Tips Meningkatkan Kualitas Suara Smartphone Android

Tips Meningkatkan Kualitas Suara Smartphone Android

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 08 Des 2015 | 09:25

Smartphone saat ini sudah memiliki beragam fungsi. Tak hanya sebagai perangkat komunikasi, smartphone dan tablet bahkan sudah menjadi sarana hiburan. Sayangnya, tidak semua smartphone dibekali kualitas speaker yang cukup baik atau volume maksimal untuk menghasilkan kualitas suara terbaik. Kedua faktor tersebut termasuk tambahan penempatan speaker menjadi faktor yang menyebabkan beberapa smartphone tidak bisa menghasilkan kualitas suara yang bagus dan jernih. Berikut ini Pricebook ulas sedikit tips untuk membantu kamu meningkatkan kualitas suara smarthphone Android.

Mengetahui letak speaker dengan tepat

Ini memang tampak aneh, namun hal yang cukup penting. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu posisi speaker pada smartphone milikmu. Kebanyakan smartphone hadir dengan semacam lubang pada bagian bodi belakang. Beberapa lainnya hadir dengan microscopic speaker grils yang tersembunyi. Jadi pastikan terlebih dahulu sumber suara berasal. Jika kamu sudah mengetahui posisi speaker, kamu bisa menempatkan speaker sehingga speaker tidak terhalang dan suara yang keluar lebih keras dan jelas.

Jangan gunakan cover

Jika smartphonemu dibekali softcase atau cover pelindung, sebaiknya lepaskan bila ingin hasil suara lebih maksimal. Beberapa softcase ternyata menghalangi suara yang keluar. Tak hanya itu, getaran dari plastik atau karet dari cover juga mengganggu.

Baca juga: Aplikasi Terbaik Untuk Merekam Kegiatan di Android

Tambahkan Equalizer

Beberapa smartphone saat ini sudah dibekali default audio controls. Beberapa smartphone juga sudah dibekali Equalizer atau EQ yang standar. EQ ini akan bekerja dengan aplikasi music bawaan namun tidak akan berpengaruh bila menggunakan aplikasi lain.

Jadi tidak ada salahnya mencari aplikasi equalizer di play store untuk meningkatkan hasil suara, diantaranya:

Music Volume EQ
Bass Booster

Gunakan aplikasi music pihak ketiga

Terkadang saat kamu menggunakan aplikasi bawaan smartphone, hasil suara yang dihadirkan kurang memuaskan. Kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi musik lain yang ada di Google Play Store. Kamu bisa menemukan aplikasi musik yang dibekali dengan equalizer yang lebih lengkap sehingga kualitas suara bisa meningkat.

PowerAMP Music Player

Gunakan Headphone

Terkadang speaker bawaan smartphone memang tidak bisa menghasilkan kualitas suara yang bersih dan jernih. Tak ada salahnya kamu gunakan headphone.

Selamat mencoba.

 

Baca juga artikel

Open Camera, Aplikasi Kamera Android Gratis Kaya Fitur

4 Aplikasi Untuk Mengetes Hardware Smartphone Android Milikmu

Begini Cara Rekam Percakapan di Perangkat Android

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 08 Desember 2015 - 16:47
untuk iOS ga ada ya?