Tips Memotret di Musim Hujan serta Perlengkapannya

Oleh Muhammad Kamaluddin updated Kamis, 05 Okt 2017 | 12:59

memotret di musim hujan

Kemarau panjang nampaknya sudah sampai pada titik ujungnya untuk tahun ini. Artinya musim penghujan yang telah dinanti-nantipun akan segera menyapa. Inilah salah satu momen yang banyak ditunggu oleh seorang fotografer.

Yap, hujan merupakan fenomena alam yang sangat luar biasa yang memberikan banyak sensasi menarik untuk para fotografer. Rintik air yang jatuh dengan lembut, tetes air yang menggantung pada setiap objek, percikan air yang menyebar, warna yang menawan, refleksi dan bayangan, serta masih banyak lagi keindahan hujan yang siap diabadikan dalam bidikan kamera. Bahkan hujan seringkali memiliki kekuatan untuk mengubah sebuah objek yang awalnya biasa menjadi sesuatu yang istimewa dalam tangkapan kamera.

Memotret dalam kondisi hujan tentu tak semudah ketika kita melakukannya dalam kondisi cerah. Selain membutuhkan keahlian dan keterampilan khusus, kita pun harus menyiapkan beberapa perlengkapan ekstra untuk menunjangnya. Apa saja yang harus kita perhatikan dalam memotret di musim penghujan? Check it out!

Perlengkapan yang Mesti Disiapkan

Memotret di bawah guyuran hujan tentu membutuhkan perlengkapan ekstra yang harus benar-benar dipersiapkan. Selain kamera sebagai senjata utama, kita pun harus menyiapkan beberapa perlengkapan berikut ini.

1. Jas Hujan

memotret di musim hujan
jas hujan via dolchefashion.com

Perlengkapan pertama yang harus disiapkan sebelum melakukan pemotretan adalah jas hujan. Yap, perlengkapan yang satu ini tentu sangat dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari guyuran hujan. Selain itu, kita juga harus mempersiapkan rain cover khusus untuk kamera.

Pasalnya air hujan yang mengenai kamera sangat riskan mengganggu fungsinya alias beresiko merusaknya. Untuk itu kita harus menyiapkan rain cover khusus kamera untuk melindunginya tetap dalam keadaan kering dan aman ketika digunakan untuk mengambil gambar.

2. Payung

memotret di musim hujan
payung via londonundercover.co.uk

Meski sudah memakai jas hujan, terkadang keberadaan payung akan sangat membantu. Selain dapat menjadi tameng pelindung bagi kita dari guyuran hujan, payung bisa menjadi aksesoris foto yang menawan saat hujan. Untuk itu, tak ada salahnya jika kita menyiapkan sebuah payung menarik ketika hendak memotret di saat hujan.

3. Kantong Plastik

memotret di musim hujan
kantong plastik via plastic-bag-manufacturers.com

Kantong plastik bisa menjadi salah satu solusi ketika kita tidak memiliki rain cover khusus kamera. Kantong plastik ini fungsinya sama dengan rain cover yakni untuk menjaga kamera tetap dalam kondisi kering dan aman digunakan. Kita cukup memberi lubang pada kantong plastik tersebut untuk lubang lensa.

4. Handuk Kecil

memotret di musim hujan
handuk via bitatextile.com

Kita mungkin akan sangat membutuhkan benda ini ketika harus memotret objek dalam guyuran hujan dengan waktu yang cukup lama. Pasalnya cukup berguna untuk mengeringkan perlengkapan atau tubuh kita dari air hujan.

Nah, itu tadi beberapa perlengkapan ekstra yang wajib Anda persiapkan sebelum melakukan pemotretan di bawah guyuran hujan. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana caranya kita melakukan pemotretan di musim hujan.

Cara Melakukan Pemotretan yang Baik di Musim Hujan

Anda mungkin sudah tahu kalau memotret di musim hujan bukanlah perkara yang mudah. Tidak hanya masalah sulitnya pengambilan gambar akibat cuaca burukm tapi juga adanya ancaman peralatan kita menjadi rusak akibat terkena air hujan.

Di atas tadi kita sudah membahas apa saja peralatan yang mesti dipersiapkan untuk meminimalisir kemungkinan peralatan rusak akibat air hujan dan melindungi kita dari guyuran hujan. Sekarang kita akan membahas bagaimana cara mengambil gambar yang baik pada saat musim hujan tiba. Berikut ini adalah cara-caranya:

1. Temukan Lokasi yang Menarik

 

memotret di musim hujan
cari lokasi yang tepat via pinterest.com

Kita mungkin mempunyai dua pilihan, apakah ingin memotret objek dalam guyuran hujan atau objek di bawah pohon, tenda, ataupun beranda rumah dengan nuansa hujan di sekitarnya. Namun pastikan kita menyesuaikan lokasi dengan konsep yang diusung.

Jika memilih memotret objek di bawah guyuran hujan, tak ada salahnya jika kita menggunakan payung sebagai aksesoris untuk mempercantik objek. Dua sejoli yang tengah diguyur hujan dengan mengenakan sebuah payung biasa bisa menjadi karya yang cukup menarik yang menawarkan keromantisan hujan.

2. Maksimalkan Efek Hujan

memotret di musim hujan
efek air hujan yang jatuh ke tanah via walldevil.com

Ingatlah bahwa tidak semua air hujan yang turun dapat terlihat dan tertangkap kamera dengan baik. Untuk itu pastikan memilih momen yang tepat untuk mendapatkan efek hujan yang maksimal. Air yang jatuh pada permukaan benda seperti patung, payung, daun atau buah dapat memberikan efek percikan air yang bakal menguatkan suasana hujan yang menakjubkan.

Selain itu, mendekatkan kamera pada genangan air yang tertimpa rintikan hujan akan memberikan sebuah refleksi gambar yang sangat unik dari benda-benda di sekitarnya.

3. Dapatkan Pencahayaan Terbaik

memotret di musim hujan
Anda harus bisa mendapat pencahayaan yang baik via pinterest.com

Sebagian orang mungkin lebih memilih untuk memotret hujan dari sisi paling terang. Namun tak ada salahnya jika mencoba untuk mendapatkan potret hujan dari sisi remangnya. Hal ini justru akan membuat air hujan nampak begitu jelas dan menawarkan sebuah keeksotisan alam. Berjalanlah mengelilingi objek foto untuk menemukan sudut terbaik dengan pencahayaan terbaik.

4. Pilih Latar Belakang Terbaik

memotret di musim hujan
pilih background yang bagus via fineartamerica.com

Pemilihan latar belakang atau background memang selalu menjadi kunci untuk memperoleh hasil jepretan terbaik. Untuk nuansa hujan, latar belakang yang tidak terlalu terang mungkin akan memaksimalkan suasana hujan yang akan kita dapatkan. Air hujan akan terlihat lebih jelas dengan menawarkan sesuatu yang unik.

5. Gunakan Speed Shutter Secara Tepat

memotret di musim hujan
speed shutter yang tepat akan membantu Anda memotret gambar yang sempurna via wordpress.com

Bagaimanapun juga kecepatan kamera dalam mengabadikan sebuah moment tetap menjadi hal yang harus diperhatikan. Memotret hujan akan lebih maksimal ketika kita menggunakan sebuah kamera dengan kecepatan rana yang tinggi.

Hal ini akan membantu untuk mendapatkan momen terbaik dari hujan, seperti percikan air yang nampak jelas, air hujan yang turun dengan derasnya, hingga gelombang kecil pada sebuah genangan air. Momen-momen ini tentunya akan mejadi hasil karya yang luar biasa.

Artikel baca juga:

15 Aplikasi Kamera Terbaik dan Terbaru untuk Hp Android

Aksesoris Pelindung Kamera DSLR di Musim Hujan Wajib Kamu Punya!

5 Tas Pelindung Laptop Biar Tetap Hangat di Musim Hujan

 

Artikel Lainnya

Komentar

PomadeMan 10 November 2015 - 15:38
ya amvuun vayunng nya imoet bingits :D