Diperbaharui pada Selasa, 24 Oktober 2023 | 11:40

4 Cara Memindahkan File dari Laptop ke Hp dan Sebaliknya

memindahkan file dari laptop ke hp
Memindahkan file seperti foto dari laptop ke handphone atau sebaliknya, dapat dilakukan dengan menggunakan dua metode yang sangat mudah dan tidak ribet. Metode tersebut dengan menggunakan fitur Bluetooth dan kabel data

Cara mengirimnya juga sangat gampang dan cepat. Bahkan Anda bisa transfer file dari laptop ke hp dalam hitungan detik saja. Berbagai file yang bisa ditransfer diantaranya adalah foto, video, lagu, hingga berbagai macam dokumen.

Transfer File Menggunakan Bluetooth

Cara Mengirim File dari Hp ke Laptop dengan Bluetooth
Cara pertama yang mudah dilakukan adalah menggunakan teknologi Bluetooth yang sudah sangat umum pada berbagai perangkat gawai, serta kompatibel dengan semua jenis perangkat lintas merek dan lintas jenis.

Artinya Anda bisa mengirim foto dari hp ke laptop dari perangkat Android ke iOS, Android ke Windows, Windows ke iOS dan sebaliknya. Anda bisa mengikuti langkah mudah berikut ini : 

1. Pastikan Kedua Perangkat Memiliki Bluetooth

Anda harus memastikan hp dan laptop punya koneksi Bluetooth. Hampir semua hp dibekali dengan Bluetooth, bahkan yang agak jadul sekalipun, namun tidak semua laptop punya Bluetooth.

Untuk laptop yang tidak punya Bluetooth, Anda bisa membeli USB dongle Bluetooth, yaitu perangkat Bluetooth berbentuk seperti flashdisk. Harganya pun bervariasi, ada yang mahal namun juga ada yang hanya puluhan ribu saja.

2. Aktifkan Bluetooth pada Hp dan Laptop

cara mengirim file dari hp ke laptop
Langkah berikutnya adalah menyalakan Bluetooth pada kedua perangkat tersebut.

  • Pada hp biasanya masuk ke Setting > Bluetooth dan pilih ON
  • Pada Laptop yang sudah ada Bluetooth, sudah aktif sejak laptop dihidupkan
  • Pada laptop dengan Dongle, instal dulu driver Bluetoothnya (biasanya otomatis) dan buka interface Bluetooth-nya.

3. Hubungkan Perangkat Hp ke Laptop (Pairing)

cara mengirim file dari hp ke laptop
Langkah berikutnya adalah Pair atau menghubungkan hp dengan laptop melalui Bluetooth. Setelah menghidupkan Bluetooth, biasanya hp akan mencari device secara otomatis. Jika tidak Anda bisa masuk ke Setting > Bluetooth > Search New Device.

Jika sudah ketemu device yang dimaksud, misalkan "My ASUS Laptop" pada laptop ASUS. segera Pair-kan kedua perangkat. Biasanya Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang harus dimasukkan pada kedua perangkat.

Kode verifikasi bebas (antara 1-8 karakter), bahkan angka ‘1’ sudah cukup. Setelah terverifikasi maka status "My ASUS Laptop" tadi jadi "Connected”.

4. Mulai Transfer File

Bila semua langkah di atas telah dilakukan, maka selanjutnya adalah melakukan transfer atau memindahkan file. Memindahkan file ini bisa dilakukan secara bergantian, misalnya dari laptop ke hp, atau dari hp ke laptop. Berikut langkah-langkahnya.

Cara mengirim file dari laptop ke hp:

  • Pertama pastikan kedua perangkat sudah terhubung dan sudah Paired. Caranya sama seperti pada mengirim dari hp ke laptop
  • Pilih file dengan membuka Windows Explorer dan masuk ke Folder di mana file disimpan
  • Pilih gambar satu per satu atau semua dengan ctrl+A, atau dipilih dengan ctrl+ dan klik pada file yang hendak dikirim.
  • Klik kanan dan pilih Send To > Bluetooth
  • Anda akan mendapatkan opsi device yang sudah di pair, pilih nama hp dan klik OK
  • Proses transfer akan segera berjalan ditandai dengan bar biru yang bergerak.
  • Bila sudah selesai, cari file tersebut di folder Bluetooth atau folder Download.

Cara mengirim file dari hp ke laptop:

  • Masuk ke folder di mana file yang akan dikirim berada, misalkan folder gambar. Anda ingin mengirim gambar “img001”, maka masuk ke folder dan select “img001” tadi, kemudian akan muncul logo Bluetooth di bar atas.
  • Klik dan pilih "Send To" untuk mengirim ke laptop, lalu pilih “My ASUS Laptop” dan klik Send. Maka transfer segera berjalan.
  • Anda juga bisa transfer file secara massal, caranya pilih semua file yang hendak Anda kirim dan pilih Send To > My ASUS Laptop.

Pada laptop, akan ada notifikasi bahwa gambar dalam proses pengiriman. Pilih folder untuk menyimpan gambar tersebut dan klik OK. Proses transfer akan segera berjalan ditandai dengan sebuah bar berwarna biru yang berjalan. Jika proses transfer sudah selesai, matikan Bluetooth pada hp untuk menghemat daya.

Meski cukup mudah dan cepat, cara ini memiliki kelemahan untuk mengirim file berukuran besar. Tapi tidak perlu khawatir, karena masih ada cara lain, yaitu menggunakan kabel data. Penjelasannya ada dibawah ini. 

Transfer File Menggunakan Kabel Data

Cara Mengirim File dari Hp ke Laptop dengan Kabel Data
Selain melalui Bluetooth, mentransfer file dari handphone ke laptop bisa dilakukan dengan kabel data atau USB. Dimana kabel data ini sudah ada di dalam paket pembelian hp. Caranya cukup mudah, yaitu :

  1. Tancap kabel USB dari ponsel ke laptop dan pilih hp dengan mode koneksi "file transfer"
  2. Kemudian buka Windows Explorer, lalu cari nama perangkat hp Anda. Jika sudah ketemu langsung klik untuk melihat semua file yang ada di dalam memori hp
  3. Pastikan Anda Anda sudah tahu file apa yang akan dipindahkan dari memori hp ke laptop. Sebagai contoh, foto biasanya ada di dalam folder ‘DCIM’ dimana didalamnya terdapat beberapa file, Anda bisa pilih folder ‘camera’.
  4. Setelah itu cara mengirim foto dari hp ke laptop bisa langsung dilakukan dengan cara Copy/Paste

Cara mengirim foto dari hp ke laptop menggunakan kabel data memiliki kelebihan dalam hal kecepatan transfer. Apalagi saat ini banyak hp yang sudah menggunakan port USB Type C yang menawarkan proses transfer file yang lebih cepat dari micro USB.

Transfer File Menggunakan FlashDisk atau HDD Eksternal

Memindahkan file dari hp ke laptop juga bisa dilakukan dengan menggunakan FlashDisk atau HDD eksternal. Cara ini biasanya menjadi opsi bila tidak menggunakan laptop sendiri. Artinya, laptop digunakan sebagai perantara untuk menghubungkan FlashDisk atau HDD eksternal ke hp.

Transfer File Menggunakan Cloud Storage

cara transfer file dari hp ke laptopFoto: Pixabay

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk memindahkan file dari hp ke laptop dan sebaliknya adalah dengan memanfaatkan layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive dan semacamnya.

Dengan menggunakan layanan cloud storage, maka kemudahan untuk menyimpan, mengelola, dan memindahkan berbagai file menjadi lebih mudah, karena dapat diakses di mana dan kapan saja, selama ada jaringan internet yang terhubung.

Selain itu, proses memindahkan file pun menjadi lebih efisien, terutama bila file akan dikirimkan ke orang lain di tempat berbeda. Semua bisa dilakukan tanpa perlu tatap muka.

Cara yang kami sebutkan di atas dapat dilakukan di hampir semua perangkat hp Android dan laptop Windows. Namun bagi pemilik iPhone dan MacBook, cara yang bisa dilakukan sedikit berbeda, terutama soal penggunaan kabel data, karena adanya perbedaan connector port untuk semua hubungan ke external device.

Walau begitu, proses dan metode pemindahaan file pada perangkat Apple tidak jauh berbeda dengan perangkat Android dan Windows. Bagaimana, mudah bukan?

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1483 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.