Cara Cepat Perbaiki Lensa Kamera Pocket yang Macet

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 13 Nov 2015 | 10:16

Salah satu kamera digital yang sering dikeluhkan mudah rusak ialah kamera pocket. Kamera jenis ini memiliki desain yang mungil dan dianggap lebih praktis. Alhasil banyak pengguna yang mengabaikan penggunaan dan perawatan yang benar pada kamera jenis ini. Padahal desainnya yang mungil dan tipis terbilang rentan terhadap kerusakan. Bahkan bagian LCD di bodi belakang juga sering kali pecah. Hingga masalah yang cukup serius tentunya rusaknya lensa kamera Pocket.

Lensa merupakan bagian vital atau bagian penting dalam sebuah kamera digital. Sayangnya, banyak pengguna pemula kamera mengabaikan hal tersebut. Banyak dari mereka yang meletakkan dan menggunakan kamera sembarangan. Hal ini tentu bisa menyebabkan kerusakan pada lensa. Namun, kerusakan paling umum yang sering terjadi pada kamera pocket ialah lensa yang macet.

Lensa yang macet tentu merupakan masalah yang serius. Pasalnya, pada kamera pocket dengan fitur zoom, Lensa tidak kembali ketempatnya. Lebih buruk lagi, lensa tidak bisa digerakkan sama sekali sehingga terbuka. Keadaan terbuka inilah yang berbahaya karena bisa membuat kaca lensa tergores atau pecah.

Sebelum membahas cara perbaiki lensa kamera pocket. Kamu harus memahami dulu alasan rusaknya lensa kamera sehingga lensa macet. Banyak hal yang menyebabkan lensa kamera digital macet. Yang paling umum tentu karena lensa kotor sehingga ada kerikit atau debu yang menyumbat lensa untuk kembali masuk ke bodi kamera. Penyebab rusaknya lensa lainnya bisa karena kamera terjatuh sehingga lensa penyok atau miring. Ada juga penyebab karena lensa tertekan sehingga bentuk lensa berubah. Bisa juga karena lensa lembab sehingga bagian elektronik lensa rusak dan menyebabkan lensa macet.

Bila penyebab lensa rusak atau lensa macet karena terjatuh parah hingga karena rusaknya komponen elektronik, maka jalan terbaik untuk memperbaiki tentunya ke tempat service kamera resmi. Karena bagian ini tidak bisa sembarangan untuk diperbaiki dan cukup rumit pengerjaannya. Namun, bila penyebab lensa rusak dan macet hanya karena debu, tak ada salahnya mencoba memperbaikinya sendiri. Apalagi, cara perbaiki lensa kamera pocket bisa kamu kerjakan dengan sendiri namun tetap berhati-hati.

Langkah pertama

Via WikiHow

Jangan langsung mematikan kamera bila kondisi kamera hidup. Bila hendak mematikan sebaiknya cabut baterai saja. Hal ini memang tidak baik namun pas. Pasalnya bila kamu mematikan kamera lewat tombol, maka otomatis kamera akan menarik ke dalam lensanya. Hal ini justru akan membuat parah kerusakan lensa bila memang lensa macet. Bila dipaksa masuk maka akan ada bagian dari lensa yang rusak atau rontok bahkan patah. Maka cara mematikan dengan dengan mencabut baterai merupakan langkah paling aman. Jangan lupa untuk melepas memory card untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan misalnya kartu memori terformat.

Langkah kedua

Via WikiHow

Langah berikutnya dalam cara perbaiki lensa kamera pocket ialah jangan memaksa lensa. Hal ini sering diabaikan oleh pengguna awam. Banyak dari mereka yang memaksa keluar masuk lensa. Padahal ini sama saja memperparah kerusakan lensa yang macet. Sebaiknya diamkan kamera pocket beberapa saat. Lalu coba goyang-goyangkan kamera agar kotoran atau debu yang menyangkut pada lensa keluar. Tapi ingat jangan terlalu keras.

Setelah itu coba pasang kembali baterai dan nyalakan kamera. Bila lensa masih tetap macet. Berarti masih ada kotoran yang menyangkut atau memang lensa yang rusak.

Baca juga: 11 Pertimbangan ketika Mau Beli Kamera Baru di HarBolNas Nanti

Langkah Ketiga

Via WikiHow

Bila kamera kamu masih belum menunjukan tanda-tanda perubahan. Kamu bisa menggunakan semacam semprotan bertekanan untuk membersihkan sela-sela lensa. Kamu harus melakukan ini secara perlahan agar kotoran bisa keluar dari sela lensa. Cabut kembali baterai dan usahakan semprot sela-sela lensa dengan merata. Bila sudah, coba masukkan kembali baterai dan nyalakan kamera. Bila masih belum berhasl, ikuti cara perbaiki lensa kamera pocket berikutnya.

Langkah keempat

Via WikiHow

Langkah ini mungkin sedikit berbahaya dan penuh resiko. Sebaiknya bila cara-cara di atas sudah tidak mempan, kamu bawa saja kamera pocketmu untuk diperbaiki di tempat service kamera. Pasalnya, bila dibiarkan terlalu lama, lensa yang macet atau rusak akan memperparah bagian lainnya. Bisa juga kemungkinan terburuk, celah lensa yang terbuka akan menjadi tempat masuk debu dan air.

Sekali lagi cara-cara berikut ini beresiko membuat kamera tambah rusak. Maka pikir dengan bijak sebelum melakukannya.

Kamu bisa mencoba untuk menggoyang-goyang lensa atau menggeser-geser lensa dengan tangan. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati. Bila sudah coba kembali nyalakan kamera. Bila tidak berhasil, ikuti langkah berikutnya.

Cobalah untuk menaruh kamera di tempat yang datar dan beralas empuk untuk melindungi layar LCD. Setelah itu, dalam posisi kamera menyala, tekan perlahan menggunakan jari jempol lensa agar masuk ke dalam. Tekan tepat di tengah lensa.

Bila lensa macet atau rusak karena terjatuh, kamu bisa lakukan langkah di atas dengan tambahan memutar-mutar ring lensa. Biasanya akibat terjatuh, ada komponen lensa yang keluar jalur. Diharapkan dengan memutar-mutar lensa akan membuat lensa kembali ke jalurnya. Biasanya bila ini masalahnya, maka kamu akan mendengar bunyi click saat memutar lensa. Tandanya lensa sudah kembali ke posisis normal.

Saran kami, sebaiknya bila memang kerusakan lensa cukup parah dan cara perbaiki lensa kamera pocket dirasa rumit, bawa kamera ke tempat service kamera terdekat saja. Jangan memaksakan agar kamera pocketmu tidak bertambah rusak.

Selamat Mencoba!

 

Baca juga artikel

Cara Cepat Menguasai Teknik Kamera DSLR Bagi Pemula

10 Tips dan Trik Buat Wajah Lebih Fotogenik Seperti Model Profesional

11 Cara Setting Kamera DSLR Untuk Pertama Kali Usai Beli

Artikel Lainnya

Komentar

evanyzd 13 November 2015 - 10:57
Tempat servicenya dimana aja?
Bima Satria 13 November 2015 - 13:47
untuk nikon disini bro http://www.pricebook.co.id/brand/nikon/service-center Untuk lainnya tanya aja di forum :D