8 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Ketika Beli Action Camera

Oleh Alena Yulitta on Senin, 23 Nov 2015 | 16:38

Sebentar lagi liburan natal dan  tahun baru tiba, sudah saatnya kamu membeli sebuah action camera untuk mengabadikan liburan kamu. Action camera mungkin adalah pilihan yang paling tepat bagi kamu untuk liburan ini daripada sebuah DSLR karena kamu tak tahu akan seberapa ekstrim liburan kali ini. Tentunya sebuah kamera DSLR tidak untuk dibuat hujan-hujan, menyelam, berenang, touring, dan panjat tebing kan?

Di Indonesia sudah banyak sekali merk dan jenis action camera yang dijual, namun sebagian besar orang hanya tahu GoPro saja yang memang sudah sangat terkenal karena bandelnya. Berarti tak perlu dijelaskan lagi bukan fungsi, kegunaan dan cara pakai action camera? Namun mungkin kamu akan butuh tips membeli action camera ini sebelum nanti Pricebook berikan rekomendasi merk action camera yang sudah dijual di Indonesia.

Sebelum membeli sebuah action camera, kenalilah terlebih dahulu:

Ukuran dan Berat

Sebuah action camera seharusnya cukup kecil dan ringan untuk dipasang pada helm, strap, dan berbagai macam permukaan dengan menggunakan aksesoris mounting. Oleh sebab itu belilah action camera yang paling kecil dan paling ringan, namun jangan korbankan kualitas gambar.

Field of View / Luas Pandang

Sebagian besar action camera memang sudah bisa merekam video dengan sudut besar sehingga luas pandangnya juga besar. Saat ini standar wide-angle view sebuah action camera adalah 160 derajat. Semakin besar ukuran sudut pandang maka semakin luas area yang bisa direkam oleh kamera tersebut.

Resolusi

Seperti dikatakan tadi, jangan pernah mengorbankan resolusi untuk mendapatkan harga yang murah dan ukuran body kamera yang lebih kecil. Untuk hasil perekaman yang terbaik, resolusi kamera/video yang semakin tinggi adalah semakin bagus. Saat ini ada pilihan kamera dengan kualitas 480p, 720p, 1080p dan 4K, tentunya semakin tinggi resolusi harga kamera juga semakin mahal, pilih yang paling pas dengan budget kamu.

Anti Air dan Tahan Segala Cuaca

Action camera didesain untuk digunakan di outdoor dalam segala kondisi cuaca. Oleh sebab itu fitur anti air dan tahan segala cuaca sangatlan penting. Jika action camera yang kamu incar belum anti air maka kamu perlu membeli “housing” yaitu wadah atau case tahan air sehingga kameramu bisa diajak menyelam.

Baca juga: GoPro Hero 4 Session, Kamera Mungil dengan Fitur Waterproof

Video vs Foto

Action camera didesain khusus untuk merekam video dalam kondisi ekstrim, namun kamera ini juga bisa dipergunakan untuk merekam foto biasa. Namun jangan harap kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera ini berkualitas setara DSLR. Jadi jika kamu hanya ingin jepret-jepret foto, maka beli saja kamera digital atau DSLR sekalian.

Pilihan Aksesoris Mounting

Mounting adalah alat untuk meletakkan/menempelkan/menggantungkan action camera ke permukaan lain, seperti pada helm, di dada, pada papan seluncur, pada setang kemudi, dll. Jadi saat memilih sebuah action camera, perhatikan pula kelengkapan dan ketersediaan aksesoris mounting ini biar kamu gak repot saat ini beraksi.

Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai adalah hal mutlak. Semakin besar daya baterai semakin lama kamu bisa mempergunakan action camera tersebut.

WiFi dan Memory Card

Kedua fitur ini harus ada pada action camera yang kamu beli untuk menyimpan ataupun mentransfer file video ke gadget lain.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Kamera Gopro

Via GettyImages

Jika sudah membaca cara memilih dan mengenai action camera di atas, maka berikut ini ada beberapa rekomendasi action camera yang sudah beredar di Indonesia.

GoPro HERO3+ Black Edition

Kamera GoPro ini punya field of view /luas pandang (sudut rekam) 170 derajat dengan pilihan resolusi video 1080p dan 1080p. Selain itu ada fitur foto dengan resolusi 12MP. GoPro HERO3+ juga sudah punya WiFi, waterproof case yang mampu diajak menyelam sampai ke dalaman 131 feet (sekitar 40 meter). Berat HERO3+ hanya 2,6 ounces atau sekitar 74 gram. Di toko rekanan Pricebook, action camera ini dijual seharga Rp 3,85 jutaan saja, ini linknya.

Garmin –VIRB Elite

Action camera ini punya field of view 146 derajat dengan perekaman 1080p dan foto 16MP. Tersedia pula WiFi, GPS, accelerometer, barometric altimeter dan anti air hingga kedalaman 3 feet (1 meteran) tanpa housing dan 150 feet (45 meter) dengan housing. Berat Garmin ini hanya 7,2 ounces atau sekitar 200 gram. Pricebook punya link penjual Garmin VIRB Elite termurah seharga 3,5 jutaan, ini linknya.

Polaroid Cube

Action camera ini punya field of view seluas 124 derajat dengan video 1080p dan foto 6MP. Tahan air hingga 6 kaki (2 meteran), tahan goncangan, dan magnet untuk menempelkan kamera ini pada permukaan logam. Beratnya hanya 1,7 ounces (50 gram). Di Indonesia Polaroiod Cube dijual seharga 1,27 jutaan saja, ini linknya.

JVC – GC-XA2 Adixxion

Kamera dengan 160 derajat field of view, video 1080p, foto 8MP, anti air hingga ke dalaman 16 kaki (5 meteran), anti goncangan dan berat hanya 4,8 ounces (136 gram). Kamera ini hanya dijual seharga 3 jutaan di Indonesia, ini linknya.

 

Baca juga artikel

Harga Action Camera Canggih Mulai Rp400an Ribu Hanya di Lazada Mega Electronic Sale

5 Promo Aksesoris Pelindung Action Camera di Musim Hujan

Promo Action Camera Online Revolution Lazada, Xiaomi Yi Rp 949 Ribu

Artikel Lainnya

Komentar