Kamu Harus Lakukan 6 Hal Ini Jika Punya Laptop Baru!

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 29 Des 2015 | 16:55

Perlu diperhatikan, komputer atau laptop baru berbeda dengan mobil atau motor baru yang bisa langsung dipakai. Memang sebagian besar perangkat komputer bisa langsung dipakai namun tentu tidak akan maksimal. Ternyata ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan pada komputer atau laptop barumu sebelum dipakai?

Cek sistem operasi

Hal ini perlu kamu lakukan, bila komputer atau laptop milikmu menggunakan sistem operasi bawaan resmi. Kamu bisa mulai mengecek sistem operasi yang digunakan termasuk update sistem bila memang ada. Kamu bisa masuk ke Control panel > System and security > Windows update > Check fot update. Nantinya, sistem akan mencari update. Download update tersebut dan install. Setelah itu, reboot perangkatmu. Update ini diperlukan agar performa perangkatmu tetap optimal.

Install browser favoritmu

Browsing menjadi salah satu kegiatan wajib yang dilakukan pada komputer dan laptop. Maka kamu bisa menginstal browser yang menurutmu paling nyaman. Kamu bisa memilih antara chrome, opera hingga firefox. Pasalnya, browsing menggunakan browser bawaan perangkat terasa lambat dan kurang menyenangkan.

Aktifkan anti virus

Dalam perangkat windows 8, sistem Windows defender selalu aktif secara default. Namun, jika anti virus bawaan terasa kurang mempan, kamu bisa mematikan dan menggantinya dengan anti virus pihak ketiga seperti Norton dan AVG.

Baca juga: Tips Menjaga Kualitas Laptop Bagi Pemula

Pindahkan data lamamu

Bila kamu memiliki data – data penting dari perangkat lamamu, segera pindahkan data tersebut ke perangkat barumu. Selalu tempatkan data – data di drive selain drive C. Hal ini untuk menjaga bisa sewaktu-waktu perangkat harus diinstal ulang, data- data penting tidak terhapus.

Hapus atau matikan program

Terkadang laptop atau komputer bawaan mengusung program-program bawaan yang cukup banyak. Program  tersebut tentu makan memori sehingga menurunkan performa. Ada baiknya, kamu menghapus atau mematikan program- program yang memang tidak kamu pakai atau tidak dibutuhkan.

Atur mode power setting

Kamu juga bisa mulai mengatur mode power setting dari perangkatmu. Kamu bisa mengatur mode power ke saving mode atau ke performance mode. Kamu juga bisa mengatur kecerahan layar untuk menghemat baterai.

Baca juga artikel
Razer Leviathan Mini, Speaker Bluetooth Bersuara Super
Ini Dia Game Apple of The Year 2015
Tips Meningkatkan Performa Windows 10 di PC Jadul

Artikel Lainnya

Komentar