Mengenal GoPro Power Savings dan Kegunaannya

Oleh Alena Yulitta on Rabu, 25 Nov 2015 | 09:08

Untuk liburan akhir tahun ini, sebuah action kamera seperti GoPro adalah pilihan terbaik untuk mengabadikan liburan. Namun kamu perlu tahu bahwa kamera GoPro mengkonsumsi banyak daya sehingga boros baterai. Dalam penggunaan normal, baterai GoPro hanya bisa bertahan 3 jam. Oleh sebab itu kamu harus tahu kegunaan GoPro Power Savings agar liburanmu semakin mengasyikkan.

Kamu juga perlu tahu bahwa Power Savings hanya ada pada GoPro WiFi Apps versi iOS, pada HERO4 series dan HERO+ LCD series. Pada iPad dan iPhone, fitur Power Savings akan otomatis hidup pada saat device dalam posisi stand by lama, GoPro OFF, GoPro WiFi Apps di device ON, dan WiFi di kamera ON.

Jika kamera GoPro dimatikan melalui GoPro WiFi Apps, maka WiFi di kamera akan mati dalam waktu 5 sampai 5 menit 10 detik. Begitu transmisi WiFi kamera mati, baterai menjadi irit. Karena yang bertugas pada mode Power Savings adalah Bluetooth namun lampu LED biru pada kamera GoPro akan tetap berkedip. Kamu tidak perlu panik jika kamera tidak bisa tersambung dengan device meskipun WiFi LED menyala. Cukup sambungkan lagi WiFi device ke kamera dengan menyalakan kembali WiFi di GoPro.

Baca juga: Fungsi Rubber Locking Plug di GoPro dan Cara Pakainya

Sayangnya, tidak ada mode Power Savings pada perangkat Android. Ini menyebabkan WiFi GoPro akan terus aktif sampai baterai kamera habis jika disambungkan ke perangkat Android. Keberadaan Bluetooth di HERO4 termasuk SESSION4 dan HERO+ LCD juga berfungsi agar kamera dapat mengaktifkan fungsi Power Savings di perangkat Apple. Namun, pengguna perangkat Android akan juga mendapatkan efek Power Savings jika sebelumnya kamera GoPro telah terhubung dengan perangkat Apple terlebih dahulu.

Begitu kamera GoPro dilepas dari iOS dan dipakai di Android maka efek Power Savings mengikuti. Akibatnya, kamera GoPro akan mematikan WiFinya dalam waktu 5 menit. Karena WiFi kamera mati, koneksi WiFi dari GoPro ke Android terputus. Dalam hal ini, yang aktif adalah Bluetooth GoPro, bukan WiFi GoPro meskipun lampu LED GoPro masih menyala. Untuk menyalakan kembali WiFi GoPro, kamu harus melakukannya secara manual yaitu dengan Pairing ulang WiFi di perangkat Android ke GoPro.

Untuk menghilangkan efek Power Savings bawaan dari perangkat Apple di kamera GoPro, kamu harus melakukan reset kamera. Untuk reset WiFi, kamu masuk ke Setting >>> Camera Reset >>> Reset WiFi. Untuk reset kamera, masuk ke Setting >>> Camera Reset >>> Reset Defaults. Kedua reset ini tidak akan menghapus video atau photo yang telah kamu buat. Setelah reset, kamu harus mulai dari awal lagi layaknya mengoperasikan kamera baru.

 

Baca juga artikel

5 Hal Sepele Ini Jika Kamu Lakukan Buat Kamera Gopro Cepat Rusak

Panduan Menggunakan Gopro Bagi Pemula Sehabis Beli Agar Nggak Gaptek

Ketahui Cara Mudah Menghubungkan Gopro Hero 4 ke Aplikasi

Artikel Lainnya

Komentar