Cara Mudah Perbaiki Karet Lensa Kamera yang Kendor

Oleh Aris Wibowo on Minggu, 15 Nov 2015 | 13:05

Jika kamu sedang mengalami masalah pada karet lensa kamera, jangan panik dan bingung. Pasalnya karet lensa yang kendor atau melar sangat umum terjadi. Masalah ini bahkan sering muncul pada lensa-lensa zoom hingga lensa bawaan kamera DSLR. Untungnya, cara perbaiki karet lensa yang kendor bisa kamu lakukan dengan mudah. Kamu tidak perlu repot harus ketempat servis kamera hanya untuk memperbaiki karet lensa ini. Kamu bisa melakukannya sendiri dengan peralatan yang ada di sekitarmu.

Karet lensa yang kendor diakibatkan berbagai faktor, mulai dari pemakaian yang kasar, kurang perawatan, hingga faktor cuaca. Ingat bahan karet mudah melar. Sehingga karet lensa yang kendor cukup umum terjadi pada kamera yang sering digunakan.

Baca juga: Mahir memotret Bisa Dimulai Dengan Memahami 10 Hal ini

Berikut tips memperbaiki karet lensa yang kendor secara mudah dan praktis.

  • Pisahkan lensa dari bodi kamera. Pastikan lensa dalam kondisi bersih. Gunakan juga penutup lensa dan sensor untuk melindungi dari debu dan kotoran yang masuk. Letakkan kamera di tempat yang bersih dan bebas debu.
  • Pindahkan karet yang ada di ring zoom. Kamu bisa gunakan semacam obeng atau tusuk gigi untuk mengangkat karet perlahan dari bodi lensa. Ingat hati -hati, jangan sampai congkelanmu merusak bodi lensa. Sebetulnya ini tidak terlalu sulit pasalnya karet lensa tidak dilem. Geser karet lensa ke arah ring focal length.
  • Geser lensa secara hati-hati.
  • Kamu bisa menggunakan karet gelang untuk mengganjal karet lensa kamera yang kendor. Caranya masukan karet ke tempat lensa bodi yang tadi sudah digeser. Pastikan tempatnya pas dan tidak terlalu ketat ikatannya.
  • Setelah dirasa pas, kembalikan karet lensa kamera yang kendor ke posisi awal menggunakan obeng atau tusuk gigi. Sekali lagi hati-hati jangan sampai merusak bodi lensa. Kamu harus memastikan karet gelang berada di bawah karet lensa yang kendor.
  • Bila sudah selesai, kamu bisa melakukan pengetesan. Arahkan kamera ke bawah. Bila lensa tidak turun artinya cara perbaiki karet lensa yang kendor berhasil. Bila tidak ulangi langkah di atas dengan menambah karet gelang dan kuatkan ikatan karet tersebut.
  • Selamat mencoba.

 

Baca juga artikel

Apa itu Histogram dan Bagaimana Cara Membacanya di Kamera DSLR

10 Teknik Mudah Menghasilkan Foto Bagus di Musim Hujan

11 Pertimbangan ketika Mau Beli Kamera Baru di HarBolNas Nanti

Artikel Lainnya

Komentar