25 Teknik Memotret Bunga Bagi Fotografer Pemula

Oleh Aris Wibowo on Minggu, 15 Nov 2015 | 11:08

Memotret bunga menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan pemula fotografi. Subjek bunga dan daun bisa menjadi pembelajaran untuk menerapkan berbagai teknik fotografi. Apalagi daun bukanlah subjek bergerak jadi bisa membuat kamu memotret dengan baik dan nyaman.

Meski saat ini musim hujan, kamu tetap bisa memotret daun dan bunga di kebun pekarangan, di taman kota hingga bunga-bunga di tepi jalan. Nah, berikut ini Pricebook coba sajikan tips motret daun dan bunga yang cocok untuk pemula. Dengan tips di bawah ini, kamu bisa memotret dengan lebih baik.

Lensa Macro

Via The Digital Picture

Jika kamu tertarik untuk memotret close up daun dan bunga, maka kamu harus memakai lensa macro. Menggunakan lensa macro membuat kamu bisa memotret lebih fokus dalam jarak dekat. Dengan makro, objek bisa tampak lebih penuh di frame. Lensa macro yang baik biasanya memproduksi gambar semakin besar.

Aksesoris untuk memotret close up

Jika kamu hendak memotret close up atau macro, namun tidak memiliki lensa macro, kamu bisa menggunakan extension tubes yang merupakan aksesoris tambahan untuk memotret close up.

Menggunakan tripod

Via Media College

Menggunakan tripod menjadi tips motret daun dan bunga berikutnya. Menggunakan tripot membuat kamera lebih stabil sehingga foto yang dihasilkan lebih stabil dan focus. Bila kamu tidak memiliki tripod, kamu bisa memanfaatkan tangan atau kakimu sebagai tempat kamera bersandar kala memotret daun di pohon atau di tanah.

Pegang kamera dengan benar

Meski menggunakan tripod, terkadang kala kamu menekan tombol shutter membuat kamera bergoyang. Maka untuk memotret macro, kamu harus memegang kamera dengan tepat sehingga mengurangi goyangan kamera.

Baca juga: Ingat Baik-baik 50 Tips Ini Agar Makin Jago Memotret- Part I

Menggunakan lensa tele

Via CameraNote

Untuk memotret daun atau bunga, kamu bisa menggunakan lensa tele. Lensa tele membuat kamu bisa memotret daun dan bunga lebih jauh. Kamu bisa fokus ke bunga saja atau memfokuskan pada background. Teknik ini cocok untuk kamu pemula yang ingin mengambil foto daun dengan cara selain macro atau close up.

Gunakan lensa wide angle

Via The Digital Picture

Jika kamu ingin memotret sebuah tanaman atau sekelompok tanaman dengan background disekitarnya maka kamu bisa menggunakan lensa wide angel. Dengan lensa ini, kamu bisa menangkap gambar lebih lebar dan luas.

Matikan autofocus

Ketika memotret close up daun atau bunga, maka akan sulit menemukan titik fokus yang tepat bahkan meski sudah menggunakan apertures sempit. Untuk itu, sebaiknya kamu mematikan fitur autofocus dan mulai menggunakan manual focus. Kamu harus bisa menemukan sweet spot subjek yang hendak kamu foto.

Gunakan Live view

Via Digital Camera World

Saat memotret macro atau close up, kamu tentu membutuhkan pandangan yang jelas. Tak heran kamu sebaiknya menggunakan live view. Live view dianggap bisa menampilkan gambar lebih akurat.

Baca juga: Mahir memotret Bisa Dimulai Dengan Memahami 10 Hal ini

Gunakan mode manual

Jika kamu sudah lihai menggunakan kamera, maka sebaiknya memotret daun dengan mode manual. Memotret manual akan membuat kamu bisa mengatur setting aperture hingga shutter sesuai keinginan. Selalu cek histogram agar kamu bisa memahami exposure foto dengan baik. Ingat sensor kamera terbatas dalam menangkap warna, kadang yang seharusnya nampak terang , bisa terlihat gelap di hasil foto.

Setting kamera manual

Tips motret daun dan bunga berikutnya ialah mengatur setting kamera milikmu. Kamu bisa menggunakan ISO rendah 100 atau 200. Gunakan selalu file format RAW, Atur white balance ke daylight bila memotret di lapangan terbuka. selalu gunakan single shot bukan continuous shot. Gunakan aperture sempit untuk detail yang maksimal.

Perhatikan cuaca

Cuaca memang menjadi kendala bagi sebagian fotografer. Namun, ini tidak berarti hobi kamu tidak bisa dilakukan kala cuara sedang hujan. Justru dalam momen musim hujan, kamu bisa memotret daun atau bunga dengan lebih menarik memanfaatkan air hujan. Yang terpenting selalu lindungi perangkat kameramu dengan baik saat memotret.

Gunakan Reflector

Reflector merupakan aksesoris kamera yang cukup terjangkau, namun bisa meningkatkan kualitas fotomu dengan baik. Dengan reflector, cahaya bisa dipantulkan ke subjek sehingga mengurangi bayangan.

Gunakan flash

Dalam memotret daun atau bunga, kamu bisa menggunakan flash untuk menghasilkan kesan impressive. Namun, manfaatkan flash dengan  baik agar foto tidak menjadi overexposed atau terlalu terang.

Jangan terburu-buru

Terkadang ketika menemukan sebuah taman penuh dengan bunga dan dedaunan, kamu bingung hendak memotret apa. Maka cobalah perhatikan sejenak setiap bunga yang kamu temui. Perhatikan dari mana cahaya yang datang. Intinya jangan terburu-buru dalam memotret daun dan bunga.

Baca juga: Apa itu Histogram dan Bagaimana Cara Membacanya di Kamera DSLR

Buat catatan kecil tentang bunga yang kamu foto

Semakin banyak bunga dan tanaman yang kamu potret mungkin membuat kamu bingung. Maka tak ada salahnya, kamu membuat catatan kecil mengenai bunga yang kamu potret, misal nama latin hingga tempat dimana kamu memotret bunga tersebut. Tak hanya seru, hal ini juga bisa menambah pengetahuan kamu akan nama bunga.

Perhatikan background

Kala memotret daun dan bunga, tips motret daun dan bunga yang cukup penting ialah menentukan background. Bila tanaman yang hendak kamu foto ada dalam pot, kamu mungkin bisa memindahkan pot untuk mencari background yang tepat. Namun, bila tanaman yang dipotret sudah cukup besar, kamu harus bisa menentukan background agar foto semakin menarik.

Perhatikan komposisi

Memotret bunga atau tanaman, tidak hanya melulu berfokus pada bunga. Kamu juga bisa memasukkan elemen lain agar komposisi foto semakin lengkap dan bervariasi.

Manfaatkan angin

Angin yang berhembus kencang mungkin jadi musuh berat fotografer. Namun, bila kamu pandai, kamu bisa memanfaatkan angin untuk menambahkan efek pada foto.

Memotret dalam ruangan

Memotret bunga atau daun, mungkin identik dengan memotret outdoor. Cobalah sesekali memotret bunga dalam ruangan untuk menghadirkan hal yang berbeda.

Tambahkan air

Seperti yang dijelaskan di atas, tips motret daun yang bisa kamu terapkan ialah menambahkan elemen air pada daun atau bunga. Ini mungkin bisa menambah keren fotomu.

 

Baca juga artikel

10 Teknik Mudah Menghasilkan Foto Bagus di Musim Hujan

11 Pertimbangan ketika Mau Beli Kamera Baru di HarBolNas Nanti

9 Tips dan Trik Memotret di Musim Hujan serta Perlengkapannya (Part 1)

Artikel Lainnya

Komentar