Windows Hello Buat Boros Baterai Surface Series, Ini Solusinya!

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 05 Nov 2015 | 11:55

Via techdiscussion

Beberapa waktu lalu, Microsoft resmi merilis perangkat terbarunya, Surface Pro 4 dan Surface Book. Kedua perangkat ini hadir dengan spesifikasi yang mengesankan banyak pihak bahkan mendapatkan review yang memuaskan. Sayangnya, review tersebut juga dibumbui dengan beberapa masalah. Kedua perangkat Windows 10 tersebut dikabarkan boros baterai.

Memang baterai yang boros menjadi kendala perangkat teknologi saat ini. Namun, bukankah Microsoft sudah menghadirkan hardware baru dalam Surface Pro 4 dan Surface Book. Maka kabar borosnya baterai kedua perangkat menjadi perhatian banyak pihak.

Setelah melakukan berbagai penelitian dan pengetesan, beberapa pengamat teknologi menyimpulkan bahwa Windows Hello menjadi penyebab borosnya baterai Surface Series ini. Windows Hello sendiri merupakan sistem biometric authentication yang hadir dalam sistem Windows 10. Fitur ini ternyata menjadi pemakan daya baterai yang cukup besar bahkan ketika laptop dan tablet dalam mode sleep. Beberapa pengguna perangkat melaporkan, baterai Surface Pro 4 dab Surface Book cepat habis dalam kondisi standby atau sleep mode.

Baca juga: Sukses dengan Surface Book, Kini Microsoft Siapkan Surface Phone

Beberapa pengguna Microsoft pun sempat mengadukan masalah ini di forum resmi Microsoft. Banyak yang kecewa akan daya baterai yang ditawarkan kedua perangkat Windows 10 ini. Bahkan ada laporan yang menyebutkan setiap 1 jam, daya baterai akan berkurang 10 % kala mode sleep dan standyby.

Untuk pengguna Surface pro 4 dan Surface Book, kita tidak perlu panik menghadapi masalah ini. Pasalnya, ada beragai cara untuk mematian fitur Windows Hello. Kita bisa masuk ke ‘Settings-Accounts-Sign in options’. Setelah itu kamu bisa meremove Windows Hello login. Kabar baiknya, trik ini berhasil membuat daya baterai meningkat. Jadi kita bisa menggunakan kedua perangkat Microsoft ini dengan mode sleep atau mode standby dengan baik.  

Walaupun demikian, ini bukan menjadi penyebab satu-satunya borosnya baterai. Microsoft dikabarkan akan segera melakukan penelitian mendalam mengenai Windows Hello dan laporan bug lainnya seperti gagal Boot, Dirver yang sering error, trackpad yang tidak berfungsi dan laporan lainnya yang masuk di Forum resmi Microsot.

 

Baca juga artikel

Microsoft Surface Pro 4 Diklaim Lebih Kencang Dari MacBook Air

Microsoft Surface Book 13 Inci, Tablet Hybrid yang Mempesona

Microsoft Surface Pro 4 Nantinya Gunakan Bezel Tipis

Artikel Lainnya

Komentar