Tips Meningkatkan Performa Windows 10 di PC Jadul

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 29 Des 2015 | 16:40

Seperti diketahui, PC hardware terus berkembang guna meningkatkan performa dan kecepatan kala digunakan. Begitu juga dengan software termasuk sistem operasi, bagian ini juga turut berkembang agar bisa mengimbangi performa mesin yang meningkat. Bila kamu pengguna Windows 7 yang mengupgrade sistem ke Windows 10, tentu akan sedikit merasakan penurunan kinerja perangkat PC. Walaupun demikian, ternyata ada beberapa tips agar performa Windows 10 tetap cepat meski di hardware lama. Berikut ulasannya.

Batasi Proses Startup

Banyak sekali program yang ikut menyala ketika pertama kali kamu menghidupkan perangkat. Padahal tidak semua program yang menyala tersebut kamu butuhkan. Untungnya dalam Windows 10, kamu bisa mengatur batas proses startup. Kamu bisa mengurangi program yang menyala saat startup sehingga waktu boot semakin cepat.

Untuk membatasi program kamu bisa masuk ke Task Manager dengan menekan tombol ctrl – shift – esc bersamaan. Nantinya kamu akan menemukan berbagai program yang berjalan di Windows startup. Maka, pilih program yang tidak kamu butuhkan, misalnya matikan iTunes.

Bersihkan memori

Menu disk clean up memang sudah hadir di start menu semenjak generasi-generasi awal sistem Windows. Program ini akan menghapus semua file sampah, offline web page, installer file yang tidak dibutuhkan. Maka selalu bersihkan kamputer atau laptopmu secara berkala dengan Disk Clean up.

Baca juga: 9 Tips Mudah dan Cepat Jadi Pintar Menjalankan Windows 10

Tambah RAM

Windows 10 sejatinya tidak membutuhkan memori yang terlalu besar. Namun, bila ingin meningkatkan performa, menambah memori RAM bisa jadi jalan yang tercepat. RAM yang besar akan membuat kinerja prosesor lebih terbantu sehingga performa semakin cepat dan bisa multitasking dengan lancar.

Aktifkan anti virus

Kamu sebaiknya selalu mengaktifkan anti virus seperti Windows defender atau anti virus lainnya. Pasalnya, virus atau malware bisa menurunkan performa sistem dan hardware-mu. Maka selalu aktifkan real protection time agar perangkatmu selalu terlindungi.

Ubah mode power settings

Cara ampuh berikutnya untuk meningkatkan performa Windows 10 tentu dengan mengubah mode power setting ke mode maximum performance. Dengan mode ini, semua sistem akan bekerja dengan high performance. Sayangnya, mode ini akan boros baterai.

Matikan fitur search indexing

Apabila perangkatmu termasuk perangkat low-power. Maka kamu bisa mematikan fitur search indexing. Pasalnya fitur ini memakan cukup banyak memori. Kamu bisa mematikan fitur ini dengan masuk ke Control panel.

Baca juga artikel
Razer Leviathan Mini, Speaker Bluetooth Bersuara Super
Ini Dia Game Apple of The Year 2015
Tips Menjaga Kualitas Laptop Bagi Pemula

Artikel Lainnya

Komentar