Cara Mengembalikan Performa Ponsel Jadul Agar Kembali Gesit

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 17 Des 2015 | 19:15

Setiap bulannya, dunia gadget kedatangan banyak produk baru baik smartphone dan tablet. Namun, tak jarang masih banyak pengguna gadget yang setia akan gadget lamanya. Terkadang, pengguna smartphone lama ini masih nyaman dengan perangkat mereka atau mereka memang belum memilki dana untuk membeli gadget baru.

Untuk kamu yang masih memiliki smartphone lama berusia dua tahunan, jangan berkecil hati. Kamu masih bisa melakukan beberapa tips agar smartphone lamamu kembali prima.

Factory Reset

Salah satu cara agar smartphone lamamu kembali prima dengan performa yang lebih baik ialah dengan melakukan factory reset. Dengan factory reset, smartphone kamu akan memiliki performa layaknya kondisi baru. Tak hanya itu, langkah ini juga membuat berbagai masalah yang awalnya ada di smartphone kamu hilang karena smartphone kembali ke settingan awal dari pabrikan.

Langkah ini memang menjadi langkah terampuh untuk mengembalikan performa smartphone lama. Sayangnya, langkah ini akan menghapus berbagai data dan setting yang selama ini ada di smartphone kamu. Maka sebelum melakukan factory reset, kamu harus memback up dulu smartphone kamu.

ROOT

Salah satu perbedaan smartphone lama dengan smartphone baru ialah sudah tidak adanya garansi. Maka kenapa tidak root saja smartphone lamamu? Root memang menjadi langkah yang dihindari bila kamu memiliki smartphone terbaru. Namun untuk smartphone lama, langkah ini bisa kamu lakukan untuk meningkatkan performa smartphone lamamu.

Kamu bisa menjelajahi berbagai grup dan forum smartphone milikmu untuk mengikuti langkah–langkah root smartphone milikmu. Dengan ROOT, smartphone lamamu bisa menggunakan custom ROM. Alhasil, bila awalnya smartphone milikmu hanya menggunakan OS Android ICS, kamu bisa mengupdate ROM rasa Lollipop. Yang perlu diingat, lakukan semua langkah dengan cermat dan teliti. Ingat resiko ditanggung sendiri.

Baca juga: Hal Yang Boleh dan Tidak Dilakukan Saat Ponsel Terkena Air

Gunakan Theme dan Launchers

Untuk menyegarkan user interface smartphone lamamu, kamu bisa menggunakan launchers, tema, icon yang baru dan unik. Cara ini bisa kamu terapkan tanpa resiko karena tidak membutuhkan akses root. Tak hanya itu, bila kamu bosan, kamu bisa meng-uninstalnya dengan mudah.

Beli Baterai baru

Setelah dua tahun digunakan, tentu performa baterai juga menurun. Kamu sebaiknya siapkan powerbank atau kalau perlu membeli baterai baru.

Selamat Mencoba!

 

Baca juga artikel

4 Langkah Ini Mampu Mempercepat Pengisian Baterai Ponsel

Tips Meningkatkan Kualitas Suara Smartphone Android

Aplikasi Terbaik Untuk Merekam Kegiatan di Android

Artikel Lainnya

Komentar

Samyang 18 Desember 2015 - 11:28
sangat bermanfaat nih infonya
Indah Dewi Setiawati 01 Januari 2016 - 09:58
Bagus infonya bermanfaat
Risky Wijaya Praba Saputra 04 Januari 2016 - 08:47
wuih kebetulan ane banyak hp jadul ngedekem di rumah heuheu