Cara Mudah dan Cepat Koneksikan iPhone ke TV

Cara Mudah dan Cepat Koneksikan iPhone ke TV

Oleh Alena Yulitta on Jumat, 20 Nov 2015 | 16:12

iPhone ternyata bisa dijadikan hiburan bagi seluruh keluarga lho. Bukan dengan membelikan setiap anggota keluarga sebuah iPhone ataupun meminjamkan iPhone ke anggota keluarga yang lain, namun dengan cara menghubungkan iPhone kamu ke TV. Apalagi jika kamu punya TV LCD berukuran jumbo seperti Curved TV dari Samsung ataupun dari LG yang punya ukuran di atas 70 inci. Hiburan ini ditawarkan oleh hampir semua seri iOS dan ada beberapa cara untuk menghubungkan iPhone-mu ke TV, berikut caranya:

Cara 1: Pergunakan Kabel dan Port HDMI pada TV Digital

Untuk menghubungkan iPhone dengan TV yang pertama adalah mempergunakan port HDMI dan kabel HDMI. Untuk itu ada beberapa hal yang diperlukan.

  • Belilah terlebih dahulu kabel HDMI dan sebuah Apple Digital AV Adapter. Kedua perangkat ini bisa dibeli dari beberapa toko online dan juga toko resmi Apple atau toko elektronik yang cukup besar. Fungsi adapter Apple adalah untuk menghubungkan kabel HDMI ke iPhone (iPhone tak punya port HDMI sehingga perlu adapter). Tips ini hanya bekerja untuk iPhone 4 dan sesudahnya. Jika kebetulan punya iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 5, 5c dan 5s maka yang diperlukan adalah Lightning Digital AV Adapter (versi ini iPhone sudah menggunakan lightning port).

Jika semua perangkat sudah siap maka hubungkan adapter dengan iPhone, caranya dengan memasang AV adapter (versi 30 pin atau lightning konektor) ke iPhone dan sambungkan kabel HDMI ke port yang ada pada adapter.

Hubungkan ujung kable HDMI yang lain ke port HDMI TV yang biasanya terdapat pada bagian belakang. Setiap TV digital keluaran terbaru pasti punya port HDMI ini, bahkan bisa lebih dari 1. Lalu pasangkan kabel pada port HDMI yang pas dan pastikan terpasang kuat.

Baca juga: 4 Aplikasi Pengganti Youtube di iPhone dan iPad

Hidupkan TV dan carilah setting input yang benar sesuai dengan tipe dan seri iPhone yang digunakan.

  • iPhone 4 akan menampilkan tampilan layar ponsel ke TV, hanya aplikasi musik, gambar dan video yang muncul. Bahkan tak ada menu game yang ditampilkan.
  • iPhone 4S dan semua model iPhone 5 dan iPhone 6 series akan menampilkan apapun yang ditampilkan oleh layar iPhonemu.

 

Cara 2: Adapter Analog Untuk TV Analog

Jika tak ada TV Digital terbaru, TV Analog pun bisa dipergunakan untuk mendapatkan hiburan yang berasal dari iPhone-mu. Namun perlu diingat bahwa TV analog tak punya port HDMI sehingga diperlukan adapter analog.

Jika punya iPhone 3G, iPhone 4, iPhone 4s maka yang dibutuhkan adalah Apple Composite AV Cable. Kabel yang punya port komposit 30 pin pada satu ujungnya dan tiga buah konektor RCA Merah, Putih dan Kuning pada ujung yang lain.

Jika punya iPhone 3G, iPhone 4, iPhone 4S dibutuhkan Apple Component AV Cable. Kabel yang punya port komposit 30 pin pada satu ujungnya dan lima buah konektor RCA Merah, Putih, Biru, Hijau dan Kuning pada ujung yang lain. Kabel ini menghadirkan tampilan yang lebih bagu namun tak semua TV analog punya 5 port RCA.

Jika punya semua iPhone 6 series dan iPhone 5 series maka yang dibutuhkan adalah Apple Lightning to VGA Adapter. Adapter ini menancap pada lightning port di iPhone dan ujung lainnya menancap kabel VGA yang bisa terhubung ke TV Analog.

Tancapkan adapter ke lightning port / konektor 30 pin pada iPhone dan ujung lain ke kabel VGA, kencangkan dengan sekrup yang tersedia. Lalu hubungkan kabel VGA/Composite ke TV. Pastikan warna kabel sesuai dengan warna port pada TV Analog agar gambar bisa muncul di layar.

Jika ada kabel audio (pada Lightning to VGA adapter), tancapkan pada port audio yang biasanya bertuliskan Audio In.

Hidupkan TV dan sesuaikan setting yang muncul.

  • iPhone 4 akan menampilkan tampilan layar ponsel ke TV, hanya aplikasi musik, gambar dan video yang muncul. Bahkan tak ada menu game yang ditampilkan.
  • iPhone 4S dan semua model iPhone 5 dan iPhone 6 series akan menampilkan apapun yang ditampilkan oleh layar iPhonemu.

Cara 3: Apple TV dan AirPlay

Jika kamu punya iPhone dan juga Apple TV (bentuknya kotak kecil) , maka semuanya jauh lebih mudah karena perangkat tersebut sangat kompatibel satu sama lain. Namun perlu diperhatikan bahwa iPhone yang kamu punyai harus iPhone 4 atau yang lebih baru.

  • Pastikan Apple TV kamu adalah generasi kedua atau yang mulai dijual tahun 2010 dan sesudahnya. Jika bukan maka TV tersebut tak mendukung AirPlay.
  • Pastikan kedua perangkat sudah diupdate iOS terkini dan sama versinya.
  • Sambungkan TV dan Apple TV
  • Nyalakan TV dan Apple TV dan pastikan AirPlay aktif
  • Sambungkan iPhone ke jaringan untuk streaming tampilan ke TV, agar berhasil, iPhone dan Apple TV harus berada pada jaringan atau frekuensi yang sama.
  • Sesuaikan setting dengan kebutuhan.

all images credit to WikiHow 

 

Baca juga artikel

Cara Mudah Merekam Video 4K di iPhone 6s dan iPhone 6s Plus

Tips iOS 9: Cara Setting iPhone Sebagai Wifi Hotspot Dalam 1 Menit

iPhone Terbaru Sudah Bisa Rekam Video 4K, Editnya Pakai iMovie Saja!

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 23 November 2015 - 11:43
harga adapternya kira kira berapa ya?