Cara Menghapus Pre-Installed Aplication untuk Melegakan RAM dan Menambah Space

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 07 Jan 2016 | 18:36

Tak perlu dipertanyakan lagi jika Android penuh dengan bloatware alias aplikasi-aplikasi yang tak pernah dipergunakan oleh pengguna smartphone. Aplikasi-aplikasi yang termasuk bloatware tersebut hanyalah sebagian dari pre-installed applications alias aplikasi bawaan Android. Tentunya aplikasi yang tak banyak dipergunakan ini mengurangi space penyimpanan file (ROM / Internal Storage) dan juga RAM karena mau tak mau aplikasi tersebut juga aktif di latar belakang. Oleh sebab itu menghapus sebagian atau seluruh aplikasi bawaan yang tak digunakan sudah tentu akan melegakan RAM dan juga internal storage sehingga kinerja smartphone semakin kencang.

Namun menghapus aplikasi bawaan ini tak seperti menghapus file foto atau video, sekali klik sudah hilang karena user tidak diberikan hak atau akses untuk menghapus aplikasi bawaan Android tersebut. Oleh sebab itu yang pertama harus kamu lakukan adalah membuat ponsel kamu rooted alias harus dirooting terlebih dahulu. Untuk cara Rooting ponsel Android, Pricebook akan berikan di artikel lain.

Setelah ponsel kamu berhasil dirooting, maka ada beberapa cara menghapus aplikasi bawaan Android:

Menggunakan System App RemoverUntuk menghapus aplikasi bawaan Android yang bikin ponsel kamu lag, download dulu aplikasi System App Remover disini. Aplikasi ini mengharuskan smartphone dalam keadaan Root (sudah dirooting). Aplikasi System App Remover ini gratis untuk dipergunakan.

Baca juga Trik Mengubah Smartphone Android Jadi CCTV

Setelah selesai mendownload dan menginstallnya, segera aktifkan aplikasi tersebut dan setelah beberapa saat akan muncul daftar aplikasi bawaan Android yang bisa kamu hapus. Jangan langsung main hapus, baca satu-satu dan ketahui fungsinya masing-masing. Jika telah yakin maka kasih centang pada setiap aplikasi yang ingin kamu hapus dan tekan “Delete”

Jika kamu merasa ada yang salah atau menyesal telah menghapus aplikasi-aplikasi bawaan tersebut, System App Remover juga bisa mengembalikan alias me-restore smartphone tersebut ke sistem aslinya.

Menggunakan Link2SDCara kedua adalah dengan aplikasi Link2SD yang bisa kamu download disini. Aplikasi ini juga mensyaratkan smartphone agar sudah dalam kondisi root. Langkah yang harus dilakukan adalah:

- Instal aplikasi Link2SD

- Siapkan MicroSD yang sudah dipartisi dan pasang di smartphone

Setelah Link2SD diaktifkan maka akan muncul Menu Utama file partisi kamu dan akan muncul notifikasi Super User (root) langsung saja klik “Allow” jika aplikasi menginginkan hak Super User.

Kemudian akan muncul daftar aplikasi bawaan Android yang bisa dihapus. Centang semua aplikasi yang ingin kamu hapus. Setelah selesai maka akan ada menu pilihan dan pilih “OK” jika kamu harus mengkonfirmasi penghapusan aplikasi bawaan tersebut.

Setelah berhasil dihapus, restart ponsel kamu dan bandingkan sekarang kinerjanya, pasti lebih cepat dan tidak lag lagi.

 

Baca juga artikel

Tips Agar Layar Sentuh Smartphone Tetap Nyaman Dipakai

9 Tips Mudah Merekam Video Berkualitas di Android

5 Hal Keren yang Bisa Dilakukan Pada Smartphone Jadul

Artikel Lainnya

Komentar