9 Tips dan Trik Memotret di Musim Hujan serta Perlengkapannya (Part 2)

Oleh Muhammad Kamaluddin on Selasa, 10 Nov 2015 | 11:17

Setelah mengulas mengenai perlengkapan ekstra yang harus dipersiapkan untuk memotret di musim penghujan. Pada kesempatan kali ini kami akan lanjut ke bagian trik bagaimana menghasilkan hasil jepretan yang istimewa ketika memotret objek di bawah guyuran hujan.

Tanpa panjang lebar, langsung saja simak tips dan triknya berikut ini.

Tips dan Triks Memotret di Musim Penghujan

Temukan Lokasi yang Menarik

Via danielradcliffe

Kita mungkin mempunyai dua pilihan, apakah ingin memotret objek dalam guyuran hujan atau objek di bawah pohon, tenda, ataupun beranda rumah dengan nuansa hujan di sekitarnya. Namun pastikan kita menyesuaikan lokasi dengan konsep yang diusung. Jika memilih memotret objek di bawah guyuran hujan, tak ada salahnya jika kita menggunakan payung sebagai aksesoris untuk mempercantik objek. Dua sejoli yang tengah diguyur hujan dengan mengenakan sebuah payung biasa bisa menjadi karya yang cukup menarik yang menawarkan keromantisan hujan.

Maksimalkan Efek Hujan

 

Via webneel

Ingatlah bahwa tidak semua air hujan yang turun dapat terlihat dan tertangkap kamera dengan baik. Untuk itu pastikan memilih momen yang tepat untuk mendapatkan efek hujan yang maksimal. Air yang jatuh pada permukaan benda seperti patung, payung, daun atau buah dapat memberikan efek percikan air yang bakal menguatkan suasana hujan yang menakjubkan. Selain itu, mendekatkan kamera pada genangan air yang tertimpa rintikan hujan akan memberikan sebuah refleksi gambar yang sangat unik dari benda-benda di sekitarnya.

Baca juga: 9 Tips dan Trik Memotret di Musim Hujan serta Perlengkapannya (Part 1)

Dapatkan Pencahayaan Terbaik

 

Via mymovielab

Sebagian orang mungkin lebih memilih untuk memotret hujan dari sisi paling terang. Namun tak ada salahnya jika mencoba untuk mendapatkan potret hujan dari sisi remangnya. Hal ini justru akan membuat air hujan nampak begitu jelas dan menawarkan sebuah keeksotisan alam. Berjalanlah mengelilingi objek foto untuk menemukan sudut terbaik dengan pencahayaan terbaik.

Pilih Latar Belakang Terbaik

 

Via newtopwallpapers

Pemilihan latar belakang atau background memang selalu menjadi kunci untuk memperoleh hasil jepretan terbaik. Untuk nuansa hujan, latar belakang yang tidak terlalu terang mungkin akan memaksimalkan suasana hujan yang akan kita dapatkan. Air hujan akan terlihat lebih jelas dengan menawarkan sesuatu yang unik.

Kecepatan Shooting

 

Via indefinitelywild

Bagaimanapun juga kecepatan kamera dalam mengabadikan sebuah moment tetap menjadi hal yang harus diperhatikan. Memotret hujan akan lebih maksimal ketika kita menggunakan sebuah kamera dengan kecepatan rana yang tinggi. Hal ini akan membantu untuk mendapatkan momen terbaik dari hujan, seperti percikan air yang nampak jelas, air hujan yang turun dengan derasnya, hingga gelombang kecil pada sebuah genangan air. Momen-momen ini tentunya akan mejadi hasil karya yang luar biasa.

 

Baca juga artikel

8 Tips Memotret Dedaunan untuk Hasil yang Memukau (Part 1)

8 Tips Memotret Dedaunan untuk Hasil yang Memukau (Part 2)

10 Tips dan Trik Buat Wajah Lebih Fotogenik Seperti Model Profesional

Artikel Lainnya

Komentar