Tips Memilih Micro SD yang Baik

Tips Memilih Micro SD yang Baik

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 05 Peb 2016 | 12:09

Terkadang kamu menyimpan berbagai data dan file dalam sebuah smartphone. Sayangnya, smartphone memiliki memori internal yang terbatas. Alhasil, kamu harus menggunakan micro sd sebagai memori tambahan. Namun, ternyata memilih micro SD tidak bisa sembarangan. Sering kali ditemui laporan beberapa pengguna gadget yang melaporkan micro sd miliknya rusak dan sudah tidak bisa terbaca lagi. Untuk itu, kamu harus pandai dalam memilih micro SD yang baik dan benar. Berikut tips dan triknya.

Brand

Saat ini beredar cukup banyak microSD di pasar Indonesia. Kamu bisa menemukan merk yang abal – abal, ada juga merk yang berkualitas dari produsen ternama. Untuk itu, kamu harus mengecek setiap merk agar bisa menemukan microSD yang tepat. Ingat jangan berpatokan pada harga yang murah.

KapasitasDalam dunia penyimpanan, setidaknya ada tiga jenis kartu microSD yakni, microSD berukuran 1 -4 GB, MicroSD High Capacity berukuran  8 – 16 GB dan MicroSD Extender Capacity berukuran 32 – 128 GB. Perlu diingat semua kapasitas tersebut tidak 100% real. Biasanya hanya 92% dari yang tertulis misal microSD 8 GB memiiki kapasitas sebenarnya hanya 7,4 GB.

Baca Juga Kenali Apa Itu Jenis SD Card, Mini SD, Micro SD, dan SDHC

Kebutuhanmu

Dalam memilih microSD, kamu juga perlu memahami kebutuhanmu. Apakah kamu suka menyimpan file besar seperti video, film dan musik. Atau Cuma sekadar menyimpan file – file kecil. Hal ini penting untuk menentukan kapasitas microSD yang hendak dipilih.

Untuk kamu yang gemar menyimpan lagu dan file kerjaan lainnya, mungkin kapasitas memori 4 – 16 GB sudah cukup. Namun, bila kamu gemar menyimpan video atau foto dan games, kamu bisa memilih memori hingga 32 GB.

Perhatikan daya memori smartphonemu

Beberapa smartphone saat ini dibekali kemapuan untuk membaca microSD yang berbeda – beda. Ada yang hanya 4 GB, 32 GB atau bisa 128 GB. Jadi sebelum membeli, pastikan dulu perangkatmu support microSD dengan kapasitas berapa. Jangan sampai, kamu membeli microSD berkapasitas besar misal 64 GB ternyata smartphone milikmu hanya support 32 GB. Tentu saja microSD 64 GB tersebut tidak bisa terdeteksi.

Perhatikan kelas microSD

MicroSD hadir dalam berbagai kelas, misal kelas 4, kelas 6 dan kelas 10. Kelas ini menunjukkan fitur yang diusung microSD tersebut. Contohnya MicroSD klas 10 bisa merekam video Full HD tanpa lag dan bisa lebih cepat memindahkan data.

 

Baca juga artikel

Kingston MicroSDXC Class 10 UHS-I, MicroSD Jumbo 128 GB

Kedepannya Smartphone Xiaomi Tak Lagi Gunakan Slot MicroSD

HTC Desire 728G Melenggang di India Mendukung MicroSD 2TB, Indonesia?

Komentar