Google Maps Android kini Bisa Digunakan Offline, Ini Caranya!

Google Maps Android kini Bisa Digunakan Offline, Ini Caranya!

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 12 Nov 2015 | 14:57

Google Maps merupakan salah satu aplikasi peta terbesar di dunia. Aplikasi peta ini dianggap cukup lengkap dalam menampilkan lokasi, informasi tempat dan berbagai hal lainnya. Namun, beberapa tahun ini banyak pengguna yang mengkritik Google karena aplikasi ini dianggap boros data internet. Alhasil banyak pengguna yang memberi masukan agar Google menghadirkan fungsi navigasi offline dalam Googel Maps.

Hal ini segera direspon Google. Google akhirnya menghadirkan perubahan baru dalam Google Maps Mobile melalui update terbaru di bulan ini. Dalam update versi Android, Googel akhirnya menghadirkan fitur offline search and navigation. Sehingga kamu kini tidak harus selalu terhubung ke dunia maya untuk bisa mengakses Google Maps.

Cara kerja fitur ini ialah pengguna akan menyimpan terlebih dahulu peta daerah yang diinginkan. Misal, kamu ada di Jawa Tengah, maka kamu bisa mengunduh peta pulau jawa saja. Setelah peta disimpan, kamu bisa menggunakannya secara offline. Menariknya, setiap 15 hari peta offline tersebut akan mendapat update. Sehingga kamu akan mengetahui perubahan yang terjadi di daerah tersebut.

Baca juga: Tahukah Kamu? Google Now Voice Search Dibekali Fitur MultiBahasa

Dalam peta offline tersebut, kamu juga akan tetap bisa menemukan berbagai informasi terkait lokasi. Kamu bisa menemukan tempat wisata, bisnis termasuk nomer telepon penting di daerah tersebut. Sayangnya, kamu tidak bisa menggunakan fitur public transport directions hingga satellite view. Tak hanya itu, kamu juga tidak bisa melihat foto bangunan lebih jelas. Kamu juga tidak bisa melihat review tentang restoran atau tempat bisnis.

Google Project Manager, Amanda Bishop mengungkapkan bahwa Google telah mengembangkan fitur ini selama 2 – 3 tahun ini. Pengembangan ini diharapkan membuat Google maps bisa digunakan lebih komplit di berbagai kondisi meski sedang tidak ada jaringan internet. Kini pengguna tidak lagi harus mengambil screenshoot google maps untuk membawa peta secara offline. Tak hanya itu, dengan fitur offline, membuka peta kian cepat dan kian mudah. Sayangnya fitur ini belum tersedia di Indonesia.

Dengan hadirnya Google Maps Offline di Android dan iOS sesegera mungkin, diharapkan bisa merebut pasar aplikasi peta offline lainnya.

Download Google Map untuk Android

 

Baca juga artikel

Google Play Dapat Update Support Fingerprint Authorization

Google Voice Search Hadir Lebih Cepat dan Lebih Akurat

Kelemahan Lollipop Mulai Terungkap Sejak Marshmallow Dirilis

Artikel Lainnya

Komentar