8 Tips Memotret Dedaunan untuk Hasil yang Memukau (Part 1)

Oleh Muhammad Kamaluddin on Jumat, 06 Nov 2015 | 14:36

Bagi yang terjun dan mendalami dunia fotografi, apa saja yang terdapat disekitar mungkin bisa jadi objek kreasi fotografi yang cantik. Bahkan setangkai daun yang bagi kebanyakan orang terlihat biasa pun, dapat menjadi karya yang luar biasa dalam bidikan kamera.

Membuat hal biasa menjadi sesuatu yang luar biasa dalam bidikan kamera, tentu bukan perkara mudah. Diperlukan keterampilan dan teknik khusus untuk dapat melakukannya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan coba berbagi tips bagaimana memotret dedaunan untuk hasil yang memukau bak jepretan kamera tangan fotografer profesional.

Untuk melakukannya, kita cukup menyiapkan sebuah kamera sebagai senjata utamanya. Tentunya untuk hasil maksimal kita bisa menggunakan kamera digital canggih yang mendukung berbagai fitur keren. Namun jika tidak pun, kita tak perlu kawatir. Pasalnya kita akan tetap dapat melakukannya sekalipun dengan kamera smartphone.

Yang paling penting adalah bagaimana kita bisa memilih objek terbaik dengan sudut pandang yang pas, backgroud yang cantik, serta lighting yang tepat. Yap tanpa berlama-lama, berikut beberapa hal yang bisa ita coba untuk mendapatkan hasil jepretan yang luar biasa pada objek dedaunan.

Tips Memotret Autumn Leaves dengan Hasil yang Memukau

Nampakan Keindahan Langit Biru Sebagai Background

Via Techradar

Langit yang cerah dengan warna birunya bisa menjadi background yang tepat untuk mendapatkan hasil jepretan pada dedaunan yang istimewa. Warna biru langit sangat tepat untuk dipadukan dengan warna dedaunan yang kuning, keemasan, maupun warna merah. Perpaduan warna yang sedikit kontras ini justru bakal memberikan kesan indah dengan suasana musim gugur.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, kita bisa melakukannya dengan berdiri di bawah pohon. Kemudian memanfaatkan celah pada ranting-ranting pohon untuk mendapatkan background berupa langit biru nan indah. Dalam hal ini tentunya kita harus jeli dalam memilih dan menentukan sudut pandang yang pas sehingga akan mendapatkan efek yang maksimal.

Baca juga: 10 Tips dan Trik Buat Wajah Lebih Fotogenik Seperti Model Profesional

Optimalkan Fitur Zoom untuk Mendapatkan Latar yang Proporsional

Via Techradar

Banyak orang menilai penggunaan zoom saat memotret objek dapat menurunkan kualitas gambar yang dihasilkan. Namun tidak selamanya persepsi itu benar. Bahkan kita dapat memanfaatkan fitur zoom pada kamera untuk mendapatkan hasil yang lebih memukau.

Pengaturan zoom yang baik dapat memberikan gradasi tonal yang lebih jelas, dan jika dilakukan dengan posisi pengambilan gambar yang tepat akan memberikan potret objek dengan latar belakang yang sempurna. Jika ingin membuat dedaunan sebagai objek utama terlihat menonjol, kita bisa memilih background yang sedikit kontras dengan warna daun. Selain itu, kita juga dapat bermain dengan fokus pada kamera untuk memberikan kesan lebih menonjol pada objek bidikan utama.

Perhatikan Arah Datangnya Cahaya pada Objek

Via Techradar

Arah datangnya cahaya memiliki peranan penting untuk menghasilkan gambar yang terlihat indah dengan nuansa musim gugur. Dedaunan yang terpancar cahaya dari sisi belakang akan memberikan efek bersinar dan menampakkan pembuluh-pembuluhnya yang lembut yang bakal menambah kelokan foto kita. Nah, untuk mendapatkan hasil jepretan yang benar-benar menawan, kita bisa mencoba untuk memilih objek dengan pancaran sinar matahari di belakangnya.

Baca juga: Ketahui Efek ISO, Aperture dan Shutter Speed Pada Kamera DSLR

Dekatkan Objek untuk Jarak yang Tepat

Via Techradar

Mendekatkan objek dengan ujung lensa dengan jarak yang tepat akan memberikan hasil jepretan luar biasa. Untuk tema dedaunan atau dedaunan musim gugur, kita bisa mencobanya dengan memilih daun berwarna terang misalnya kuning atau merah keemasan, meski sebenarnya cara ini akan tetap bagus untuk daun berwarna hijau. Caranya cukup dekatkan lensa kamera dengan permukaan daun yang hendak dipotret, tentukan jarak dan sudut yang pas hingga mendapatkan view terbaik. Usahakan untuk menampakkan galir-galir pembuluh daun yang tersusun unik dan berpola. Pasalnya galir-galir pembuluh ini akan membuat hasil jepretan semakin menawan.

 

Baca juga artikel

11 Cara Setting Kamera DSLR Untuk Pertama Kali Usai Beli

Apa itu Shutter Count dan Bagaimana cara menghitungnya pada kamera DSLR?

Mengenal Teknik Panning dan Cara foto Panning dengan Benar

Artikel Lainnya

Komentar