Tips Membersihkan Layar Sentuh Laptop

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 05 Jan 2016 | 11:27

Saat ini layar sentuh sudah tidak lagi didominasi perangkat smartphone dan tablet. Beberapa produsen laptop pun mulai menggunakan teknologi layar sentuh pada produk laptop untuk memberi kemudahan pengoperasian.

Tak heran, laptop dengan layar sentuh biasanya layarnya cepat kotor dibanding layar laptop tanpa fitur layar sentuh. Layar sentuh yang kotor tentu membuat pengoperasian tidak nyaman dan tidak responsive.

Namun, tahukah kamu? Bahwa membersihkan layar sentuh pada laptop tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Untuk itu, Pricebook sajikan tips untuk membersihkan layar sentuh pada laptop.

Gunakan kain microfiber

Kamu tidak harus membeli produk pembersih yang berharga mahal. Layar sentuh memang teknologi modern. Namun, untuk membersihkannya kamu cukup menggunakan peralatan sederhana. Kamu bisa menggunakan kain microfiber untuk membersihkan layar. Bila kamu tidak memilikinya, kamu bisa membelinya atau menggunakan microfiber yang sama untuk membersihkan kacamata.

Gunakan layar berwarna terang

Untuk memudahkan kamu membersihkan layar sentuh laptop, kamu harus menyalakan background berwarna terang. Cara mudahnya, kamu bisa membuka dokumen Microsoft Word baru. Dengan wallpaper terang, kami bisa melihat debu atau kotoran dilayar dengan lebih murah.

Baca Juga Tips Mempercepat Proses Booting Windows 7

Gosok perlahan dan searah

Cobalah bersihkan layar dengan menggosok layar perlahan dan tidak terlalu keras. Cobalah menggosok layar secara horizontal. Jika masih kurang bersih, cobalah gosok perlahan secara vertical.

Gunakan cairan pembersih

Bila layar sentuh pada laptop masih tampak kotor, kamu bisa membersihkan dengan tahap yang lebih serius. Kamu bisa menggunakan bantuan air biasa atau pembersih kaca untuk membersihkan layar.

Matikan perangkat laptopmu agar tidak terjadi hal yang diinginkan mengingat pembersihan kali ini menggunakan cairan. Setelah laptop mati, kamu bisa menyemprotkan air atau cairan pembersih ke kain microfiber lalu mengusapkannya ke layar. Ingat jangan secara langsung menyemprotkan cairan ke layar. Setelah dirasa bersih, kamu bisa keringkan layar menggunakan kain microfiber yang lain. Jangan nyalakan laptop hingga layar benar – benar kering.

Jangan Gunakan bahan kimia

Perlu diingat, kebanyakan perangkat touch screen dibekali teknologi Oleophobic yang merupakan lapisan anti minyak yang berasal dari jari. Jadi hindari penggunaan bahan kimia dalam membersihkan layar sentuh.

Ganti anti gores

Bila layar sentuh di laptop masih tampak kotor, mungkin sudah saatnya kamu mengganti pelindung anti gores. Sehingga layar bisa kembali tampak baru.

Selamat mencoba!


*all image credit to WikiHow and Google

 

Baca juga artikel

Tips Memaksimalkan Windows 10 Untuk Gaming

Cara Mudah Membersihkan Mouse Optical dan Mekanik

Kamu Harus Lakukan 6 Hal Ini Jika Punya Laptop Baru!

Artikel Lainnya

Komentar

PomadeMan 05 Januari 2016 - 17:16
thanks gan bermanfaat banget nih
Samyang 06 Januari 2016 - 13:35
tipsnya bermanfaat sekali