Trik Mengubah Smartphone Android Jadi CCTV

Oleh Alena Yulitta on Rabu, 06 Jan 2016 | 16:39

Jaman sekarang faktor keamanan menjadi sangat penting seiring meningkatnya angka kejahatan yang terjadi akhir-akhir ini. Selain itu faktor kelalaian manusia juga turut mendukung maraknya aksi kejahatan. Oleh sebab itu ada baiknya rumah atau properti yang berharga selalu diawasi ketika ditinggal pergi. Untuk hal ini sebuah CCTV sangat diperlukan. Kamu bisa membuat CCTV murah meriah dengan smartphone Android kamu yang jarang atau sudah tak terpakai karena kamu punya yang baru. Cara mengubah smartphone Android jadi pun juga cukup mudah dan Pricebook akan memberikan caranya berikut ini.  

Untuk mengubah smartphone Android jadi CCTV maka yang diperlukan adalah aplikasi CCTV Android yang bisa kamu unduh dengan gratis di Google Play. Ada beberapa aplikasi yang disarankan oleh Pricebook antara lain:

Kamu bisa memilih salah satu aplikasi diatas atau aplikasi yang sejenis di Play Store. Namun untuk trik kali ini Pricebook akan mempergunakan IP Webcam, yang selain gratis juga mudah dan bisa diinstall pada smartphone yang agak jadul. Untuk melihat tampilan CCTV di PC maka kamu juga butuh Video LAN-VLC atau mudahnya di PC kamu harus ada VLC Media Player (bisa dengan mudah didownload dari internet).

Untuk memulai proses mengubah smartphone kamu jadi CCTV perlu dipahami dulu bahwa cara kerja IP Webcam ini harus dengan satu jaringan wifi antara ponsel dan komputer jadi diasumsikan di rumah kamu sudah ada jaringan wifi yang aktif.

Baca Juga Tips Agar Layar Sentuh Smartphone Tetap Nyaman Dipakai

Langkah 1:

Install IP Webcam di Smartphone dan VLC Media Player di PC/Laptop

Langkah 2:

Buka aplikasi IP Webcam di ponsel dan buka menu setting. Scroll kebawah dan klik pada menu paling bawah yaitu “Start Server” selanjutnya akan terlihat ada URL yang tertera pada bagian bawah. Kamu catat URL tersebut dan selanjutnya pindah ke PC.

Langkah 3:

Aktifkan VLC Media Player dan buka pada menu “Media” > buka tab “Jaringan” dan kemudian masukkan URL yang diambil dari smartphone tadi ke kolom “masukkan URL Jaringan” alamat URL yang harus dimasukkan biasanya seperti ini: http://URL/videofeed (contoh: http://192.168.43.83.8080/videofeed).

Setelah URL dimasukkan, lihat pada bagian bawah dan klik “Play”

Langkah 4:

Untuk menstabilkan gerakan video, buka menu playback > Speed > Faster (untuk mempercepat gerakan video).

Sekarang lihat tampilan gambar di VLC Media Player kamu. Nah jika sudah selesai, letakkan smartphone di tempat yang menghadap area yang ingin kamu awasi. Awas jangan disalahgunakan dengan memasangnya di kamar mandi atau tempat dengan privasi yang lain.

 

Baca juga artikel

9 Tips Mudah Merekam Video Berkualitas di Android

5 Hal Keren yang Bisa Dilakukan Pada Smartphone Jadul

4 Aplikasi Milik Sony yang Bisa Digunakan di Smartphone Lain

Artikel Lainnya

Komentar