Diperbaharui pada Jumat, 6 Januari 2023 | 13:27

6 Cara Membersihkan Layar Laptop Touchscreen yang Aman

tips membersihkan layar laptop touchscreenFoto: CNN

Saat ini layar sentuh atau touchscreen sudah tidak lagi didominasi perangkat smartphone dan tablet. Beberapa produsen laptop pun mulai menggunakan teknologi layar sentuh pada produk laptop untuk memberi kemudahan pengoperasian.

Makanya, tidak heran jika laptop dengan layar sentuh biasanya menjadi cepat kotor dibandingkan dengan laptop yang menggunakan jenis layar biasa.

Karena penggunaanya dengan sentuhan, maka adanya bekas sidik jari adalah sesuatu yang tidak bisa dihindarkan. Layar sentuh yang kotor ini tentunya membuat pengoperasian tidak nyaman dan kadang membuat layar jadi tidak responsif. Solusinya adalah dengan membersihkannya secara rutin setiap habis dipakai.

Cara Membersihkan Layar Laptop Touchscreen

Berbeda dengan layar laptop biasa pada umumnya, jenis layar touchscreen perlu mendapatkan perawatan dua kali lebih serius, karena itulah, membersihkan layar sentuh pada laptop tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Layar laptop touchscreen jauh lebih sensitif bila dibandingkan dengan layar laptop biasa, sehingga dibutuhkan jenis perawatan yang agak berbeda. Kerusakan kecil saja pada layar, dapat membuatnya tidak berfungsi dengan baik.

Bila ini pertama kalinya Anda akan melakukannya, berikut cara membersihkan layar laptop touchsceen yang aman.

1. Gunakan Kain Microfiber

kain microfiberFoto: Pixabay

Anda tidak harus membeli produk pembersih yang berharga mahal. Layar sentuh memang teknologi modern, namun untuk membersihkannya cukup dengan menggunakan peralatan sederhana.

Salah satu cara yang kami sarankan adalah dengan menggunakan kain microfiber untuk membersihkan layar laptop touchscreen.

Usah permukaan layar secara perlahan dengan menggunakan kain microfiber. Bila kotor pada layar touchsceen disebebkan oleh bekas sidik jadi, maka mengelapnya dengan kain ini sudah lebih dari cukup.

Bila Anda tidak memilikinya dan kebetulan sebagai pengguna kacamata, maka microfiber yang sama bisa juga dipakai.

2. Pilih Wallpaper Putih/Hitam Selama Membersihkan

tips membersihkan layar laptopFoto: Pixabay

Untuk memudahkan Anda ketika akan membersihkan layar sentuh laptop, ganti wallpaper laptop dengan warna terang atau gelap. Dengan wallpaper terang, kami bisa melihat debu atau kotoran yang menempel pada permukaan layar dengan lebih murah.

Wallpaper putih bisa ditampilkan bila kotoran pada layar tergolong berat. Sedangkan kotoran ringan, akan mudah terlihat jika layar gelap.

3. Gosok Perlahan dan Searah

membersihkan layar laptopFoto: WikiHow

Ketika menggosok layar laptop touchsceen, baik dengan kain microfiber, atau jenis kain lap lainnya yang halus, lakukan dengan cara menggosok layar perlahan dan jangan ditekan terlalu keras.

Untuk langkah awal, cobalah menggosok layar secara horizontal. Jika diirasa masih kurang bersih, cobalah lagi dengan menggosok perlahan secara vertical. Setiap menggosok, jangan mengubah haluan, pilih salah satu arah saja.

4. Gunakan Cairan Pembersih Khusus

cairan pembersih layar
Bila layar sentuh pada laptop touchsceen masih tampak kotor setelah di lap, ini artinya kotoran yang menempel cukup berat. Anda bisa membersihkan dengan tahap yang lebih serius, dengan bantuan air atau cairan pembersih yang khusus untuk membersihkan layar.

Karena menggunakan media cair, pastikan untuk mematikan perangkat laptop sebelum memulai proses pembersihan, agar tidak terjadi kesalahan atau konslet.

Setelah laptop mati, Anda bisa menyemprotkan air atau cairan pembersih tersebut ke kain microfiber lalu mengusapkannya ke layar.

Satu hal yang perlu diingat, jangan menyemprotkan cairan pembersih secara langsung ke layar laptop. Setelah dirasa bersih, keringkan layar menggunakan kain microfiber yang lain yang kering. Jangan nyalakan laptop dulu hingga layar benar-benar kering.

5. Jangan Gunakan Bahan Kimia

no chemicals
Selain cairan pembersih khusus layar, jangan gunakan jenis cairan pembersih lainnya. Karena pada umumnya perangkat touchscreen dibekali dengan teknologi Oleophobic yang merupakan lapisan anti minyak/keringat, karena penggunaannya melalui sentuhan jari.

Jadi hindari penggunaan bahan kimia dalam membersihkan layar sentuh, selain tidak aman, juga bisa merusak permukaan layar.

6. Gunakan Pelindung Anti Gores

laptop screen protector
Bila layar sentuh laptop mudah sekali kotor karena sering digunakan, mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan pelindung layar anti gores.

Hal tersebut akan mempermudah ketika layar kotor, karena akan lebih mudah membersihkannya dengan kain microfiber. Selain itu, bila tingkat kotornya sudah tinggi, kita tinggal ganti dengan lapisan pelindung yang baru.

Itu dia cara membersihkan layar laptop touchsceen dengan aman. Tentunya hal ini harus dilakukan secara rutin agar laptop touchsceen tetap terawat dan awet untuk digunakan pada jangka waktu yang lama. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1494 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.