9 Tips Mudah Merekam Video Berkualitas di Android

9 Tips Mudah Merekam Video Berkualitas di Android

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 29 Des 2015 | 13:24

Di era modern saat ini, kamu bisa merekam video yang lebih baik dibanding smartphone jadul. Pasalnya, smartphone saat ini sudah dibekali kamera resolusi tinggi, fitur video 4K hingga teknologi video image stabilization. Tak hanya itu, smartphone saat ini juga sudah dibekali aplikasi dan fitur yang lebih lengkap untuk memotret.

Lalu, bagaimana cara tepat merekam video melalui smartphone Android? Berikut Pricebook sajikan tips merekam video agar terlihat berkualitas.

Bersihkan lensa kamera

                                                                                                                        via CNET

Ini memang tampak konyol, namun sangat berguna. Jadi sebelum merekam, kamu bisa membersihkan lensa dengan lap bersih.

Jangan menutup Microphone

Ini harus menjadi perhatian penting bagi kamu saat merekam video di smartphone. Pastikan kamu menggenggam smartphone dengan benar. Sebaiknya perhatikan letak microphone sehingga suara rekaman video semakin maksimal.

Gunakan kedua tangan

Memegang smartphone dengan kedua tangan saat merekam lebih baik jika dibandingkan bila hanya merekam dengan satu tangan saja. Dengan kedua tangan, kamu bisa merekam video lebih stabil dan lebih halus. Ini juga menjadikan smartphone lebih aman (menghindari jatuh) bila kamu merekam dengan smartphone.

Selalu merekam secara horizontal

Sebaiknya selalu merekam dengan smartphone dalam posisi horizontal. Gunakan horizontal line atau frame sehingga video nampak lebih baik untuk dinikmati.

Baca juga: Tips Memotret dengan Ponsel Saat Travelling Ala Nadine Candrawinata

Perhatikan area kontras warna

Kamu juga harus berhati-hati dalam merekam video. Kamu perlu memperhatikan area yang terang atau area yang gelap. Pasalnya, smartphone akan bekerja lebih keras untuk menyeimbangkan kedua area tersebut. Maka selalu tempatkan dirimu dalam posisi yang pas sehingga video tidak tampak banyak kontras warna.

Baterai yang penuh

Merekam dengan perangkat apa pun, kamu perlu memperhatikan baterai. Apalagi bila kamu merekam video 4K yang boros baterai. Jadi pastikan baterai smartphonemu dalam kondisi penuh. Kamu bisa menggunakan baterai cadangan atau powerbank bila terpaksa.

Memori internal yang besar

Merekam video 4K memang mengasyikan. Namun, sayangnya video ini membutuhkan memori penyimpanan yang sangat besar. Maka selalu pastikan smartphonemu memiliki memori yang cukup lega sebelum mulai merekam.

Hindari penggunaan digital zoom

Digital zoom merupakan fitur yang kurang mumpuni dalam merekam video. Fitur ini membuat hasil video tampak blur. Untuk mengakalinya, kamu bisa mendekatkan kamera secara manual saja.

Gunakan fitur HDRBila smartphone milikmu support HDR, kamu bisa menggunakan fitur ini untuk merekam video sehingga tampilan warna lebih jelas dan detail.

All images credit to Google Image Search

Baca juga artikel
4 Smartphone Terbaik Berlayar Kecil yang Bisa Kamu Miliki
Tips Memotret Langit Malam Hari Menggunakan LG G4
5 Tips Kamera Samsung Galaxy Note 4 Agar Hasil Foto Lebih Keren

Artikel Lainnya

Komentar