8 Hal Ini Mesti Dilakukan Usai membeli Ponsel Baru

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 13 Nov 2015 | 10:12

Ponsel yang baru dibeli sayang jika tidak dirawat sejak dini. Mau yang harganya murah atau pun yang mahal tetap harus dijaga agar terlihat menarik dan aman saat digunakan dalam keseharian. Lantas hal apa saja yang perlu kita perhatikan setelah membeli ponsel baru? Berikut ini ada 8 hal mendasar yang perlu kamu lakukan usai punya ponsel baru.

Pastikan smartphone yang kamu beli sudah sesuai keinginan

Via OnShift

Mengetahui spesifikasi dan fitur yang kamu inginkan dalam sebuah smartphone, sebelum membelinya merupakan hal yang sangat penting. Kamu harus memastikan smartphone incaran kamu sesai dengan fitur dan kualitas ponsel yang kamu inginkan. Jangan sampai kamu membeli smartphone yang ternyata tidak kamu suka. Tentu hal ini akan mengganggu kamu kala hendak menggunakan smartphone barumu. Maka pastikan smartphone yang kamu incar sesuai dengan yang diinginkan sehingga tidak membuang waktu dan boros uang karena berkali-kali membeli smartphone baru. Perlu diingat, setiap bulannya pasti akan ada smartphone baru yang dirilis. Jadi jangan berpatokan pada barunya perangkat tapi fitur yang ada di dalamnya.

Membeli pelindung atau screen protector

Setelah kamu membeli ponsel. Maka langkah selanjutnya untuk menjaga ponsel baru ialah membekali smartphonemu dengan pelindung atau anti gores pada layar. Kamu perlu melakukan ini untuk menjaga smartphone atau ponsel kamu dari kerusakan misalnya tidak sengaja jatuh atau cara menyimpan yang salah. Ponsel yang jatuh bisa membuat bodi ponsel rusak atau parah-parahnya retak pada kaca layar. Bila teledor menyimpan dan sering memasukkan smartphone dengan barang lainnya, bisa membuat layar tergores. Maka anti gores pada layar juga diperlukan.

Mencari tempat untuk menyimpan atau meletakkan smartphone kala tidak dipakai

Hal ini mungkin sepele namun cukup penting. Kamu harus jeli memilih tempat untuk menaruh smartphone barumu sehingga tidak mudah jatuh dan gampang untuk ditemukan. Kamu bisa memilih tempat seperti meja kerja, atau disekitar lemari buku. Kamu juga perlu mencari tempat yang dekat dengan colokan listrik sehingga kamu bisa mengcharge smartphone dengan mudah. Yang perlu diperhatikan jangan pernah memasukkan smartphone ke tempat yang tertutup kecuali dalam keadaan mati. Selalu gunakan aksesoris dan charger asli. Ingat ada harga ada kualitas. Charger asli dianggap lebih aman karena tegangannya sesuai dengan bawaan smartphone sehingga kemungkinan konsleting lebih kecil.

Jaga ponsel tetap kering

Via WonderHowTo

Untuk menjaga ponsel baru, kamu harus memastikan smartphone kamu selalu kering. Ingat smartphone merupakan benda elektronik yang sensitif terhadap air. Sebaiknya, kamu tidak menggunakan ponselmu saat kondisi hujan. Kalaupun kamu hendak membawa ponsel saat hujan, pastikan menggunakan pelindung anti air yang tepat. Kamu juga sebaiknya tidak makan dan minum dekat dengan smartphone. Ditakutkan, akan ada cipratan makanan dan air yang mengenai ponsel. Bila kamu pergi ke tempat-tempat wisata seperti pantai, gunung atau tempat lainnya yang berair, selalu bungkus dengan pelindung untuk menjaga ponsel kering.

Baca juga: 10 Pilihan Ponsel Terbaik yang Cocok Buat Kado di Hari Ayah

Bersihkan ponsel secara teratur

Via ChipChick

Agar ponsel selalu tampak baru, kamu juga harus selalu membersihkan smartphone secara teratur. Kamu bisa menggunakan kestas tisu dan alkohol untuk membersihkan bodi smartphone. Sebaiknya hindari penggunaan air atau cairan pembersih berbahaya yang bisa merusak bodi smartphone dan layar. Perhatikan juga bahan bodi yang digunakan. Ingat bodi berbahan metal dan bodi plastik tentu beda penanganan. Bersihkan juga bagian layar. Pasalnya, bagian ini menjadi bagian utama yang sering digunakan kala menelpon, menempel di wajah hingga saat bernavigasi di layar sentuh dengan jari jemari kamu.

Charge smartphone barumu sesuai jadwal

Via MyCellPhoneDied

Untuk menjaga ponsel baru, kamu sebaiknya mencharge ponsel sesuai jadwal. Beberapa smartphone memiliki baterai yang tahan lama hingga seminggu bila ponsel tidak digunakan sama sekali. Namun, di beberapa ponsel lainnya, smartphone harus dicharge beberapa hari sekali atau bahkan setiap hari.

Terkadang ketika dari toko pun, sebaiknya kamu langsung mencharge ponsel hingga penuh agar kondisi baterai smartphone baru bekerja dengan baik. Beberapa ada yang menyarankan untuk mencharge hingga penuh ponsel baru, kemudian digunakan hingga habis dan mencharge kembali hingga full agar baterai semakin optimal. Bila smartphone kamu termasuk smartphone premium, kamu juga bisa mengetes fitur quick charge dalam ponselmu. Namun, jangan selalu mencharge ponsel bila kondisi baterai di bawah 10%. Karena terlalu sering mencharge juga berakibat buruk pada kondisi baterai. Sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan fitur baterai saving.

Setting profile

Dalam kondisi baru, tentu smartphone masih menggunakan setting profile dari perusahaan. Maka kamu bisa mulai mengatur setting profile seperti nada dering panggilan dan SMS sesuai keinginanmu. Kamu juga bisa mematikan atau menyalakan getar.  Atau kamu bisa mengaktifkan flight mode untuk mematikan semua nada sehingga smartphone bisa dibawa ke ruang rapat atau kelas tanpa mengganggu.

Selalu waspada dalam membawa smartphone

Tampilan smartphone yang baik dan tampak baru, bisa saja mengundang niat jahat orang lain. Maka dari itu, kamu harus selalu menjaga baik-baik smartphone kala bepergian. Kamu juga harus memperhatikan ponsel agar tidak mudah jatuh atau rusak. Kamu bisa mengecek no seri ponsel atau no EMEI dan memasang software anti maling kalau perlu.

 

Baca juga artikel

Smartphone Gaming Harga Terjangkau November 2015

3 Smartphone Paling Baru dengan MediaTek Helio X10

Naksir Smartphone Berlayar Jumbo, Ini Daftarnya!

Artikel Lainnya

Komentar