11 Pertimbangan ketika Mau Beli Kamera Baru di HarBolNas Nanti

11 Pertimbangan ketika Mau Beli Kamera Baru di HarBolNas Nanti

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 12 Nov 2015 | 12:24

11.11 dan 12.12 merupakan deretan angka yang paling ditunggu oleh mereka yang gemar belanja online. Pasalnya, di hari itu kamu bisa belanja dengan harga murah karena beragam penawaran promo memeriahkan event tahunan toko online di Indonesia. Jika kamu berencana untuk membeli kamera baru, di event tersebut juga dijajakan berbagai kamera digital harga menggoda.

Hanya saja sebelum berbelanja kamera, kamu perlu mempertimbangkan berbagai hal agar tidak salah pilih kamera nantinya. Jangan asal “mumpung murah” tapi didasarkan atas kebutuhan sehingga kamera kamu benar-benar berguna. Cara memilih digital kamera yang tepat di bawah ini mungkin akan menjawab kebingungan kamu dan membuat kamu segera menemukan kamera yang tepat.

Berikut 11 Hal yang perlu kamu pertimbangkan ketika ingin membeli kamera baru

Pilih yang murah dan simple tentu kamera Pocket

Via Gapteker

 

Jika kamu mencari kamera yang simple dan berharga murah, mungkin kamu bisa mempertimbangkan pilihan kamera pocket dalam buruanmu. Kamera ini hadir dengan desain yang minimalis dan mungil sehingga mudah dibawa karena tidak memakan ruang terlalu banyak. Kamera jenis ini juga hadir dengan viewfinder monitor yang ada dibagian belakang. Viewfinder ini cukup membantu kamu melihat subjek atau melihat hasil foto. Kamu juga bisa melakukan setting dengan mudah dalam kamera pocket. Untuk urusan kualitas gambar mungkin kamera jenis ini menghadirkan kualitas yang tidak terlalu bagus. Namun, untuk beberapa hal kualitas gambar kamera saku sudah cukup untuk aktivitas harian.

Pilih yang banyak fitur tentu kamera DSLR

Via adelightsomelife

Sebuah kamera DSLR mungkin bisa kamu pilih bila kamu membutuhkan kontrol dan fitur yang lebih lengkap sehingga foto yang dihasilkan lebih kreative. Kebanyakan kamera jenis ini hadir dengan kontrol otomatis hingga manual untuk mengatur pencahayaan hingga fokus. Jika kamu ingin tambahan kontrol dan ingin mengaplikasikan berbagai teknik fotografi, maka kamera ini memang cocok untuk kamu. Dengan kamera ini kamu bisa bebas memainkan setting warna dan hingga menambahkan flash untuk pencahayaan tambahan. Namun, jika kamu tertarik dengan kamera tipe ini, kamu harus menyiapkan dana lebih karena harganya masih tinggi dan lebih mahal dari kamera pocket.

Baca juga: 9 Tips dan Trik Memotret di Musim Hujan serta Perlengkapannya (Part 1)

Jangan berpatokan pada nama merk dan harga yang mahal

Via Photographymad

Cara memilih digital kamera yang tepat berikutnya ialah  jangan berpatokan pada merk terkenal saja atau pada produk yang berharga mahal saja. Ingat kepuasan sebuah produk tidak selamanya berasal dari harga. Lebih baik kamu mencari produk digital kamera yang sekelas dengan harga lebih murah dan kualitas yang lebih baik. Terkadang satu merk kamera tertentu memiliki fitur yang lengkap. Sedangkan merk lainnya hadir dengan kualitas sensor kamera yang lebih baik. Maka sesuaikan dengan kebutuhanmu. Jangan pernah menilai sebuah kamera dari harga atau iklan yang ditawarkan.

Perhatikan desain dan dimensi kamera

Via 43Rumors

Sebelum kamu mencari kamera berdasarkan fitur dan kualitas gambar, kamu perlu memperhatikan desain dan dimensi kamera. Kamu bisa memilih kamera berdesain mungil bila membutuhkan kamera untuk mobilitas tinggi. Namun, perlu diingat semakin kecil kamera, semakin minim fitur dan kualitas gambar yang dihadirkan. Berbeda dengan kamera DSLR yang berukuran besar. Kamera jenis ini lebuh berat dan besar karena mengusung fitur banyak dan sensor yang lebih besar.

Cari kamera yang nyaman di tangan

Via Passpartout

Cara memilih kamera digital yang tepat selanjutnya ialah kenyamanan kala digunakan. Kamera berdimensi besar, biasanya tidak nyaman digenggam.  Maka tak heran beberapa produsen DSLR terus membenahi bagian grip. Kamera pocket pun tidak selamanya nyaman di tangan. Beberapa kamera pocket juga memiliki tombol terlalu kecil sehingga menyusahkan pengguna. Jadi sebelum membeli, kamu perlu mencoba menggenggam kamera yang kamu inginkan untuk merasakan kenyamanan kala akan memotret. Kenyamanan dalam genggaman tangan cukup diperlukan untuk menstabilkan kamera saat memotret.

Baca juga: Cara Cepat Menguasai Teknik Kamera DSLR Bagi Pemula

Cek aksesoris

Via CanonCameraGeek

Setelah memastikan kamera digital yang kamu inginkan, kamu juga perlu mengecek aksesoris kamera incaranmu. Kamu harus membandingkan harga aksesoris-aksesoris agar tidak memakan biaya lebih. Jangan sampai kamu membeli kamera dengan aksesoris yang cukup mahal. Aksesoris yang perlu kamu cek ialah baterai, charger tambahan, hingga tas atau pelindung kamera.

Jangan berpatokan pada besaran megapiksel

Via Lifehack

Kamera dengan sensor 5 MP dan kamera 13 MP memang berbeda. Namun, jika kamu mencetak foto dari kedua kamera dan memperhatikan dengan baik, sebetulnya perbedaan sensor ini tidak terlalu signifikan pada hasil foto. Ingat tidak selamanya megapiksel yang besar bisa menghasilkan foto yang lebih tajam dan jelas.

Pertimbangkan kecepatan sensor

Via Shutterbug

Beberapa kamera digital berharga murah, mungkin menghadirkan sedikit jeda kala kamu menekan tombol shutter hingga foto benar – benar diambil. Padahal, beberapa teknik fotografy membutuhkan kecepatan kamera. Cara memilih digital kamera yang tepat tentunya mencari kamera dengan kecepatan sensor dan kecepatan shutter yang pas.

Baca juga: 8 Tips Memotret Dedaunan untuk Hasil yang Memukau (Part 1)

Cek kualitas zoom

Via Photo.net

Kamu juga harus mengecek zoom pada kamera yang kamu inginkan. Dalam digital kamera sendiri terdapat optical zoom dan digital zoom. Kamu bisa mengecek kedua hal ini pada kamera yang kamu mau beli. Sebaiknya cari kamera dengan optical zoom karena zoom yang dihadirkan biasanya lebih jelas dan berkualitas.

Pertimbangkan Baterai

Via BestBatt

Kamera digital saat ini hadir dengan beberapa tipe baterai. Beberapa menggunakan baterai AA, beberapa lainnya menggunakan baterai charge. Kamu harus mempertimbangkan untuk memilih kamera dengan baterai yang mana agar kegiatan memotretmu tidak terganggu karena baterai yang cepat habis.

Perhatikan memory card

Via PC Authority

Cara memilih digital kamera yang tepat selanjutnya ialah memperhatikan memory card. Memori tambahan memang dibutuhkan di kamera digital. Pasalnya, kamera saat ini tidak dibekali memori internal yang besar. Jadi memory card tambahan dibutuhkan untuk menyimpan foto dan video lebih banyak. Di sini kamu harus tahu jenis memory card yang cocok dengan kamera milikmu.  

Selamat berburu kamera di Hari Belanja Nasional 12.12 (HarBolNas).

 

Baca juga artikel

8 Tips Memotret Dedaunan untuk Hasil yang Memukau (Part 1)

10 Tips dan Trik Buat Wajah Lebih Fotogenik Seperti Model Profesional

11 Cara Setting Kamera DSLR Untuk Pertama Kali Usai Beli

Artikel Lainnya

Komentar