitur baru, salah satunya Wide Touch. Fitur ini memungkinkan kamu untuk membuat icon kecil untuk mengakses berbagai aplikasi termasuk aplikasi kamera dan musik. Kamu bisa menempatkan icon kecil ini dibagian notification center.

  • Mengaktifkan Pocket Mode

Bila kamu sudah menggunakan Sistem Android Lollipop dalam Lenovo A6000 milikmu, Kamu bisa mengaktifkan Pocket mode. Kamu bisa mengakses fitur ini dengan masuk ke Settings > Ringtones and Volume, dan pilih mode pocket. Aktifkan mode ini untuk meningkatkan volume lebih keras ketika smartphone ditaruh di kantung dan saku.

  • Pocket Dial Prevention mode

Kamu juga bisa mengaktifkan fitur ini untuk melengkapi fitur pocket mode. Dalam fitur ini, Lenovo menghadirkan kontrol pintar yang memungkinkan perangkat memblokir panggilan keluar yang tidak sengaja terpencet, saat ponsel berada dalam saku. Kamu bisa masuk ke settings > lock screen option.

  • Mengatur screen manager

Seperti MIUI milik Xiaomi, Vibe UI akan memungkinkan kamu untuk mempercantik tampilan dengan banyak tema, wallpaper dan pengaturan lainnya. Tap bagian menu sekali. Kamu akan menemukan berbagai pilihan untuk mengedit layar, mengganti wallpaper atau menghapus dan menambah widget di home screens.

  • Super Power Mode

Lenovo terkenal sebagai produsen yang membuat smartphone dengan daya tahan baterai cukup baik. Untungnya, Vibe UI memiliki mode untuk menghemat baterai namanya mode super power. Kamu bisa mengaktifkan mode ini melalui Notification toolbar. Sekali kamu mengaktifkan mode ini, interface smartphone akan berganti menjadi versi basic. Hal ini dilakukan untuk menghemat baterai. Alhasil, smartphone hanya bisa digunakan untuk menelpon dan SMS.

Baca juga Cara Mengganti Tema Smartphone Android Tanpa Launcher

Tips Memaksimalkan Kinerja Samsung Galaxy Young

Samsung Galaxy Young mungkin bukanlah smartphone baru. Namun, smartphone ini ternyata masih memiliki banyak pengguna. Desain smartphone yang mungil dan spesifikasi yang cukup mumpuni membuat smartphone ini dipilih pengguna khususnya kalangan anak muda.

Bila kamu merasa smartphone Samsung Galaxy Young milikmu terasa kurang maksimal, kamu bisa mengikuti tips dan trik dibawah ini.

  • Share aplikasi Android

Ini merupakan tips dan trik yang menarik serta berguna dalam Galaxy Young. Kamu cukup buka menu dan tekan options dibagian kiri. Kamu nantinya akan menemukan dua pilihan. Pilihan pertama berupa ‘edit’ dan pilihan kedua  ‘share app via’. Klik bagian tersebut. Nantinya akan muncul daftar aplikasi yang bisa kamu pilih. Setelah memilih aplikasi, klik ‘done’. Kamu bisa memilih share via Bluetooth, via gmail, via facebook, via email dan lain-lain. Kamu bisa pilih via Bluetooth, jika ingin memindahkan aplikasi antar perangkat dengan lebih mudah.

  • Backup aplikasi Android

Kamu bisa melakukan backup aplikasi yang ada dalam Samsung Galaxy Y S-5360. Dengan back up ini kamu tidak perlu lagi mengunduh aplikasi dari play store bila suatu saat aplikasi tersebut terhapus. Untuk bisa melakukannya, kamu harus mengunduh dulu aplikasi bernama Android Assistant di Play Store. Setelah itu, kamu bisa membackup aplikasi Android dengan mudah.

  • Mengaktifkan Lockscreen Gingerbread

Samsung Galaxy Young memang smartphone entry – level dengan sistem operasi lama. Sayangnya, ponsel tersebut tidak dibekali fitur lockscreen yang baik. Untuk itu, kamu bisa mengunduh aplikasi bernama Widget Locker. Aplikasi ini akan menghadirkan 4 lockscreen yang bisa membantu keamanan smartphone.

  • Membuka atau mengextract file RAR

Membuka file RAR dalam smartphone bisa jadi hal yang sulit. Untungnya, dengan tambahan aplikasi bernama Androzip, kamu bisa membuka file RAR dengan mudah. Apalagi aplikasi Androzip ini menawarkan user interface yang mirip dengan aplikasi winrar versi komputer. Tak hanya membuka, kamu juga bisa membuat file Zip dengan mudah dalam Samsung Galaxy Young milikmu.

  • Meningkatkan performa

Kamu bisa meningkatkan performa Samsung Galaxy Y dengan mudah. Kamu bisa membersihkan file cache dan data-data yang tidak diinginkan untuk mengurangi pemakaian RAM dan memori penyimpanan. Ingat, dengan menjaga perangkatmu dari file dan aplikasi yang tidak berguna, performa smartphone ini akan meningkatkan.

Baca juga Cara Tepat dan Cepat Bikin Android Ngebut

Tips Meningkatkan Performa Baterai Huawei Honor 7Huawei Honor 7 menjadi salah satu smartphone dengan performa mumpuni dan spesifikasi yang cukup baik. Dalam smartphone ini terpasang prosesor HiSilicon Kirin 935 dengan sokongan RAM 3 GB. Smartphone ini juga menawarkan kamera yang luar biasa sehingga kamu bisa memotret dan merekam dengan lebih detail. Huawei juga membekali smartphone ini dengan kamera utama 20 MP dan kamera depan 8 MP. Sayangnya, dengan spesifikasi ini membuat baterai smartphone ini sedikit boros.

Bila hal ini menimpa perangkatmu, Berikut beberapa tips untuk membuat smartphonemu mengisi baterai lebih cepat dan lebih tahan lama.

  • Gunakan power saving

Untuk meningkatkan kemampuan baterai Honor 7, Kamu bisa menggunakan mode Power Saving. Dalam Setting power Saving, kamu akan menemukan tiga pilihan yakni performa, smart dan ultra. Kamu bisa menggunakan setting smart untuk meningkatkan kemampuan baterai hingga seharian. Menariknya, walaupun menggunakan mode power saving, performa smartphone ini tidaklah berkurang.

Bila baterai memang dalam kondisi terendah dan kamu sedang membutuhkan smartphone, kamu bisa mengaktifkan ultra mode. Mode ini akan mematikan beberapa fungsi dalam smartphone untuk meningkatkan kemampuan baterai beberapa jam. Alhasil, smartphone hanya bisa digunakan untuk menelpon dan SMS.

  • Mengaktifkan fast charging

Huawei Honor 7 hadir dengan fitur fast charging. Kamu bisa mengaktifkan fitur ini dengan mudah. Kamu hanya perlu masuk ke settings > power saving. Ketika diaktifkan, mode ini ternyata tidak mempengaruhi fitur lainnya. Namun, memang secara waktu, pengisian baterai menjadi lebih singkat.

Kamu juga bisa menggunakan Quick charger agar fitur ini semakin maksimal. Dari data yang ada, Huawei Honor 7 mampu mengisi hingga 98 persen dalam waktu 70 menit menggunakan quick charger 9V/2A, bandingkan dengan waktu yang sama hanya terisi 77 persen saat menggunakan charger bawaan.

  • Kenali aplikasi boros baterai

Untuk menghemat baterai, kamu bisa mematikan beberapa aplikasi yang boros baterai. Kamu bisa masuk ke settings > power saving. Dalam bagian ini, kamu bisa mengecek aplikasi yang boros baterai. Kamu cukup tap power-intensive apps untuk melihat info lebih jelas. Matikan aplikasi yang memang tidak dibutuhkan.

  • Matikan ponsel kala mengisi daya

Mematikan smartphone atau mengubah smartphone dalam mode airplane menjadi salah satu tips untuk meningkatkan kemampuan baterai atau meningkatkan waktu pengisian baterai. Bahkan dalam Honor 7, bila smartphone ini dimatikan, waktu pengisian meningkat menjadi dua kali lipat.

  • Matikan SIM card

Bila kondisi baterai sedang kritis, kamu bisa mematikan SIM card dalam smartphone Huawei. Dengan mematikannya, baterai yang tersisa akan fokus ke mesin sehingga smartphone bisa bertahan lebih lama. Kamu bisa masuk ke settings > dual card management.

Baca juga Cara Menghapus Pre-Installed Aplication untuk Melegakan RAM dan Menambah Space

Tips Mengatur Sistem Penyimpanan File yang Aman

Menyimpan, mengelola dan melindungi data yang sensitif merupakan proses yang rumit. Menurut laporan dari National Small Business Association, 50 persen dari usaha kecil atau perusahaan mengalami serangan cyber pada tahun 2014. Serangan cyber ini membuat kerugian rata-rata lebih dari 20.750 USD. Tak heran, sistem penyimpanan file yang aman terus dikembangkan.

Untuk kamu para pekerja yang sering menyimpan file penting dalam laptop atau komputer, inilah langkah – langkah yang harus dilakukan untuk mengatur sistem manajemen file yang aman, kuat dan mudah.

  • Mengidentifikasi kebutuhan

Langkah pertama dalam mengatur file ialah kamu harus menentukan jenis file dan jenis akses file. Pastikan file yang kamu simpan, apakah diperlukan oleh orang lain juga atau hanya kamu saja yang boleh mengaksesnya. Kalau, file yang kamu simpan harus diakses banyak orang, pastikan siapa saja yang bisa mengakses file tersebut. Kamu juga harus memisahkan mana file yang sangat penting dan selalu diakses, dan mana file yang tidak terlalu penting hingga file yang jarang diakses.

  • Menyimpan file penting di cloud

Perangkat penyimpanan Network Attached Storage (NAS) merupakan solusi yang tepat bagi pengguna untuk berbagi dan mengakses file, media dan lebih banyak lagi dari beberapa komputer dan perangkat. Kamu tidak perlu lagi repot menyambungkan perangkat dengan kabel USB, pengguna dapat mengakses data yang ada di cloud menggunakan jaringan wifi dan internet. Kamu bahkan bisa tetap mem-backup data yang tersimpan di NAS dengan mudah.

  • Optimalkan sistem untuk kinerja maksimal

Kamu harus memastikan juga untuk memperbaharui atau meng-update jaringan teknologi perangkat kamu. Kamu harus memastikan RAM dan Hard Drive dalam kondisi terbaik sehingga penyimpanan file lebih cepat dan aman. Teknologi yang selalu update akan memastikan pemindahan data lebih cepat dan tidak macet kala membaca file.

  • Kelola akses

Ketika kamu menyimpan file penting, kamu harus membatasi akses untuk keamanan file. Kamu bisa menerapkan sistem penyimpanan yang memungkinkan kamu untuk memberikan akses file kepada siapa yang membutuhkan. Kamu bisa memberitahu lokasi penyimpanan file penting kepada orang-orang yang memang sudah ditunjuk saja. ini akan memudahkan kamu untuk mengontrol keamanan file karena tidak sembarang orang yang bisa mengaksesnya.

  • Membuat strategi penamaan file

Untuk membuat aman file penting, kamu bisa mengubah nama file. Ubah nama file sehingga hanya kamu dan rekan kerjamu saja yang memahami bahwa file tersebut penting. Gunakan nama file yang bermakna, namun tetap singkat. Kamu bisa menggunakan gabungan tanggal dan singkatan lain sehingga file tetap mudah ditemukan. Kamu juga bisa mengelola file-file sesuai folder, misal dokumen keuangan, dokumen perjalanan dan lain-lain.

Baca juga Tips Sederhana Mendinginkan Mesin Notebook dan Laptop

Tips Mengaktifkan Fitur 4G LTE Dalam Galaxy S4Salah satu fitur menarik yang ditawarkan dalam Samsung Galaxy S4 ialah kemampuan untuk menggunakan jaringan LTE. Tak sembarangan fitur 4G LTE, dalam perangkat ini terdapat generasi ke empat LTE yang tentu saja lebih cepat untuk browsing internet dan komunikasi.

Namun, dalam setting bawaan pabrik ternyata Samsung Galaxy S4 masih menggunakan fitur 3G HSDPA. Tak heran, beberapa pengguna sempat bingung dan mengira produknya rusak. Padahal, kamu hanya perlu mengaktifkan fitur 4G LTE agar smartphone Galaxy series ini bisa digunakan di jaringan 4G LTE. Bila kamu masih bingung mengaktifkan fitur 4G LTE dalam Samsung Galaxy S4, Pricebook akan sajikan beberapa cara mudahnya.

Saat ini di Indonesia sudah cukup banyak operator yang menawarkan jaringan 4G LTE. Kamu juga harus mengecek terlebih dahulu ketersediaan jaringan 4G LTE di daerahmu sehingga smartphone samsung Galaxy S4 milikmu bisa dipasangi SIM card 4G LTE. Yang perlu diperhatikan, jaringan 4G LTE hadir dengan kecepatan yang cukup tinggi yakni 300 Mbps untuk download dan 90 Mbps untuk upload.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa tap menu Samsung Galaxy S4. Setelah itu masuk ke settings. Lalu, tap more network, pergi ke network mode. Pilih jaringan yang kamu kehendaki. Kamu bisa pilih 4G LTE atau pilih 3G HSDPA. Setelah itu tap OK dan apply new settings. Setelah itu, restart perangkat Samsung milikmu.

Samsung Galaxy S4 sendiri masih menjadi salah satu smartphone yang banyak digunakan di Indonesia. Smartphone ini mengandalkan layar berukuran 5 inci dengan resolusi Full HD dan teknologi Super AMOLED. Pada bagian mesin terpasang prosesor exynos 5 yang powerfull di eranya. Prosesor octa-core ini akan disokong RAM 2 GB dan GPU PowerVR. Smartphone ini menggunakan OS Android 4.2 Jelly Bean yang bisa diupdate hingga Android 5.0 Lollipop.

Untuk memori penyimpanan, Samsung menghadirkan memori 16 GB untuk versi rendah. Dibagian kamera, Samsung memasang kamera utama 13 MP dan kamera depan 2 MP. Spesifikasi ini tentu masih mumpuni hingga sekarang, apalagi dengan hadirnya fitur 4G LTE dalam perangkat ini.

Baca juga Trik Mengubah Smartphone Android Jadi CCTV

Tips Mencegah Baterai Smartphone Rusak Bahkan Meledak

Beberapa tahun lalu, sempat heboh berita mengenai meledaknya smartphone saat dicharge atau saat dibawa bepergian. Tentu hal ini terjadi karena berbagai alasan. Maka kamu harus memahami tips agar agar smartphone dan baterai tidak rusak bahkan meledak.

Sebelum membahas caranya, kamu harus memahami alasan mengapa sebuah smartphone atau baterai smartphone bisa meledak. Ada beberapa alasan serius yang menyebabkan hal ini mulai dari desain smartphone yang salah atau desain baterai yang salah.

Baterai Lithium menjadi salah satu baterai yang sering digunakan dalam smartphone. Hal ini disebabkan baterai ini hadir dengan teknologi thermal sehingga bisa melepaskan panas lebih baik. Ada juga teknologi yang memungkinkan baterai terjaga dari overcharging dan mencegah reaksi kimia. Maka tak heran baterai jenis ini memiliki harga yang lebih mahal. Alhasil banyak pengguna yang memilih menggunakan baterai asal-asalan yang lebih murah untuk mengganti baterai asli yang sudah menurun performanya.

Tak hanya itu baterai saat ini yang semakin tipis dan kecil, membuat ruangan penyimpanan menjadi lebih sempit. Alhasil beberapa smartphone mendesain bagian positive dan negative terlalu berdekatan. Maka, ini bisa menjadi alasan munculnya konsleting listrik.

Jadi, kasus meledaknya smartphone bukan salah dari baterai saja. Setidaknya, penyebab yang umum dari insiden ini ialah baterai dan charger yang tidak original. Biar tidak semakin panjang lebar, berikut Pricebook sajikan tips untuk mencegah smartphone dan baterai smartphone rusak.

  • Selalu gunakan baterai original untuk menggantikan baterai bawaan smartphone. Sebaiknya kamu mempertimbangkan daripada membeli baterai murah yang bisa menyebabkan kerusakan smartphone kamu.
  • Jangan letakkan smartphone kamu di area yang panas dan tertutup, khususnya saat di charge. Hal ini akan membuat masalah overheating yang serius dan meningkatkan suhu baterai lebih cepat.
  • Jika kamu mencharge smartphone lama, biarkan atau letakkan dalam kondisi yang berudara sejuk.
  • Jangan terlalu sering menggunakan smartphone saat keadaan sedang dicharge.
Baca juga Tips Mempercepat Proses Booting Windows 7

Tips Merawat Charger laptopAdaptor charger laptop merupakan aksesoris yang cukup penting dalam penggunaan laptop, khususnya bila baterai laptop kondisinya hampir habis atau sudah lemah. Jadi perangkat ini juga butuh perawatan agar kondisi dan performanya selalu terjaga. Pasalnya, bila charger laptop kamu rusak, kamu akan kesulitan mengisi baterai laptop dan tentu saja akan menganggu produktivitas kerjamu.

Untuk itu, Pricebook sajikan beberapa tips merawat charger laptop yang bisa kamu coba.

  • Jika charger laptopmu tidak bisa menyala atau tidak bisa digunakan untuk men-charge laptop, kamu jangan panik. Kamu harus mengecek dulu kabel-kabel charger. Bisa saja hanya kabel chargernya saja yang bermasalah. Pasalnya, kaber charger sering ditekuk dan bisa menyebabkan kabel di dalamnya putus.
  • Selalu gunakan charger laptop bawaan atau original. Sebaiknya selalu gunakan charger laptop bawaan. Kalaupun tidak ada charger bawaan, gunakan charger yang memilki spesifikasi yang sama dengan charger bawaan. Jangan asal menggunakan charger karena setiap charger memiliki tegangan yang berbeda.
  • Selalu pasang charger ke laptop terlebih dahulu sebelum menancapkan charger ke listrik. Metode ini yang paling benar. Cara ini akan mengurangi kerusakan pada motherboard.
  • Selalu tempatkan adapter di tempat yang kering dan bersuhu sejuk. Ingat charger bisa rusak karena temperature yang terlalu tinggi (panas) atau terlalu rendah (dingin).
  • Jangan biasakan mencharger laptop terlalu lama. Bila baterai laptop sudah terisi penuh, sebaiknya kamu copot jack charger yang ada di laptop. Lepas secara lembut jangan kasar.
  • Jangan menggoyang-goyangkan atau mengetuk charger laptop. Ini berbahaya karena bisa merusak komponen internal dalam charger laptop.
  • Selalu tempatkan charger laptop di area yang tidak mudah jatuh ketika sedang digunakan. Jangan letakkan charger secara menggantung. Letakkan pula jauh dari jangkauan anak-anak atau binatang peliharaan.
  • Selalu pastikan jack atau port dalam charger terlindungi. Pasalnya bagian ini mengeluarkan aliran listrik. Ditakutkan bila bagian ini rusak bisa menyebabkan konsleting dan merusak laptopmu kala di charger.

Selamat mencoba!

 

Baca juga artikel

Tips Memilih Micro SD yang Baik

Tips Agar Layar Sentuh Smartphone Tetap Nyaman Dipakai

Tips Memaksimalkan Windows 10 Untuk Gaming

Artikel Lainnya

Komentar