5 Tips dan Trik Mudah Menjalankan Kamera Sony Xperia Z5

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 04 Nov 2015 | 02:57

Sony akhirnya menghadirkan varian terbarunya, Sony Xperia Z5 di pasar Indonesia pada 4 November 2015. Produsen asal Jepang ini menghadirkan sejumlah perubahan baik desain, mesin hingga kamera untuk bisa mengimbangi ponsel premium lainnya yang juga masuk ke pasar Indonesia. Namun, untuk urusan kamera, Sony tampaknya telah menyiapkan kamera yang berkualitas tinggi dalam seri Xperia Z5 guna menghadang smartphone lainnya.

Berikut ini ada tips dan trik menjalankan kamera Sony Xperia Z5 jika kamu nanti membelinya.

Kamera Utama Superior

Via Android Central

Sony memang menggunakan kamera utama 23 MP dalam bodi belakang Xperia Z5. Namun, dalam mode default, Sony mengatur kamera hanya 8 MP. Hal ini disebabkan Sony ingin menghasilkan file gambar 8 MP berkualitas dari sensor kamera 23 MP.

Walaupun demikian, kamu bisa mengakifkan mode superior auto shooting untuk mendapatkan kualitas gambar 23 MP yang diklaim lebih unggul dibanding sebuah kamera saku. Bahkan saat digunakan memotret siang hari, kamera utama ini cukup detail menyajikan warna dan bayangan.

Baca juga: Overheating Akibat Snapdragon 810 Kini Menimpa Xperia Z5 Compact

Manual Mode

Via Android Central

Memotret dengan manual mode dalam Sony Xperia Z5 membuat kamu bisa merasakan kualitas 23 MP dengan baik. Hal ini disebabkan mode manual membuat kamu bisa mengontrol foto yang dihasilkan agar lebih kreatif dan hasil gambar lebih detail.

Kenyataanya mode manual dalam kamera ini tidak selalu manual. Ada beberapa kontrol yang ternyata bisa dijalankan secara auto tergantung kondisi pemotretan. Kamu bisa memilih mode night scenes, landscape dan mode anti-motion blur.

Kamu bisa menggunakan mode manual dengan cara men-tap lingkaran kecil di pojok kanan bawah. Nantinya akan muncul manual box. Kamu bisa memilih Scenes yang diinginkan dalam mode “SCN”.

Hadirnya tombol fisik kamera

Via Android Central

Sony akhirnya menambahkan tombol kamera pada Sony Xperia Z5 yang terletak di sisi samping. Fitur ini terkadang mulai jarang ditemukan pada smartphone saat ini. Padahal, tombol ini cukup membantu dalam memotret.

Kamu tinggal memotret dan tidak perlu lagi membiarkan jarimu menekan layar. Kamu cukup memegang sisi smartphone layaknya memegang kamera digital biasa. Cara ini membuat kamera lebih stabil. Ada banyak fungsi dalam tombol kamera ini. Ketika kamu menekan setengah, kamu akan membuat fokus kamera. Bila kamu hendak memotret buru-buru, kamu tinggal ambil smartphone dan tekan tombol ini agak lama sehingga muncul aplikasi kamera langsung tanpa harus masuk ke homescreen.

Baca juga: Sony Ungkap Kampanye ‘Made for Bond’ Xperia Z5

Sebaiknya tidak menggunakan AR Effect dan 4K Video

Via Android Central

Di atas kertas, fitur AR Effect dan 4K Video terdengar impressive dan menarik. Apalagi Sony sudah menghadirkan kedua fitur pada kamera Sony Xperia Z5. Namun, sebaiknya tidak menggunakan kedua fitur ini bila tidak diperlukan. Pasalnya, kedua fitur ini membuat aplikasi kamera berjalan lambat dan kualitas gambar atau video yang dihasilkan tidak bersih. Dan lagi, file video 4K cukup besar sehingga menghabiskan baterai dan memori.

Aktifkan fitur smile

Via Android Central

Dengan layar 5,2 inci dan kamera depan 5 MP, Sony Xperai Z5 memang cocok untuk selfie. Namun, karena dimensinya yang besar mungkin kamu akan kesulitan menekan tombol shutter. Sebagai solusinya, kamu aktifkan fitur smile. Masuk ke icon tiga titik yang ada di aplikasi kamera. Cari ke bawah hingga muncul pilihan smile dan pilih trigger the shutter. Bila fitur ini aktif, kamu cukup tersenyum dalam selfie sehingga kamera bisa mengambil foto secara otomatis.

 

Baca juga artikel

Xperia Z5 Dibongkar, Ini Rahasia Sony Redam Masalah Overheating!

Pertempuran Sony Xperia Z5 Premium vs Samsung Galaxy S6 Edge+

Khusus Pasar Jepang, Sony Hadirkan Xperia Z5 Compact Premium

Artikel Lainnya

Komentar